A Shot of Me

Thursday, December 01, 2005

Nasi Krawu Gresik ala Lia

Ini masakan khas dari Gresik selain Otak-Otak Bandeng. Istilah Krawu, kalo di lain daerah adalah semacam sayuran rebus yang diurap dengan kelapa berbumbu, nah kalo Krawu-nya Gresik beda. Yang diurap dengan kelapa bukan sayur rebus, tetapi daging sapi dan babat. Daging dan babat yang dibacem dengan aneka bumbu dan santan hingga meresap, warnanya coklat, sangat empuk sampe menjadi suwiran kasar dengan sendirinya, di tahap akhir ditambahkan kelapa sangrai. Ada pengaruh Madura disini, melalui poyah kelapa kuning yang disajikan sebagai condiment bersama sambal terasi, jadi dalam satu sajian ada dua warna poyah kelapa, kuning dan coklat (dari Krawu-nya). Rasanya? Sedap, gurih sekaligus legit. Silakan simak resep Nasi Krawu versi DapurGue berikut ini ;)
Owiyah, resep ini dengan asumsi pake panci presto yah...


NASI KRAWU GRESIK ala Lia
Bahan:

500 gr daging sapi (gandik), potong2 melebar setebal 1cm searah serat (kalo suka bisa dikombinasi dengan babat yang udah dibersihkan dan diblansir)
700 ml air (tambah secukupnya kalo tanpa panci presto)
1 sdt garam
2 lembar daun salam
1 batang serai, *gubraaakkk...* digeprak
200 ml santan kental
¼ butir kelapa setengah tua (parut memanjang & sangrai pake api keciiil sampe kering kecoklatan)
Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm lengkuas (asumsi diameter sekitar 2 cm)
3 cm kunyit (asumsi diameter sekitar 1.5 cm)
1 sdm ketumbar
5 butir kemiri
1/3 sdt asam jawa
2 sdm gula merah ato sesue slera
1½ sdt garam ato sesue slera
Pelengkap:
Nasi putih anget
Poyah Kelapa Kuning
Sambel terasi
Lalapan (mentimun, kemangi, kacang panjang, kubis) >> versi asli gak pake lalapan
Cara:
Masukin potongan daging, air dan garam ke dalam panci presto. Proses selama 15 menit terhitung dari waktu berdesis. Matikan dan diamkan hingga tekanannya habis.
Pisahkan kaldunya, takar sebanyak 250 ml, Simpan sisa kaldu untuk keperluan lain.
Masukkan 250 ml kaldu kembali ke dalam panci bersama potongan daging, tekan2 potongan daging dengan sendok kayu sampe memar.
Tambahkan bumbu halus, daun salam, dan serai. Proses sekali lagi selama 10 menit terhitung dari waktu berdesis. Matikan dan diamkan hingga tekanannya habis.
Buka tutup panci, tuangi santan kental. Masak dengan api kecil dan tutup terbuka sambil sesekali diaduk sampai kuah mulei menyusut (jangan kuatir kalo dagingnya jadi koyak2, inilah ciri khasnya Krawu Gresik).
Setelah kuah mulei menyusut masukin kelapa sangrai. Aduk2 sampe rata dan meresap, matikan api. Siap disajikan dengan pelengkapnya.

Tips kalo gak pake panci presto:
  • Perlu beberapa kali ditambah air pada perebusan pertama hingga daging empuk. Rebus dengan api kecil aja dalam kondisi tertutup rapat. Tambahkan air panas kalo kaldu menyusut tapi daging belum empuk.

  • Tambah takaran kaldu yang dipake saat perebusan kedua (bersama kaldu dan bumbu2) hingga sekitar 500 ml, tetap dengan api kecil dan panci tertutup.

  • Pada perebusan ketiga, takaran santan gak perlu ditambah ya...

  • Kalo pengen bypass biar cepet empuknya bisa aja pake daging has dalam, tapi jadinya kurang nendang karena daging has terlalu lembut untuk masakan sejenis krawu. Paling enak emang GANDIK...!


  • Poyah Kelapa Kuning
    Bahan:

    200 gr kelapa setengah tua, parut memanjang, jemur sampe rada kering
    1 siung bawang putih
    ½ sdt garam
    1 cm kunyit
    2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    Cara:
    Haluskan semua bumbu, aduk dengan kelapa parut sampe rata, sangrai dengan api keciiil sampe bener2 kering, matikan api. Transfer ke wadah lain, diamkan sampe dingin lalu simpan di toples.

    Thursday, October 27, 2005

    Puding Coklat Special

    Meski tanpa kuning telur, puding ini tetep padat dengan coklat yang pekat dan gurihnya cream menjadikan puding ini sangat spesial dan rich. Gabungan konnyaku/jelly powder dan bubuk agar2 dengan perbandingan 1:1 menghasilkan tekstur yang lebih kenyal, kompak dan tidak mudah berair bila disimpan lebih lama.

    PUDING COKLAT SPECIAL ala LIA
    Bahan:

    7 gr (1 bungkus) agar2 bubuk warna putih
    7 gr (1 bungkus) jelly/konnyaku bubuk warna putih
    100 gr gula pasir /sesue slera
    ½ sdt garam
    3 sdm coklat bubuk (me: Van Houten ato Delfi)
    300 gr DCC, potong2
    200 ml whipping cream cair
    1 liter freshmilk jenis fullcream (me: ultra)
    300 ml susu evaporated
    200 ml putih telur, kocok kaku
    Cara:
    Hangatkan whipping cream dengan api kecil, angkat & masukin potongan DCC. Aduk2 sampe semua DCC leleh dan merata.
    Campur bubuk agar, bubuk jelly, gula pasir, coklat bubuk & garam. Tuangi campuran cream dikit2 sampe abis sambil diaduk rata pake whisker biar ngga berbutir.
    Tuangi susu evap dan freshmilk secara bertahap sambil tetap diaduk pake whisker hingga tercampur rata.
    Rebus adonan dengan api sedang sambil diaduk2 terus pake whisker hingga mendidih dan kental, angkat. Diamkan 5 menit.
    Tuang setengah adonan sekaligus ke dalam kocokan putih telur yang udah kaku sambil dimixer dengan kecepatan tinggi sampe rata, tuangi lagi dengan sisa adonan, kocok lagi sebentar hingga bener2 rata.
    Tuang ke cetakan puding ato gelas2 untuk individual serving, bekukan & dinginkan di kulkas. Sajikan dengan fruit coctail/whipped cream/saus sesuai selera.

    Thursday, October 20, 2005

    Romantic Strawberry Cake

    Gue modify abis2an dari Green Tea Layer Cake (buklet resep Simas spesial margarin). Hehehehhh... napa dinamain gitu, soale pas makan kue ini gue jadi merasa romantiiis... banged. Lembut, manis, cute dan wangi stroberinya, it does make me feel girly!



    ROMANTIC STRAWBERRY CAKE
    A. Cake:
    150 gr gula pasir
    6 butir telur + 4 kuning telur
    1½ sdt cake emulsifier
    ½ sdt vanilla essence
    150 gr terigu + 50 gr maizena, ayak
    100 gr margarin + 100 gr butter, lelehkan
    Cara:
    Kocok telur dan gula pasir sampe mengembang, masukin emulsifier dan kocok terus sampe kental dan pucat.
    Masukin vanilla essence, campuran tepung berselingan dengan campuran margarin leleh sambil diaduk pake spatula sampe bener-bener rata.
    Tuang ke loyang yang udah dioles margarin, oven sampe matang.
    Note:
    Resep ini hasilnya cukup banyak, aku jadiin 2 loyang bulat diameter 20cm (tinggi 5cm) sisa dikit bisa muat setengah loyang oval. Lain kali aku bikin setengah resep aja.

    B. Lapisan 1:
    2 sdm sirup stroberi + 100 ml air es, aduk rata
    150 gr selai stroberi + 50 ml air panas, aduk rata

    C. Lapisan 2:
    50 gr maizena
    400 ml susu cair rasa stroberi (aku pake ultra)
    3 sdm gula pasir /secukupnya (soale ultra-nya udah manis seh)
    ¼ sdt garam
    3 sdm butter
    2-3 tetes esens stroberi
    Beberapa tetes pewarna pink
    125 gr wipkrim bubuk
    200 ml freshmilk + 50 ml sirup stroberi, aduk & dinginkan di kulkas (kalo mo praktis bisa pake susu rasa stroberi)
    100 gr stroberi segar, cincang kasar (tirisin airnya)
    Cara:
    Aduk rata maizena, susu cair, gula dan garam. Panasin dengan api kecil sambil diaduk2 sampe mendidih meletup2, angkat. Tambahkan butter, pewarna dan esens stroberi , aduk rata dan dinginkan >>> aku bikin bebrapa jam sebelumnya lalu simpen di kulkas sampe dinginnnn.
    Kocok wipkrim bubuk dengan larutan freshmilk dingin sampe bener2 kaku, tambahkan vla sambil terus dikocok dengan kecepatan tinggi sampe rata & halus, bagi 3 bagian.
    Sisihkan sepertiga bagian (biar tetep polosan aje), aduk sisanya dengan stroberi cincang.
    Tips:
    Sesuaikan takaran wipkrim bubuk dan bahan cairnya sesuai petunjuk di kemasan. Aku pake merk Whippy yang punya perbandingan 1:2 dengan bahan cairnya. Merk lain mungkin beda perbandingannya.
    Campuran vla dan wipkrim diatas rasanya lembuut... dan enaaakkk.... bisa tuh dipake untuk filling donat, pancake mopun kue sus. Tapi harus dalam kondisi dingin ye, soale kalo di suhu ruang jadi lembek (tapi ngga sampe lumer kok).

    D. Hiasan:
    Aneka hiasan dari coklat (pralines, coklat stik, daun2an coklat dll)
    Stroberi segar, belah2 ato biarin utuh

    E. Penyelesaian:
    Belah cake jadi 2 ato 3.
    Masukin larutan sirup stroberi ke botol spray kecil, semprotkan ke permukaan masing2 belahan sampe rata dan lembab. >> ini cara cepat dan memuaskan untuk membasahi cake :D
    Olesi masing2 permukaan dengan campuran selai sampe rata, lalu olesi lagi dengan lapisan krim campur stroberi cincang, ratakan.
    Susun kembali cake jadi satu, olesi permukaan dan sisinya dengan sisa krim.
    Hias dengan stroberi dan aneka hiasan sesue slera.
    Simpan di kulkas minimal 2 jam sebelum dipotong2 & disajikan.

    Tips:
    Cake ini paling enak disajikan dingin, jadi makin lama disimpen di kulkas makin enak.
    Selain stroberi bisa pake variasi lain sesue slera. Misal vla rasa jeruk + sirup jeruk + selai jeruk, ato vla vanilla + simple syrup + aneka buah segar, ato krim ganache dll. Ntar namanya sesueiin sendiri ye :D


    Naaah, yang ini nih resep aslinya dari Simas.....

    Green Tea Layer Cake
    (Source: Buklet Resep Simas Spesial Margarin)

    Cake:
    15 gr bubuk teh hijau instant
    200 gr tepung terigu
    200 gr gula pasir
    8 butir telur
    2 sdt cake emulsifier
    200 gr Simas Spesial Margarin, lelehkan
    Cara Membuat:
    Campur semua bahan kecuali margarin, kocok hingga mengembang lalu masukkan margarin, aduk rata.
    Tuang ke dalam loyang lalu panggang dengan suhu 180C selama 30 menit hingga matang.
    Lapisan:
    200 gr coklat putih
    100 ml krim kental, panaskan
    3 sdm yoghurt rasa jeruk
    Cara Membuat:
    Potong coklat putih lalu simpan dalam mangkuk, tuangi krim kental panas dan aduk hingga halus. Tambahkan yoghurt, aduk rata hingga halus.
    Hiasan:
    Jeruk mandarin kalengan
    Permen warna-warni, panaskan
    Penyelesaian:
    Potong cake lalu olesi dengan lapisan yoghurt dan hiasi dengan jeruk mandarin dan permen warna-warni.

    Saturday, September 24, 2005

    Rawon

    Syapah seehh... orang Surabaya yang ngga doyan rawon? Masakan khas Jawa Timur ini punya penggemar yang banyak. Hampir tiap daerah di Jawa Timur punya resep rawonnya sendiri2. Nah yang disini nih yang khas Surabaya :D
    Versi aslinya Rawon Surabaya lebih gelap & pekat dari daerah laen karena pake banyak keluak (sampe 8-10 biji), tapi gue lebih suka rada enceran dikit jadi gue kurangin. Buat yang suka pekat silakan tambah keluaknya.

    RAWON
    Bahan:

    500 gr daging (paling enak bagian sandung lamur), potong2 dadu
    1.5 liter air
    2 batang sereh, geprak
    3 cm lengkuas, geprak
    5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    2 sdt air asam
    Garam & gula pasir secukupnya
    4 tangkai daun bawang, bersihkan & potong 2-3cm
    4 sdm minyak sayur untuk menumis
    Bumbu halus:
    2 buah cabe merah
    8 butir bawang merah
    5 siung bawang putih
    2 sdt ketumbar sangrai
    ½ sdt jintan sangrai
    2 cm kunyit
    2 cm jahe
    1 cm kencur (optional)
    4-5 buah keluak yang bagus, ambil dagingnya aja ya
    Pelengkap:
    Taburan bawang goreng
    Sambel terasi
    Taoge pendek yang udah dibersihkan
    Krupuk udang
    Telur asin
    Cara:
    Rebus air sampe mendidih.
    Sementara nunggu mendidih panasin minyak, tumis bumbu halus, sereh, lengkuas dan daun jeruk sampe wangi dan pekat.
    Masukin potongan daging & air asam, aduk2 sambil terus ditumis sampe daging berubah warna dan kaku.
    Masukin tumisan ke dalam air yang sedang mendidih, tambahin garam & gula pasir, tutup & kecilin api. Masak sampe daging menjadi empuk (kalo kuahnya brasa kurang, tambah sendiri ya).
    Setelah daging empuk, masukin irisan daun bawang. Aduk rata & didihkan sekali lagi, angkat.
    Sajikan hangat dengan nasi putih dan pelengkap.
    Note:
    Rawon lebih enak kalo dimasak sehari sebelum disajikan. Bumbunya meresap sempurna, uaaahhh... enaaaakkkk....!

    Tuesday, September 20, 2005

    Ayam Kecap Mentega

    Terinspirasi Ayam Goreng Mentega yang biasa dijual di kaki lima, depot sampe resto, gue bikin versi yang sausnya lebih mantap & segar dengan percikan air jeruk limau.


    AYAM KECAP MENTEGA
    Bahan:

    500 gr ayam, bersihkan & potong2 (me: pake sayap & paha atas)
    3 sdt air jeruk nipis
    1 sdt garam /secukupnya
    ½ sdt merica bubuk
    Minyak sayur secukupnya
    2-3 sdm margarin
    3 siung bawang putih, geprak & cincang
    ½ butir bawang bombay ukuran medium, iris kasar
    5 tangkai daun bawang, potong2 5 cm
    2 sdt air jeruk limau /secukupnya
    Saus, aduk jadi satu:
    150 ml air matang
    1 sdm kecap inggris (kadang2 aku ngga pake, suami kurang suka)
    3 sdm kecap manis /secukupnya
    2 sdt kecap asin
    1 sdt gula pasir
    Garam secukupnya (kalo perlu aje, soale ayam, kecap asin & margarinnya udah asin duluan)
    Cara:
    Aduk ayam bersama air jeruk nipis, garam dan merica bubuk. Diamkan 15 – 30 di kulkas, lalu goreng hingga matang ato kering kalo suka.
    Panasin 2 sdm minyak sayur, tumis bawang putih sampe wangi dan kuning.
    Tuangi campuran saus, tambahkan bawang bombay dan didihkan. Masukin ayam goreng, kecilkan api dan masak sampe kuah menyusut dan meresap.
    Masukin margarin dan daun bawang, matikan api. Aduk2 sampai margarin leleh dan tercampur rata.
    Sajikan segera dengan percikan air jeruk limau.
    Note:
    Bawang bombay sengaja ngga ditumis bareng bawang putih biar penampilannya ngga letoy.
    Margarin sengaja dimasukin belakangan agar ngga kliat terlalu berminyak, sekaligus memperkuat rasa khas margarin pada saus.
    Ayam goreng bisa dibikin bebrapa hari sebelumnya (kalo pas senggang), simpen di friser. Bisa dipake untuk aneka sajian dengan cepat.

    Friday, September 16, 2005

    Bali Tahu Telor

    Ada banyak variasi isian Bumbu Bali ini. Yang umum antara lain bandeng goreng, daging, tahu tempe dan telor. Kebetulan lagi banyak stok tahu di rumah, ya wis gue bikin aja Bali Tahu Telor ini. Enak buat sarapan mopun lunch box ke kantor :D


    BALI TAHU TELOR
    Bahan:

    6 butir telur rebus kupas
    10 buah tahu goreng /secukupnya (enaknya digoreng kering)
    250 ml air kaldu
    4 sdm minyak sayur
    Bumbu halus:
    100 gr cabe merah >> takaran cabe bisa dikurangin/ditambah sesue slera
    4 siung bawang putih
    2 sdt jahe cincang
    1 buah tomat matang, potong2 & goreng setengah mateng
    1 sdt garam /secukupnya
    2 sdt gula merah /secukupnya
    Cara:
    Panasin minyak, tumis bumbu halus sampe wangi & matang.
    Masukin telur & tahu, tuangi air kaldu. Masak tertutup dengan api kecil sampe kuah menyusut & kental.
    Angkat, siap disajikan.
    Tips :
    Selain telor & tahu, alternatif isian lainnya : tempe goreng, irisan daging sapi rebus ato potongan bandeng goreng.
    Enak disajikan sebagei pendamping nasi pecel dan nasi rawon.

    Thursday, September 15, 2005

    Lidah Kucing & Its Cookies Varians

    Bikinnya gampang, dan karena pake putih telur aja maka teksturnya garing & renyah. Tapi rasanya dijamin melty deh...
    Yang pasti, resep ini udah dipake untuk mencetak duit :D

    LIDAH KUCING PUTIH TELUR
    Bahan:

    150 gr margarin
    100 gr butter
    200 gr gula halus
    100 ml putih telur
    1 sdt vanilla essence
    Ayak jadi satu:
    200 gr terigu protein rendah
    50 gr maizena
    Cara:
    Kocok margarin, mentega dan gula sampe lembut, putih dan mengembang. Masukin putih telur dan vanilla sambil terus dikocok sampe menyatu.
    Masukin campuran tepung sambil diaduk sampe bener2 rata, masukin pastry bag yang dipasangin spuit polos (ato ujungnya digunting lebar sekitar 1 cm).
    Spuit diatas loyang khusus lidah kucing, oven sampe tepinya kering kuning kecoklatan. Kluarin dari oven, biarin sampe adem ntar jadi kering sendiri kok.
    Simpen di toples kedap udara.

    Variasi:
    Dicampur dengan aneka bahan lain, bentuk bola2 pake sendok teh, letakkan di loyang dengan jarak 3 sentian antar bola karena nantinya adonan akan melebar sendiri. Liat contoh2 variasi dibawah ini.

    CHOCOLATE CHIPS COOKIES
    Tambah 300 gr coklat chips ato sesue slera, tambah tepung 50-75 gr
    Kalo pengen lebih nyoklat tambahin coklat bubuk 2 sdm ke dalam adonan
    Mo ditambah mente sangrai cincang juga boleh2 aja.

    VANILLA COCONUT COOKIES
    Tambahin kelapa parut kering siap pake (pilih yang kasar) 75-100 gr ato sesue slera
    Kalo suka bisa dicampurin kismis/sultana dengan takaran sesue slera

    CINNAMON BUTTER COOKIES
    Hilangkan vanilla, ganti dengan cinnamon bubuk 1 sdt/secukupnya
    Ganti 50% takaran gula dengan palm sugar
    Ganti 25 gr terigu dengan 100 gr campuran kacang mente dan kenari sangrai yang dihaluskan

    Dan berbagai variasi lain sesuai kreatifitas & selera masing2 yaaa.....

    Tuesday, September 13, 2005

    Nasi Bebek Madura

    Nasi Bebek yang khas Surabaya, dengan pengolahan yang tepat siapapun pasti bisa memasaknya dengan bebas amis dan enaaakkkk.... Kebetulan penjual Nasi Bebek yang enak di Surabaya rata2 orang madura, sayang penyajiannya kurang khas madura.
    Gue bereksperimen mereka2 sendiri resep Nasi Bebek agar brasa khas madura, melalui pemilihan bumbu & rempah2nya, ga ketinggalan pelengkap yang khas madura: POYAH KELAPA KUNING ! :D

    Tips menghindari amis:
    Pilih yang jantan, unggas jantan lemaknya jauh lebih dikit daripada betina, otomatis kemungkinan amis karena lemak pun minimal.
    Buangin bagian ekor (termasuk aneka bentuk kelenjar disekitarnya) dan segala bentuk usus.

    NASI BEBEK MADURA ala Lia
    Bahan:

    1 ekor bebek yang udah dibersihkan (sekitar 800 gram), potong2 sesue slera
    2 sdm cuka
    400 ml air matang
    2 tangkai sereh, masing2 potong dua, geprak
    6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    Bumbu Halus:
    5 siung bawang putih
    8 butir bawang merah
    1.5 sdt ketumbar sangrai
    0.5 sdt merica butiran sangrai
    4 cm jahe (diameter skitar 2 cm)
    3 cm kunyit (diameter 1.5 cm)
    4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    4 cm lengkuas muda (diameter sekitar 2cm)
    5cm pangkal sereh (bagian putih yang muda), iris2
    8 butir kemiri
    2 sdt garam
    Cara:
    Lumuri potongan bebek dengan cuka, diamkan 20-30 menit di kulkas. Cuci sampe benar2 bersih.
    Aduk bersama bumbu halus dan rempah2 lainnya, diamkan di kulkas 30 menit.
    Masukin panci presto, tuangi air lalu masak 20 menit terhitung dari waktu berdesis.
    Matikan api dan diamkan sampe tekanan & uapnya habis, buka dan tiriskan bebek dari bumbunya.
    Goreng bebek sampe kuning kecoklatan ato kering bila suka.
    Tips:
    Kalo ngga ada panci presto, diungkep biasa sampe empuk (mungkin perlu nambah air beberapa kali sampe bener2 empuk).

    Saus Kuning
    300 ml bumbu perebus bebek (kalo kurang bisa ditambah air secukupnya) ditumis dengan sedikit minyak sampe kental, buang ampas rempah2nya (sereh dan daun jeruk). Sisihkan.

    Sambal Bawang
    Bahan:

    3 butir bawang merah, iris kasar
    4 buah cabe merah, iris halus
    Cabe rawit secukupnya
    1 buah tomat matang ukuran sedang, cincang kasar
    ½ sdt terasi goreng
    ½ sdt garam /secukupnya
    1 sdt gula /secukupnya
    4 sdm minyak
    100 ml air matang
    Cara:
    Panasin minyak, tumis bawang merah, cabe merah & cabe rawit sampe aromanya kluar.
    Masukin tomat, tuangin air. Masak sampe air menyusut.
    Pindahkan semua ke cobek, ulek bersama terasi, garam & gula.
    Note:
    Terus terang kalo dibandingin ibu gue lom jagoan bikin sambel. Jadi selain sambel bawang diatas, silakan pake sambel andalan masing2 :D

    Poyah Kelapa Kuning
    Bahan:

    200 gr kelapa setengah tua, parut memanjang
    Bumbu halus:
    1 siung bawang putih
    ½ sdt garam
    1 cm kunyit
    2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    Cara:
    Tebarkan kelapa di loyang lalu jemur d panas matahari sampe setengah kering.
    Aduk kelapa parut dengan bumbu halus sampe rata.
    Sangrai dengan api keciiil sampe bener2 kering, matikan api. Diamkan sambil diangin2 sampe adem, simpan di stoples.

    Pelengkap lain:
    Nasi hangat
    Irisan tomat & mentimun
    Petikan daun kemangi
    Irisan jeruk nipis
    Lalapan lain sesue slera

    Penyelesaian:
    Taruh nasi anget di piring, tuangi 1 sdm bumbu kuning diatasnya, taburi poyah kelapa.
    Sajikan bebek goreng, sambel & lalapan di tempat terpisah.
    Nyaaaaaaaammmm.................

    WARNING !!
    Bebek mengandung kolesterol tinggi. Yang diet kolesterol makannya secuiiiilllll aja ya, banyakin lalapannya ajah :P

    Kacang Bawang

    Berdasarkan eksperimen akhirnya gue bisa bikin kacang bawang yang -empuk dan renyahnya- mirip kacang Rahayu-nya Bali. Cuman kalo versi Rahayu kacangnya dioven yah (ada juga yang dibiarin berkulit-ari). Yang versi gue pake kacang tanah kupas dan digoreng. Rasa bawang putihnya menohok euy !
    Tipsnya, bikin kacang goreng ini butuh kesabaran dan ketelatenan trutama menggorengnya kudu diawasi bener biar ga gosong. Rada ribet tapi enak kok ;)


    KACANG BAWANG
    Bahan:

    500 gr kacang tanah kupas siap pakai
    750 ml air + 1 sdt garam
    4 siung bawang putih parut
    7 siung bawang putih, geprak & cincang >> yang maniak bawang putih, bisa diperbanyak-sebanyak2nya :P
    1 sdt garam /secukupnya
    2 sdt gula pasir /secukupnya
    Minyak goreng secukupnya
    Cara:
    Didihkan air dan 1 sdt garam, masukin kacang tanah kupas dan kecilkan api.
    Rebus tertutup sekitar 15-20 menit, tiriskan sesaat dan langsung pindahkan kacang panas ke baskom besar.
    Masukin gula, garam & bawang putih parut. Aduk2 sampe rata & bumbunya larut. Diamkan 30 menit sambil sesekali diaduk untuk meratakan bumbu.
    Tebarkan kacang di tampah, jemur sampe setengah kering (ga perlu kering2 amad ya...).
    Deep fry dengan api kecil sambil sering diaduk biar matangnya merata. Setelah kacang mulei kering dan menguning besarkan apinya ke medium. Teruskan menggoreng 1 menit, tiriskan sampe betul2 tiris.
    Transfer ke paper towel untuk menyerap kelebihan minyak sambil diangin2 sampe adem, masukin kantong plastik & ikat rapat.
    Sisakan 5-6 sdm minyak di wajan, tumis bawang putih cincang sampe kuning dan kering crispy. Tiriskan.
    Masukkan bawang putih goreng ke dalam plastik kacang, ikat kembali lalu kocok2 plastik sampe bawang putihnya menyebar rata. Pindahin ke toples, siap diumpetin di kamar :P
    Note:
    Kalo doyan asin, pas ngocok kacang & bawang gorengnya bisa ditaburin ekstra garam dikit.

    Thursday, September 01, 2005

    Melelehkan Coklat

    Note: Sebagian isi tulisan dan gambar pernah gue posting di milis Dapurbunda dan NCC, juga dimuat di web Natural Cooking Club.

    Melelehkan coklat? Gampang! Ditim pake mangkok kecil yang dimasukin ke panci berisi air mendidih, ato ditaruh di mangkok trus dimasukin magic jar, ato dicemplungin langsung ke double cream yang panas, ato dilelehin pake microwave, sampee.... ditaruh di mangkok dan nebeng ngukus nasi pun bisa hahahaha.... asallll...!
    Segitu gampangnya melelehkan coklat!

    Tapiii.... hasilnya bagus gak? Lhah, kalo yang diminta sekedar leleh thok ya macem2 itu jawabannya. Tapi kalo yang ditanya hasilnya bagus ato enggak, nanti dulu.......
    Coklat leleh kalo dipake untuk campuran adonan misal Brownies ato Devil's Food Cake ato French Chocolate Cake, dilelehin dengan cara apapun gak masalah.
    Tapi kalo pengen bikin sajian coklat yang bener2 menampilkan kemulusan tekstur dan kecantikan si coklat, cara melelehkan pun jadi masalah! Karena kalo ada air yang masuk ke lelehan coklat setetes aja, hasilnya coklat akan buram, kasar dan bergumpal. Resiko terkena air ini prosentasenya sangat besar kalo kita pake cara-cara diatas (kecuali pake microwave). Sapa sih yang tertarik ngelirik praline yang warnanya buram, puding dengan saus coklat yang bergerindil, Sacher Torte dengan topping coklat yang kasar, waksss..... buat tukang kue ini bener2 jadi masalah!
    Nah ini aku share cara melelehkan coklat sehingga hasil akhirnya bisa licin dan smooth. Simak ya!

    Banyak pastry chef hotel dan resto berbintang justru menyarankan bahwa mengetim coklat yang baik adalah PANCI BAWAH LEBIH KECIL daripada panci untuk coklatnya, dan pake api kecil aja untuk manasin panci airnya. Sekedar sampe coklatnya melunak, matiin api dan biarkan si coklat meneruskan perjalanan lelehnya memanfaatkan sisa2 panas yang ada dibawahnya.

    Alasan metode ini:
    Menjaga coklat tidak tersentuh uap air setetes pun, disamping itu proses meleleh yang berlangsung perlahan menghasilkan tekstur coklat yang lebih smooth. Khususnya kalo pake coklat couverture yang sangat sensitif terhadap panas (karena lemak yang dipake 100% cocoa butter), proses pengetiman couverture perlu perhatian lebih daripada coklat biasa.

    Metode tim seperti ini paling cocok untuk bikin coklat candy (praline & truffle), coating dan saus coklat, karena syarat sajian ini adalah texture does matter.Tapi kalo untuk campuran adonan kue, ngetim dengan cara biasa mah no problem waeee….

    Bingung yaaakk...? Ini nih gambarnya,




    Jadi si panci coklat duduk menjajah si panci kecil. Kalo punya double boiler lebih gampang lagi ya. Gambar diatas bisa menggantikan fungsi double boiler.
    Biar nyusunnya gampang, aku yang bawah pake panci susu kecil, trus untuk coklatnya pake mangkuk stainless ato keramik yang diameternya lebih besar dari diameter panci susu. Nah kalo pake mangkok kan jongkoknya bisa stabil diatas panci susu (juga lebih klop nutupin panci susunya).

    Cara ini memanfaatkan panas uap air panci kecil yang ngumpul & tertahan pantat panci coklat, tanpa ada risiko coklat terciprat air. Hasilnya, coklat bisa meleleh sempurna dan cantiiik....!

    Tuesday, August 30, 2005

    Ikan Tumis Santan

    Salah satu sajian berbahan ikan yang gurih segar. Jenis ikan yang aku sering pake untuk masakan ini: bandeng, tongkol dan tuna chunks kalengan. Gampang bikinnya, tapi sedeeeppp.... Aku nyontek dari resep asli Ibu. Kalo suka bisa ditambahkan tahu goreng kering kedalamnya. Enak dimaem dengan nasi anget (duh jadi lapeeer...)


    IKAN TUMIS SANTAN
    Bahan:

    500 gr ikan segar yang udah disiangi, potong-potong
    2 sdm air jeruk + ½ sdt garam
    2 cm lengkuas, memarkan
    2 lembar daun salam
    250 ml santan dari ¼ butir kelapa
    1 sdt stock powder
    ½ sdt garam /secukupnya
    1 sdt gula pasir /secukupnya
    75 gr tomat matang, iris kasar
    2 sdm minyak sayur
    Bumbu Iris:
    6 butir bawang merah
    4 siung bawang putih
    4 buah cabe hijau
    Cabe rawit secukupnya (kalo suka)
    Cara:
    Aduk potongan ikan dengan campuran air jeruk & garam, diemin di kulkas 15 menit. Bilas lalu goreng sampe matang, tiriskan & sisihkan. >> hilangkan step ini kalo pake tuna chunks kalengan
    Panasin minyak, tumis bumbu iris, lengkuas & daun salam sampe wangi.
    Tuangi santan, masukin ikan goreng. Bumbui dengan stock powder, garam & gula, tambahkan tomat.
    Didihkan dan masak sampe semua bahan matang, angkat & sajikan
    Tips:
    - Gue lebih suka tomat buah yang berdaging tebal & matang, vitaminnya lebih banyak dan rasanya lembut.
    - Kalo suka rasa asem2 tomatnya bisa diganti belimbing sayur dengan takaran sesue slera

    Friday, August 19, 2005

    Blitz BreakFAST...!

    Huaaahhh... baru bangun sambil ngucek2 mata, otak langsung muter kenceng mikir mo sarapan apa yah hari ini. Abis kmaren2 ga sempet blanja gara2 ada bikin orderan saban hari. Intip2 kulkas, nemu kacang panjang dikit, wortel dikit, tempe dikit, telor sisa sebiji doang (smalem abis kepake bikin bronis). Yaaa... kalo isi kulkas dah melas kek gini brarti it's time for... orak-arik! Yeah, ini menu sarapan paporit kita terutama kalo cuman ada left-over vegs di kulkas. Sayur apa ajah ceburin, campur tempe goreng & telor. Wisss... Bikinnya gampang, cepet, enak & healthy!
    Sukses bikin orak-arik yang asli brantakan tapi enak, mikir minumnya dee... yang cucok apaan yee... Tuinggg, keinget Mas Ali kemaren nyempet2in beli mangga buat istri tertjintah :"> Jadi... jus mangga lagiii... kali ini plus yoghurt & freshmilk. Bener2 pagi yang suegeeerr...!

    ORAK-ARIK SAYURAN
    Bahan:

    75 gr kacang panjang, bersihkan & potong2
    75 gr wortel kupas, serut kasar
    75 gr tempe, potong dadu & goreng stengah matang
    1 butir telur, kocok lepas
    1 buah tomat, iris kasar
    3 siung bawang putih
    4 butir bawang merah
    ½ sdt jahe cincang
    ¼ merica bubuk
    1 sdt kaldu bubuk
    1 sdt gula pasir
    Garam kalo perlu (kaldu bubuknya dah asin loo...)
    100 ml air matang
    2 sdm minyak sayur
    Cara:
    Panasin minyak, tumis bawang merah+putih dan jahe sampe wangi & kekuningan.
    Masukin tempe, wortel & kacang panjang, aduk sampe sayuran layu (pake api rada gede).
    Tuangi air, bubuhi kaldu, merica, tomat & gula. Kecilin api, masak sampe tingkat kematangan sesue slera.
    Masukin telur kocok, aduk2 sampe telur matang dan merata.
    Angkat, siap disajikan.
    Tips:Selain kacang panjang & wortel bisa pake sayuran apa ajahh.. toge, kol, kentang, buncis dll



    MILKY MANGO ICED YOGHURT
    Bahan:

    150 gr daging mangga mateng (gue suka yang asem), dinginkan
    150 ml plain yoghurt dingin
    150 ml freshmilk dingin (gue pake Ultra Full Cream)
    3 sdm gula pasir/sesue slera
    Es Batu secukupnya
    Cara:
    Biasaa... blender smua jadi satu kecuali es batunya. Trus tuangin ke gelas yang udah dikasi es batu duluan. Beresss... Pas buat berdua ;)

    Saturday, August 13, 2005

    Cream Puffs

    Walaaahhh... sapa seh yang gak kenal kue satu ini. Kalo orang prancis bilangnya Choux, di Indo nyebutnya Kue Sus. Bikinnya gampang, habisnya juga gampang :D Dan kue ini sangat fleksibel paduannya. Bisa diisi custard, buttercream mopun gabungan keduanya, juga bisa diisi ragout. Isi custard/buttercream sendiri pun bisa dibikin varian yang lebih banyak lagi. Misal, sekedar ditaburin icing sugar, dicampurin buah2an, dilapis selai & diberi topping irisan buah, disiram coklat & ditaburin almonds.... waaakkksss... anything you can throw in :P Pas kmaren pas masi ada sisa stroberi, ya wis lah daku ikutin aja untuk memeriahkan suasana.



    KULIT SUS
    Bahan:

    225 ml air
    100 gr margarin (gue pake: Blue Band)
    125 gr tepung terigu (gue pake: cakra kembar)
    250 gr telur (timbang berkulit yee...)
    Cara:
    Masak air dan margarin dengan api sedang sampe mendidih.
    Masukin terigu sekaligus sambil diaduk cepat pake sendok kayu sampe membentuk adonan yang ngga lengket di panci, matikan api dan diemin sampe adem.
    Masukin telur satu persatu sambil diaduk rata dan menyatu pake sendok kayu saban selesai memasukkan sebutir telur.
    Aduk sampe bener2 rata, masukin ke pastry bag. Siap semprot & bentuk sesue variasi yang diinginkan.




    BUTTER CUSTARD FILLING
    Oh I really love this creamy custard filling so much. Gue pake resep vanilla custard standar, cuman final touchnya gue tambahin margarin & butter untuk efek mengkilap sekaligus memperkuat citarasanya. Hasilnya... smooth & rich!
    Bahan:
    400 ml freshmilk fullcream (jangan lupa yang tawar loh yaa..., gue pake Ultra)
    75 gr sdm gula pasir /sesue slera
    ¼ sdt garam
    50 gr cornflour/maizena
    75 ml air matang
    1 butir telur, kocok lepas
    3 sdm butter (gue pake: Orchid)
    1 sdt vanilla essence
    Cara:
    Rebus fresh milk dengan api kecil sampe mulei mendidih lembut sambil sesekali diaduk pake whisker.
    Sementara menunggu mendidih, larutkan maizena dengan air matang, tambahkan telur & kocok sampe rata & menyatu.
    Tuang kocokan telur & maizena sekaligus ke dalam fresh milk yang mendidih, aduk cepat dengan whisker sampe rata. Aduk terus sampe adonan meletup2 & matang, matikan api.
    Msukin butter & vanilla. Aduk sampe benar2 rata, dinginkan.
    Masukin ke piping bag, siap disemprot deh.




    STRAWBERRY CREAM PUFF
    Bahan:

    1 resep Kulit Sus
    1 resep Butter Custard Filling
    150 gr stroberi segar, iris2 membujur
    Cara:
    Semprot adonan sus dengan bentuk klasik ato memanjang sesue slera, oven sampe cukup kering dan berwarna kuning kecoklatan, angkat & dinginkan di rak.
    Gunting kulit sus di pinggirnya jangan sampe putus, isikan beberapa irisan stroberi di dasarnya, semprotkan filling setengah penuh, beri beberapa iris stroberi lagi, semprot filling lagi sampe penuh. Hias atasnya sesue slera pake stroberi & sajikan.
    Tips buat yang gak sabaran & hobi bypass (kayak gue):
    Jangan mengaduk irisan stroberi langsung dengan adonan filling, hal ini akan menyebabkan filling menjadi basah & stroberinya gabisa nempel dengan baik. Isikan dengan cara diatas sedekat mungkin dengan waktu penyajian.



    STRAWBERRY LAYERED PUFFS
    Bahan:

    1 resep Kulit Sus
    1 resep Butter Custard Filling
    150 gr stroberi segar, iris2 membujur
    Cara:
    Semprot adonan kulit sus berbentuk bundar tipis diameter 10-15 cm diatas parchment paper, buat beberapa pasang lalu oven sampe cukup kering berwarna kuning kecoklatan. Angkat & dinginkan di rak.
    Ambil selembar, balikkan dan olesi stroberi jam lalu semprot adonan filling merata.
    Susun irisan stroberi menutupi filling, tutup dengan selembar lainnya.
    Selanjutnya bisa langsung disajikan dengan taburan gula halus ato diolesi filling & dihias irisan stroberi lagi.




    ECLAIRS
    Bahan:

    1 resep Kulit Sus
    1 resep Butter Custard Filling
    Coating, tim sampe leleh & aduk rata:
    150 gr DCC cincang (gue pake: Collata dark compound)
    3 sdm whipping cream cair (gue pake: Anchor)
    2 sdm butter (gue pake: Orchid)
    Cara:
    Bentuk adonan kulit sus dengan spuit polos memanjang 6-7 cm, oven sampe cukup kering dan berwarna kuning kecoklatan, angkat & dinginkan di rak.
    Setelah dingin gunting pinggirnya (jangan sampe putus), isi dengan filling. Kerjakan sampe kulit sus & isinya abis.
    Final touch, jungkirin & celup permukaan sus ke DCC leleh, letakkan di rak & diemin sampe coklat membeku.
    Tips:
    Sebelum membeku bisa diberi beberapa keping irisan almond.
    Kalo gue (yang gak sabaran :P), setelah kulit sus diisi filling segera masukin friser skitar 15-20 menitan (sampe kulitnya adem), baru trus dijungkirin & c’lupin ke DCC leleh & taruh di rak. Dalam waktu singkat DCC akan segera beku.

    Wednesday, August 10, 2005

    Sayur Asem

    Segernya makan sayur asem di musim panas, plus sambel terasi dan ikan asin :D Laper dan laper terus dah...! Kali ini gue sajikan Sayur Asem bersama Tiram Goreng Telur, kurang apa coba...!



    SAYUR ASEM
    Bahan:

    200 gr kacang panjang, potong2
    150 gr krai/mentimun suri, kupas & potong2 (bisa diganti labu siam)
    800 ml kaldu
    1 buah asam muda (kalo kecil2 bisa pake 2-3)
    1 buah cabe merah, ulek kasar
    2 cm lengkuas, memarkan
    Bumbu halus:
    4 buah bawang merah
    1 siung bawang putih
    2 sdt garam
    1 sdt gula pasir /sesue slera
    1/2 sdt terasi
    Cara:
    Didihkan kaldu, masukin asam muda. Rebus sampe asam lunak, angkat asamnya lalu tekan2 sampe kulitnya terkelupas. Buang kulitnya, masukin daging buah asam kembali ke kaldu bersama bumbu halus, lengkuas & cabe merah, didihkan 5 menit & masukin sayuran. Kecilkan api & tutup rapat, rebus sampe matang.
    Angkat & sajikan hangat.

    Simping Goreng Telur

    Ini resep asli Ibu, biasanya disajiin dengan cara "dipenyet" di cobek yang ada sambel trasinya plus jeruk limau. Nyaaamm... Kalo gak tau Simping, adalah sebangsa tiram tapi kulitnya tipis datar hampir transparan. Karna ga smua daerah ada simping -dan ga smua kenal simping- maka gue rekomen pake tiram sebagei penggantinya. Hasilnya ga kalah enaknya loh...! Apalagi disajikan dengan Sayur Asem, glek... glek...


    SIMPING GORENG TELUR
    By: Alya's Kitchen
    Bahan:
    250 gr simping segar
    1 sdm air jeruk nipis
    100 ml air
    2 siung bawang putih, parut/haluskan
    2/3 sdt garam
    1/2 sdt merica bubuk
    2 butir telur
    1 sdm terigu
    2 sdm kucai/daun bawang iris halus
    Cara:
    Aduk simping dengan air jeruk, diamkan 30 menit di kulkas lalu bilas sampe bersih.
    Didihkan air, masukin simping. Didihkan lagi 3 menit, tiriskan & buang air perebusnya.
    Aduk simping dengan bawang putih, garam & merica, diemin 15 menit.
    Masukin terigu, aduk rata. Tambahkan telur, aduk2 sampe rata.
    Goreng sesendok demi sesendok sampe golden brown ato sampe kering kalo suka, tiriskan & sajikan anget.
    Tips:
    Bisa ditambahin irisan cabe rawit kalo doyan pedez.

    Strawberry Cream Sponge

    Aiihh... stroberi lagiiii... Iya nih, masi ada sisa stroberi di kulkas. Mmm... enaknya diapain yah. Coba2 aja bikin sponge cake & kue sus trus ditambahin stroberi segar. Hasilnya, dengan resep & bahan sederhana ternyata tambahan stroberi yang asem2 segar bikin penampilan & rasanya “mahall” bo’ !!



    STRAWBERRY CREAM SPONGE
    Neg & bosen dengan “pasangan klasik” cake+buttercream? Tambahan stroberi cincang di sela2 belahan sponge cake berlapis buttercream nan legit, plus topping yang lots of stroberi, menjadikan surprise tersendiri di tiap gigitan. Fresh & Fun !!

    Sponge Cake
    Bahan:

    3 butir telur @ 60 gr
    150 gr gula pasir (bole ditambah kalo suka manis)
    1 sdt cake emulsifier
    1 sdt vanilla essence
    75 ml fresh milk
    50 gr margarin + 25 gr butter
    ¼ sdt garam
    150 gr terigu + ½ sdt baking powder, ayak jadi satu
    Cara:
    Panasin fresh milk (gausah sampe mendidih), matiin api & masukin margarin+butter. Aduk2 sampe leleh, sisihkan.
    Kocok telur & gula sampe ngembang, masukin vanilla essence & emulsifier, kocok terus sampe pucat & kental. Matiin mixer.
    Bertahap masukin terigu & campuran susu secara bergantian sambil diaduk pake whisker dari bawah keatas sampe rata & menyatu. Tuang ke loyang 18x18 yang udah dialas kertas & dioles margarin. Oven sekitar 30 menit ato sampe mateng.
    Kluarin dari oven, diemin 2-3 menit, kluarin dari loyang & biarin sampe adem. Siap dikasi filling & dihias sesue slera.

    Strawberry Filling, aduk sampai rata:
    150 gr strawberry jam
    100 ml air panas
    50 gr strawberry, bersihkan & cincang/iris kecil2
    Buttercream, kocok jadi satu sampe lembut & ringan:
    100 gr shortening
    50 gr margarin
    50 gr unsalted butter
    3 sdm susu bubuk
    75 ml susu kental manis
    75 gr icing sugar (bisa ditambah kalo suka manis)
    Kalo merasa konsistensinya kurang thin, bisa ditambah simple syrup saat mengocok
    Topping:
    200 gr fresh strawberry, bersihkan & iris2 membujur

    Penyelesaian:
    Bagi filling jadi dua bagian, buttercream jadi empat bagian.
    Belah sponge cake jadi 3. Ambil selembar cake (paling bawah), olesi satu bagian filling merata, lapisi satu bagian buttercream & ratakan.
    Tumpuk selembar cake bagian tengah, ulangi melapis 1 bagian filling & 1 bagian buttercream sekali lagi, tutup dengan lembar cake paling atas.
    Oles sisa buttercream menutupi seluruh permukaan & sisi cake, hias dengan menempelkan irisan strawberry menutupi seluruh permukaan & sisi2 cake.
    Simpan di kulkas sekitar 4 jam, potong2 & sajikan.

    Thursday, August 04, 2005

    Strawberry Sour Milk

    Blanja di Superindo pulang kantor, eh nemu local-organic-strawberry. Wiih... gede2 lagi, dan tinggal sebungkus doang, harga diskon lagih! Langsung embat ajah, skalian ngembat yoghurt stroberi juga. Di kepala udah ngebayangin minum yoghurt seger pake stroberi, aiiih... senengnya daku (maklom, pas puasa juga). Sampe rumah buru2 buka kulkas, oh masi ada susu kental dan fresh milk. Hihihiyy... rupanya daku emang ditakdirkan tuk minum yoghurt-stroberi spesial nih, ya wis lah daku lempar ke blender smuanya. Traraaaa.... jadi deh... buka puasa dengan minuman spesial yuuummm........



    STRAWBERRY SOUR MILK
    Paduan asem2nya stroberi & yoghurt ditambah susu segar, rasanya milky tapi segeeeerr...., dan pasti sehat dong!
    Bahan:
    150 gr fresh strawberry, buang daunnya & cuci bersih
    200 ml yoghurt rasa strawberry, dinginkan
    400 ml fresh milk, dinginkan
    75 ml susu kental manis
    3 sdm gula pasir /sesue slera
    Es batu secukupnya
    Cara:
    Siapin gelas2 tinggi, isi es batu secukupnya.
    Blender smua sisa bahan jadi satu, tuang ke gelas & sajikan segera.

    Tuesday, August 02, 2005

    Orango Squash

    Ga tau napa, gue sukaaa.... banged dengan paduan orange & mango. Di luar kewajaran, gue kalo dapet mangga matang yang asem malah girang abis, karna itu artinya gue bisa minum Orango Squash yang enak !! Perlu dicatet, mangga mateng yang asem ini ga bisa diganti mangga muda, otherwise rasa, warna & teksturnya ga akan bisa cantik!



    ORANGO SQUASH
    Bahan:

    250 gr daging mangga matang yang asem, potong2
    600 ml fresh orange juice
    3 sdm orange concentrate (gue pake sunquick mandarin orange)
    75 gr gula pasir /sesue slera
    Ice cubes secukupnya
    Cara:
    Masukkan daging mangga, orange juice, orange concentrate & gula ke dalam blender. Proses sampe halus.
    Tuang ke gelas tinggi, tambahkan ice cubes. Sajikan.

    Recipe Review, Carrot Cake

    Source: Riana, Jkt
    Origin: Bogasari Baking Center

    Carrot Cake ini rasanya legit, rich & spicy dengan tekstur ringan tapi moist. Sedep banged disajikan sebagei dessert mopun saat tea/coffee break. Gue nyontek dari dapurnya Mbak Riana (temen milis) dengan beberapa modifikasi. Kalo suka rasa spicy yang menggigit, bisa ditambah takaran kayumanis & pala-nya ya!



    CARROT CAKE
    Bahan:
    250 g telur
    225 gr gula pasir (bisa ditambah sesue slera, it was 300gr)
    ½ sdt garam
    1 sdt emulsifier
    400 g wortel kupas, blender halus (gue pake yg impor, lebih manis & tasty)
    150 g minyak sayur
    75 gr kenari cincang
    Ayak jadi satu:
    260 g tepung protein rendah/sedang
    ½ sdt baking soda
    ½ sdt baking powder
    ¾ sdt kayumanis bubuk
    ½ sdt pala bubuk
    Cara Membuat:
    Kocok telur, gula, garam hingga kental dengan speed tinggi. Masukkan emulsifier, kocok terus hingga kental dan meninggalkan jejak. Matikan mixer.
    Masukkan bahan kering sambil diaduk pake whisker hingga tercampur rata.
    Masukkan wortel parut & kenari diselingi minyak sambil terus diaduk sampe bener2 rata.
    Tuangkan kedalam loyang bundar 20 cm yang telah dialasi kertas & dioles margarin.
    Panggang dengan suhu 180ÂșC selama 30 menit ato sampe mateng (lakukan tes tusuk).
    Keluarin, diemin dalam loyang sampe dingin, baru dikluarin dari loyang.
    Olesi frosting sesuai selera, sajikan.
    Note:
    Ngeblender wortel JANGAN pake air sama sekali ya.
    Frosting bisa pake buttercream, cream cheese frosting, selai buah, ganache, dll.
    Kebetulan gue punya buttercream & sedikit chocolate ganache sisa bikin brownies, then buttercreamnya gue mixer lagi deh ditambahin sedikit cream cheese. Abis dioles rata trus diciprat2in ganache jadi motif dalmatian :D:D

    Kalo mo tau resep aslinya silakan ngintip dapurnya Mbak Riana yah!

    Wednesday, July 27, 2005

    Homemade-Sardine-in-Tomato-Sauce

    Another heritage dari Ibu yang jadi paporit keluarga, dan siapapun yang pernah mencicipi sarden buatan Ibu pasti ga suka lagi dengan sarden kalengan hehehehe... serius!
    Yang khas dari sarden buatan Ibu, pake bawang merah+putih goreng yang royal plus margarin sebagai final touch yang bikin sausnya jadi sedapp... Gue lalu coba2 modify resep blio dengan cara presto, rasanya manteubb euyy...!

    HOMEMADE SARDEN
    Bahan:

    500 gr ikan segar jenis sarden/salem/tongkol/mackerel, bersihkan & potong2 sesue slera (kalo kecil biarin utuh ye..)
    2 sdm air jeruk nipis
    1 sdt garam
    6 butir bawang merah, jadiin bawang goreng
    4 siung bawang putih, jadiin bawang putih goreng
    5 sdm saus tomat
    2 sdm margarin
    Saus:
    3 buah tomat masak, iris kasar
    3 buah cabe merah, buang bijinya & iris kasar
    3 siung bawang putih, geprak
    3 sdm minyak goreng
    2 sdt garam /sesue slera
    2 sdm gula pasir /sesue slera
    150 ml air matang
    Cara:
    Buang kepala & isi perut ikan, bersihkan badannya & cuci sampe bersih.
    Lumuri ikan dengan air jeruk & garam, diamkan 15 menit di kulkas lalu bilas & tiriskan.
    Aduk ikan bersama bawang merah+putih goreng, masukin dalam panci presto, sisihkan.
    Saus:
    Panasin minyak & tumis bawang putih sampe wangi.
    Masukin cabe & tomat, aduk & tumis sampe setengah matang.
    Tuangi air, tambahkan garam & gula. Tutup rapat & masak dengan api kecil 3 menit, angkat & dinginkan. Tambahkan saus tomat, aduk rata lalu blender sampe halus.
    Penyelesaian:
    Tuang saus kedalam panci berisi ikan, tambahkan margarin. Tutup & proses selama 10 menit terhitung dari waktu berdesis (ato 30-40 menit kalo pengen tulangnya sampe empuk, tergantung gedenya ikan).
    Matikan api, diamkan 2-3 menit ato sampe pressure-nya habis, buka & sajikan dengan nasi putih hangat. Nyaaam....


    - MOM'S VERSION (tanpa presto) -
    Yang ini resep aslinya Ibu. Bahan dan komposisi sausnya sama, cuman caranya rada beda dikit & ofkors tulangnya gabisa empuk. Simak yah!
    Cara:
    Lumuri ikan dengan air jeruk & garam, diamkan 15 menit di kulkas lalu bilas & tiriskan. Goreng setengah matang, sisihkan.
    Saus:
    - Sama persis dengan resep diatas -
    Penyelesaian:
    Tuang blenderan saus ke dalam panci (jangan wajan ya), masukin ikan goreng & tambah air lagi sebanyak 100 ml. Masak dengan api kecil sampe kuah menyusut & mengental. Masukin margarin & aduk sampe leleh, angkat.
    Taburi bawang merah+putih goreng, sajikan segera.


    **Tips:
    Kalo gaada ikan yang segar, pake ikan pindang juga gpp. Pilih yang masih baru (mengkilap & juicy), buang kepala & isi perutnya biar ga amis & kotor.

    Monday, July 25, 2005

    Espresso Choco Cake

    Kue ini gue buat berdasar keisengan gue :D
    Suatu wiken pas lagi bengong & keabisan kue, iseng2 utak-atik resep brownies andalan yang slama ini cukup laris manis. Berhubung lagi pengen something different, something just richer and stronger than dark chocolate, kepikir nambahin kopi deh.
    Setelah jadi, taraaaaaa.... bener2 rich! Espressonya brasa pada lapisan glaze di tiap lapisan kue, bikin mata ngantuk langsung melek :))
    Mendadak ajah ni kue jadi paporit & langsung ketiban orderan 3 biji skaligus hihihihi... Nih, catet ya!


    ESPRESSO CHOCO CAKE
    A. Espresso Choco Mix:

    175 gr dark cooking chocolate, cincang kasar
    150 gr margarin
    50 gr butter
    2 sdm coklat bubuk
    3 sdm kopi instan dilarutkan dengan 3 sdm air mendidih
    ½ sdt garam
    Cara:
    Tim coklat cincang sampe leleh, angkat. Masukin sisa bahan lainnya, aduk rata. Diamkan sampe smua margarin leleh, aduk sekali lagi sampe bener2 rata, sisihkan.

    B. Cake:
    3 butir telur
    150 gr gula pasir
    200 gr terigu protein sedang + 1 sdt baking powder, aduk rata
    1 resep Espresso Choco Mix
    100 ml susu cair >>> aku pake larutan susu kental manis
    Cara:
    Kocok gula & telur dengan kecepatan tinggi sampe putih & kental.
    Masukkan campuran terigu, susu cair & coklat mix bertahap & bergantian sambil diaduk dengan kecepatan rendah diselingi spatula.
    Tuang kedalam loyang 18 x 18 yang dasarnya telah dialasi baking sheet & dioles mentega hingga sisi2nya.
    Oven 30-40 menit ato sampe mateng, keluarkan & diamkan di dalam loyang sampe dingin baru keluarkan dari loyang.

    C. Espresso Choco Glaze:
    200 gr dark cooking chocolate, cincang kasar
    75 ml susu kental manis
    50 gr margarin
    3 sdm kopi instan dilarutkan dengan 2 sdm air mendidih
    Cara:
    Tim coklat & susu kental sampe leleh, tambahkan margarin & larutan kopi. Aduk rata & diamkan sampe mengental. Aduk2 sampe terbentuk tekstur yang siap oles. Bagi empat sama rata, sisihkan.
    Tips:
    Biar cepet, panci coklatnya ditaro di baskom isi pecahan es batu. Diaduk2 bentar dah kental & ready to spread deh :D

    D. Espresso Syrup
    50 gr gula pasir
    150 ml air mendidih
    3 sdm kopi instant
    1 sdt esens kopi
    Cara:
    Aduk air, kopi dan gula hingga larut, diamkan hingga dingin. Tambahkan esens kopi, aduk rata.

    E. Penyelesaian:
    Belah cake jadi empat
    Siapin selembar cake, perciki permukaannya dengan sirup espresso hingga lembab, oles dengan sprempat bagian espresso glaze sampe rata.
    Tumpuk dengan selembar cake yang lain, ulangi step yang sama sampe cake habis & olesan habis. Hias sesue slera, masukin kulkas bentar (asal glaze-nya jadi beku) & siap disajikan.

    Wednesday, July 13, 2005

    - - SELF UPDATE - -

    Kenapa yak, tau2 gue bikin judul posting ginian :D
    Well, sebenernya gue hanya pengen mengungkapkan isi hati bahwaaaa... gue mulei suka BAKING ;)
    Kan dulunya gue ga suka baking, tapi dah skitar 3 bulan belakangan ini gue bener2 jatuh cinta pada baking works, sampe2 hampir seminggu empad kali gue praktek resep2 cake & cookies bahkan bereksperimen bikin kue2 baru dari resep yang udah ada. Serunya, beberapa resep hasil eksperimen gue jadi favorit kluarga, kerabat & temen2 seperti Cheezy Brownies & Espresso Choco Cake. Lebih jauh lagi, gue jadi "tukang kue" yang nrima orderan :D:D Lumayaaan, sambil blajar minum aer eh... sambil nyelam dapet duit, tauk ah... :P
    Jadiiiiiiiii..... Kalo di jaman dulu2 gue bilang gue gak suka baking, saiki pernyataan tersebut gue klarifikasi. Oh sori bukan klarifikasi yah since it WAS true. Hmm... mungkin tepatnya adalah gue UPDATE:


    I L O V E B A K I N G ! !


    Hehehe.... plis jangan diketawain yaaahhh....!
    -

    Ayam Goreng Pake Poyah Spicy

    Pecinta masakan Padang pasti suka ayam gorengnya yang spicy bangethh... Apalagi taburan bumbu poyahnya yang gurih dan sedap, bagi gue jauh lebih tasty daripada "kremes" versi Mbok Berek. Seringkali Ayam Goreng Padang lebih beken dengan nama Ayam Goreng Lengkuas karena komponen utama bumbunya emang lengkuas muda yang banyakkk...
    Tapi ngga semua anggota kluarga suka bumbu yang tajam jadi aku modifikasi juga menjadi versi yang “mild” yaitu lengkuas diganti serai jadi Ayam Goreng Serai. Cobain yuuk...!


    AYAM GORENG PADANG
    Bahan:
    1 kg ayam, potong2 sesue slera
    1 batang serai, memarkan
    2 sdt garam /secukupnya
    300 ml air
    100 gr lengkuas muda, parut
    Minyak goreng secukupnya
    Bumbu Halus, blender jadi satu:
    4 siung bawang putih
    4 butir kemiri
    2 cm kunyit
    2 cm jahe
    2 sdt ketumbar sangrai
    2 sdt asam jawa
    Cara:
    Aduk potongan ayam dengan bumbu halus, garam & lengkuas parut. Diamkan di kulkas 30 menit, transfer ke wajan.
    Tambahkan serai & tuangi air. Tutup rapat & rebus dengan api kecil sampe ayam empuk & kuah habis.
    Goreng potongan ayam sampe kering keemasan, tiriskan.
    Goreng semua sisa bumbu lengkuas sambil sering diaduk2 sampe kering, saring & tiriskan.
    Sajikan ayam goreng dengan taburan bumbu lengkuas goreng.


    AYAM GORENG BUMBU SERAI
    Bahan:
    1 kg ayam, potong2 sesue slera
    4 lembar daun jeruk
    2 sdt garam /secukupnya
    2 sdm air jeruk
    400 ml air
    Minyak goreng secukupnya
    Bumbu Halus, blender jadi satu:
    3 siung bawang putih
    2 batang serai, iris2
    2 cm kunyit
    2 sdt ketumbar sangrai
    Cara:
    Aduk potongan ayam dengan bumbu halus, garam & air jeruk.
    Diamkan di kulkas 30 menit, transfer ke wajan.
    Tambahkan daun jeruk & tuangi air. Tutup rapat & rebus dengan api kecil sampe ayam empuk & kuah habis. >> ayam akan "terbalut" bumbu yang mengental.
    Goreng potongan ayam bersama bumbu yang menempel di "bodi"nya sampe kering keemasan, tiriskan.
    Goreng semua sisa bumbu serai sambil sering diaduk2 sampe kering, saring & tiriskan.
    Sajikan ayam goreng dengan taburan bumbu serai goreng.

    Tuesday, July 12, 2005

    Recipe Review, Fudgy ChocoChips Cookies

    Recipe Source: Arfi Binsted, New Zealand
    Resep ini gue dapet dari nodong Mbak Arfi di milis resepkita, karena penasaran banged dengan chocochips cookies yang legit & chewy kayak Mrs. Fields punya. Setelah gue praktekin, hmmm..... rasanya coklat banged! Chewy & fudgy persis punya Mrs. Fields loh! Beberapa bahan gue modifikasi sesue ketersediaan bahan di skitar gue, tapi rasanya tetep seru! Agar lebih gampang nakarnya, ukuran cups di resep Mbak Arfi gue convert to grams. Bikinnya gampang banget, cepet & insyaAllah pasti jadi buat pemula sekalipun. Ga pake mixer, telurnya pun sebiji doang, juga ga repot2 menggilas & mencetak.
    Berikut ini resep yang udah gue modifikasi.


    FUDGY CHOCOLATE CHIPS COOKIES
    Bahan:
    100 gr margarin + 75 gr butter (gue pake: Orchid)
    150 gr palm sugar
    1 sdt vanilla essence (kadang2 gue ga pake)
    1 butir telur (sekitar 60-70 gram)
    ½ sdt garam
    Aduk rata:
    250 gr tepung terigu protein rendah
    ½ sdt baking soda
    250 gr coklat chips (gue pake: Collata compound chips yang bentuk drops)
    Cara:
    Letakkan di mangkuk stainless: margarin, mentega, palm sugar & garam. Panasin dengan api kecil sambil diaduk sampe leleh & gula mulei larut sebagian. Angkat & diamkan sampe hangat.
    Masukin telur, kocok sampe rata & gula larut. Masukin campuran terigu bertahap sambil diaduk pake whisker diselingi spatula sampe rata.>> jangan heran kalo konsistensinya cenderung kental & lengket, bukan padat seperti umumnya adonan cookies
    Dengan sendok teh, sendokkan ke atas loyang yang udah dialasi baking sheet dan panggang 12 menit (permukaan kue kalo disentuh masih lembut). BENER2 12 MENIT, JANGAN KURANG ATO LEBIH YA!
    Biarkan sebentar di atas loyang sampe hangat, transfer ke rak kawat sampe dingin baru disimpen di toples.
    Tips:
    Simpen di kulkas bikin rasanya lebih nyess...
    Biar lebih rame tambahin mente-sangrai-cincang, perbandingan 50:50 dengan takaran coklat chips
    Kalo pengen lebih nyoklat, tambahin 2 sdm coklat bubuk saat melelehkan mentega+gula palem.

    ---- The Original Version ----
    Bahannya:
    175 g mentega, dilelehkan
    1 cup brown sugar
    ¼ cup gula putih (saya ga pake gula putih karena kue jadi terllau manis untuk ukuran keluarga dan membuat kue lebih keras)
    1 sdt vanilla essence
    1 butir telur
    2 cups tepung terigu
    ½ sdt baking soda
    ½ sdt garam
    1 ½ chocolate chips (saya gunakan Nestle Milk Chocolate drops)
    Caranya:
    1.Panaskan oven suhu 170°C.
    2.Kocok dengan whisker leleh mentega yang udah agak dingin dengan gula, vanilla essence dan telur.
    Masukkan tepung terigu, baking soda, garam, dan terakhir chocolate chips.
    3.Sendokkan ke atas loyang yang diolesi mentega (saya pakai kertas roti supaya ga terlalu banyak menggunakan
    mentega) dan panggang selama 12 menit.
    4.Biarkan sebentar di atas loyang dan kemudian letakkan di atas rak supaya betul-betul mengeras.

    Thursday, June 16, 2005

    Sate Kambing Bumbu Ketumbar

    Karna gue ga terlalu doyan kambing, maka gue pun jarang banget bikin sate kambing. Paling2 kalo pas perayaan Idul Qurban, itupun masakin buat suami & ortu. Tapi wiken kmaren Ibu nelpon gue, blio bilang lagi punya daging kambing bagian has & minta tolong gue bikinin sate. Seet... langsung muter otak, mo dibikin sate yang ga kek biasanya. Hmm... coba2 gue campurin gula merah & ketumbar instead of kecap & mrica (bumbu default ye). Untuk pengempuk sekaligus menghilangkan aroma kambingnya gue pakein nanas & jeruk nipis. Benernya seh tanpa nanas+jeruk, daging kambing yang dibeli Ibu udah sangat bagus. Hampir tak berbau & sangat empuk. Cumaaa... guenya ajah yang emang berpikiran negatif pada kambing hehehe... eh, hasilnya enaaaakkk....! Gue ajah yang ngakunya ga doyan tiba2 ngabisin 5 tusuk gede2 :D:D




    SATE KAMBING BUMBU KETUMBAR
    Bahan:
    500 gr daging kambing bagian has dalam
    75 gr lemak kambing /secukupnya, potong2 kecil
    Tusuk sate secukupnya
    Perendam:
    3 sdm nanas parut
    3 sdt bawang putih parut
    2 sdm air jeruk nipis
    ½ sdt merica bubuk
    2 sdt ketumbar bubuk
    3 sdm gula merah
    1 sdt garam /secukupnya
    Saus Kecap:
    4 sdm kacang tanah goreng, haluskan
    2 sdm bawang putih goreng, haluskan
    1 sdm petis udang
    100 ml kecap manis
    2 sdt air jeruk limau
    Pelengkap:
    Irisan bawang merah
    Irisan cabe rawit
    Tomat cincang
    Acar mentimun
    Cara:
    Daging kambing dipotong2 ukuran bite size, aduk rata dengan lemak & bumbu perendam lalu diamkan 30 menit di kulkas.
    Susun di tusuk sate dengan urutan: daging-lemak-daging-lemak-daging.
    Panggang pake arang sambil dibolak-balik sampe mateng, sajikan segera dengan saus kecap & pelengkap.
    Saus Kecap:
    Haluskan petis dengan kecap sedikit2 sampe halus & rata. Tambahkan kacang, bawang putih goreng & air jeruk limau, aduk rata.
    Note:
    Lemak kambing berfungsi mempercepat proses pematangan pada daging2 di sebelahnya sekaligus menambah rasa gurih dan menjaga daging tetap juicy. Bagi yang diet kolesterol & rendah lemak tapi masih pengen makan enak (weee...), buat potongan lemaknya kecil2 ajah sekedar bisa nyisip diantara daging. Potongan yang kecil akan cepat sekali leleh sehingga setelah matang potongan lemaknya tinggal dikit doang tapi dagingnya tetep gurih & juicy. Kalo ga pake lemak, daging jadi kering & kurang gurih.

    Thursday, May 19, 2005

    Healthy Smoothie

    Smoothie yang adem & lembut itu ngga harus berbahan dasar es krim ato susu. Gue punya beberapa resep smoothie favorit yang unik & kaya kandungan gizinya, juga cocok untuk yang lagi diet rendah lemak.

    T-BANA SMOOTHIE
    Teh & Pisang, lots of mineral & antioxidant
    Bahan:
    100 gr pisang ambon kupas, potong2 & bekukan
    1 bungkus teh celup
    100 ml air mendidih
    2 sdm non dairy creamer /susu bubuk low-fat
    2 sdm madu (ato 1 sdm gula pasir)
    Cara:
    Seduh teh celup dengan air mendidih, diamkan sampe dingin lalu buang kantong tehnya & bekukan.
    Blender semua bahan bersama teh beku sampe rata, sajikan segera
    Note:
    Pisang ambon mopun cavendish gabisa diganti jenis pisang lain karna aroma dan trutama teksturnya sangat khas.
    selain dipadu teh, pisang juga enak dipadu stroberi segar



    ORANGO SMOOTHIE
    Jeruk & Mangga, sumber Vit.C yang sangat kaya
    Bahan:
    50 gr mangga arumanis yang matang, potong2 & bekukan
    50 gr mangga manalagi mengkal, iris2 & , bekukan
    100 ml air jeruk, bekukan
    Gula pasir/madu secukupnya
    Cara:
    Blender smua bahan jadi satu, sajikan segera
    Note:
    Pilih jeruk yang bercitarasa masam seperti jeruk pontianak ato medan



    TEMPEH SMOOTHIE
    Tempe, sumber protein yang rendah lemak, kaya serat & jauh lebih mudah diserap tubuh daripada sumber protein lainnya. Rasa smoothie ini unik, creamy & nutty flavour.
    Bahan:
    75 gr tempe yang bagus, potong2 & kukus 10 menit, dinginkan & bekukan
    150 ml sari kedelai /soy milk tawar, bekukan
    2 sdm penuh non dairy creamer
    2 sdm madu (ato 1 sdm gula pasir) >> ato sesue slera
    Cara:
    Blender semua jadi satu, sajikan segera
    Note:
    Untuk variasi rasa bisa ditambahin 1-2 sdm air jahe, ato coklat bubuk, ato pisang, stroberi segar, dll.
    Tempe yang masih baru dengan kualitas yg baik & murni memberikan rasa nutty yang gurih. Tempe yang udah rada lama & kurang bagus (ada campuran biji2an lain kek jagung, beras dll) menghasilkan rasa "sengir", rada pahit bahkan rada beraroma sabun!!
    .

    Friday, May 13, 2005

    Brownies

    Selama ini gue ga perna masak kue2 yang kudu dioven. Oh no way...! Gue nyadar banget bahwa i'm a terrible baker. Slalu terbayang cake or bolu yang bantet, ato cookies yang kalo jatoh ke lante bunyinya "GLUTAKK...!" hihihi... Pernah nyoba bikin kue sus yang kliatannya gampang ga pake mikser2 sampe mengembang sgala, pas baru kluar dari oven seh gendut2 lucu gemesin gituh tapi setelah dingin ehhh... pada loyo & kriput. Padal gue ga melakukan illegal operation pada resep yang berlaku loh! Makin aja gue males bikin kue2 beroven itu.
    Tapi BROWNIES! adalah pengecualian. Satu-satunya bakery yang bisa gue bikin dengan sangat pede tanpa perna gagal. Disamping itu kue ini enaaaakkk... banget, legit & gampang dipadu dengan bahan lain, juga variatif penyajiannya kek dibarengin es krim, fruit cocktail, disiram sirup, saus buah, saus vanilla, dicampurin ke milkshake mopun adonan es krim. Dan sampai saat ini, inilah satu2nya jenis bakery yang gue kuasai :D:D:D



    May 15th 05, these brownies recipes has been updated.
    Writer's note: Ada sedikit komplain dari Mas Ali, knapa kok brownie gue kurang nyeezz... pas digigit. Maka gue melakukan sedikit perubahan resep, yaitu menambah takaran cooking chocolate, telur & roombutternya. Hasilnya lebih nyeezz... gituh (bahasanya Mas Ali).

    PLAIN BROWNIE
    Jenis brownies dengan tekstur yang chewy, nyam nyam...
    Bahan:
    250 gr dark cooking chocolate, potong2
    100 gr margarin
    75 gr roombutter
    150 gr gula pasir (bisa 200 gr, gue seh ga suka terlalu manis)
    3 butir telur
    175 gr terigu
    2 sdm coklat bubuk (Van Houten is dbest in indo)
    1/2 sdt baking powder
    1/2 sdt vanilla essence (cair loh ya...)
    50 ml susu cair (jangan bikin dari susu bubuk, hasilnya dry. gue rekomen: larutan dari 2 sdm susu kental manis, yg rasa coklat kalo ada)
    Cara:
    Ayak tepung bersama baking powder.
    Tim coklat sampe cair, angkat & masukkan coklat bubuk, margarin & butter, aduk rata.
    Telur, gula & vanili dikocok lepas sampe gula larut, masukin terigu, susu & coklat bergantian sampe nyampur rata.
    Tuang ke loyang yang telah dialasi baking sheet & diolesi mentega tipis2. Oven sampe matang.
    Note:
    Ngocok telur & ngaduk adonan ga usah terlalu nafsu, sante aja asal nyampur
    Gue pake gula pasir instead of gula bubuk karna teksturnya lebih cantik


    BANANA BROWNIES
    Rasanya legit, aromanya wangi, cincangan pisang bikin teksturnya unik & rasanya makin mantep.
    Bahan:
    1 resep Plain Brownies
    2-3 buah pisang ambon yang matang, haluskan
    1 buah pisang ambon yang tua, cincang
    Cara:
    Ayak tepung bersama baking soda.
    Tim coklat sampe cair, angkat & masukkan coklat bubuk, margarin & butter, aduk rata. Tambahkan pisang halus, aduk rata sekali lagi.
    Telur, gula & vanili dikocok lepas sampe gula larut, masukin terigu, susu & coklat pisang bergantian sampe nyampur rata.
    Masukin pisang cincang, aduk rata bentar. Tuang ke loyang yang telah dialasi baking sheet & diolesi mentega tipis2. Oven sampe matang.
    Note:
    Pisang tua: pisang yang siap santap kek biasanya (ripe banana)
    Pisang matang: pisang tua yang tekstur dagingnya dah lembek karna pati pisang mulei brubah jadi gula, kulitnya mulei muncul bercak2 item (very ripe banana)
    Pisang Ambon gabisa diganti jenis pisang lainnya karna wanginya sangat2 khas. Kalo gaada mending bikin versi lain ajah :P


    MOCCA BROWNIE
    Aroma kopi yang cukup pekat berbaur dengan legitnya coklat. Yummm....
    Bahan:
    1 resep Plain Brownie
    3 sdm kopi instan, larutkan dengan
    3 sdm air panas
    Cara:
    Campur larutan kopi dengan susu cair dalam resep plain brownie.
    Ayak tepung bersama baking soda.
    Tim coklat sampe cair, angkat & masukkan coklat bubuk, margarin & butter, aduk rata.
    Telur, gula & vanili dikocok lepas sampe gula larut, masukin terigu, susu & coklat bergantian sampe nyampur rata.
    Tuang ke loyang yang telah dialasi baking sheet & diolesi mentega tipis2. Oven sampe matang


    ROCKY NUTTY BROWNIE
    Bahan:
    1 resep Plain Brownie
    100 gr coklat chips
    50 gr almond, sangrai & cincang kasar
    50 gr mente, sangrai & cincang kasar
    50 gr kenari, sangrai & cincang kasar
    Cara:
    Aduk almond, mente, kenari & chips sampe rata, ambil 2/3 bagian.
    Ayak tepung bersama baking soda.
    Tim coklat sampe cair, angkat & masukkan coklat bubuk, margarin & butter, aduk rata.
    Telur, gula & vanili dikocok lepas sampe gula larut, masukin terigu, susu & coklat bergantian sampe nyampur rata. Tambahkan 2/3 campuran kacang, aduk rata sekali lagi.
    Tuang ke loyang yang telah dialasi baking sheet & diolesi mentega tipis2. Taburi sisa campuran kacang sebagai topping. Oven sampe matang.
    Note:
    Coklat chips & kacang2an bisa ditambah takarannya sesue slera for richer result. Kalo gue seh ga suka terlalu banyak "ganjelan" di dalem brownie :D


    Variasi Tekstur:
    - Rocky Nutty juga bisa dilakukan pada banana mopun mocca brownie
    - Tambahkan bahan2 lain sesue selera kek marshmallow, sultana, coconut flakes, keju, coklat putih cincang, dll

    Variasi rasa:
    - Gue paling suka: brownie yang baru kluar dari loyang panas2, dimasukin container dan ditutup rapat trus didiemin smalem dalam suhu ruang. Hasilnya: lembut, lembab & chewy, adoooh.... ngiler nih gueee!
    - Selain pisang & kopi, brownies juga matching dengan rasa rempah seperti kayu manis, bumbu spekuk ato jahe bubuk. Padukan dengan palm sugar untuk rasa yang lebih menggigit.
    - Ganti coklat masak pekat dengan coklat masak putih, tambah takaran vanilla crystal jadi 1 sdt penuh. Hmm... vanilla banged deh, i love it!

    Garnish:
    - Yang paling simpel, disajikan dengan taburan gula bubuk
    - Olesi dengan coklat yang dicairkan bersama double cream
    - Ato taburi coklat bubuk tipis2, rasanya akan lebih brani!
    - Semprotin whipped cream, beri serutan coklat ato irisan buah
    - Olesi frosting dari gula bubuk & vanilla ato almond extract & air panas dikiiit...
    - dll sesue kreativitas kaliyan deh...

    Wednesday, April 20, 2005

    Puding Kacang

    Gue doyan banget puding, tapi kadang2 bosen juga makan puding yang gitu2 ajah. Puding coklat, vanilla, tape dan srikaya, sering gue buat. Trus gue iseng-iseng bikin puding berbahan kacang ijo & kacang merah, hmmm... ternyata enak loh. Gurih & legit. Disamping enak, puding ini juga kaya serat. Buat yang lagi diet rendah lemak santannya bisa diganti susu low fat. Saus yang cocok untuk puding ini bisa saus coklat, saus gula merah, saus nangka, saus durian mopun saus vanilla. Eh puding ini juga bagus banget buat balita, santannya jangan lupa diganti susu bubuk formula.


    PUDING KACANG HIJAU
    Bahan :
    7 gram (1 sachet) agar-agar bubuk warna putih
    600 ml santan
    5 sdm gula pasir /secukupnya
    1/4 sdt garam
    100 gr kacang hijau, cuci bersih, tiriskan
    500 ml air
    2 sdm air daun suji
    3 lembar daun pandan, cabik2 & simpulkan
    Cara:
    Rendam kacang hijau selama 4 jam, tiriskan.
    Rebus air sampe mendidih, masukkan kacang hijau.
    Rebus sampe lunak & airnya menyusut, angkat & diamkan sampai hangat.
    Blender rebusan kacang hijau, gula pasir, agar2, air daun suji & garam.
    Rebus santan & pandan sambil diaduk sampe mendidih lembut, masukkan blenderan kacang hijau. Aduk rata, didihkan sekali lagi dan matikan api. Tuang ke cetakan puding, diamkan sampe beku. Dinginkan di kulkas minimal 4 jam sebelum disajikan.



    PUDING KACANG MERAH
    Bahan:
    7 gram (1 sachet) agar-agar bubuk warna putih
    600 ml santan/susu
    5 sdm gula pasir /secukupnya
    1/4 sdt garam
    100 gr kacang merah, cuci bersih, tiriskan
    500 ml air
    3 lembar daun pandan, cabik2 & simpulkan
    Cara:
    Rendam kacang merah semaleman, tiriskan.
    Rebus air sampe mendidih, masukkan kacang merah.
    Rebus sampe lunak &; airnya menyusut, angkat &; diamkan sampai hangat.
    Blender rebusan kacang merah, gula pasir, agar2 &; garam.
    Rebus santan & pandan sambil diaduk sampe mendidih lembut, masukkan blenderan kacang merah. Aduk rata, didihkan sekali lagi dan matikan api. Tuang ke cetakan puding, diamkan sampe beku. Dinginkan di kulkas minimal 4 jam sebelum disajikan.

    Monday, April 18, 2005

    Tips 2: Pisau

    One day, gue lagi ngiris bawang merah tuk dibikin bawang goreng. Temen gue bertanya heran “Kok bisa ngiris bawang merah tipisnya sragam, cepet & suka tolah-toleh lagih... gimana caranya? Ga takut keiris tangannya?”
    Di hari yang lain, kk gue ke rumah bersama anak & pembantunya. Dia minta tolong si mbak ngupasin nanas. Begitu mulei ngupas si mbak hampir njerit pas ngliat piso gue mluncur mulus membabat kulit nanas yang keras “Aduuh... tajem benerrr.... sampe kaget” Hihihiyy...
    Banyak yang bertanya rahasia gue memotong, mengiris bahkan merawat piso. Benernya ga susah, cuman startingnya kudu bener yaitu saat membeli piso. Pilih piso yang baik, bahannya bagus, posisinya lurus. Sisanya tinggal rajin2 maintain si piso ajah. Gue sendiri blajar masalah piso ini dari abah. Hehehe.... maklum, tukang sapi hahahaha... Disini gue share beberapa tips berkaitan dengan piso.

    Bahan. Pilih bahannya stainless steel yang kokoh. Warnanya berkilau LEMBUT, BUKAN berkilau kinclong. Yang kinclong menandakan bahannya gampang berkarat (bukan stainless steel murni). Kalo mata pisonya (bagian tajamnya) dijentik2 dengan keras bunyinya trringg... sringg... nyaring gituh
    Pegangan Piso. Pilih berbahan kayu karna mantep di tangan, ga gampang lepas meski tangan lagi basah ato kringetan. Kalopun terpaksa gaada yang berbahan kayu, pilih bahan ebonite bertekstur biarga licin. Ebonite tuh smacem bahan hard plastic yang tahan panas, biasa dipake sebagai pegangan alat2 masak kek wajan mopun panci.
    Kelurusan. Teliti lurus gaknya bilah piso. Piso yang bagus hasil potongannya lurus sesue arah tekanan. Piso yang jelek hasilnya miring. Cara ngliatnya: Pegang piso dengan posisi ujungnya lurus ke depan, intip tepat dari belakang gagang piso. Kalo ujung piso ga kliatan means bener2 lurus, tapi kalo ujungnya ato bahkan bodinya kliatan, means hasil potongannya pasti miring!
    Ujung Piso Chopper/Sayuran. Pilih yang model ujungnya runcing & mata pisonya dikit melekuk keatas, nyaman dipake pas chopping sayuran/bawang. Choppingnya dilakukan dengan menggerakkan piso naik turun bertumpu pada lekukan tersebut, atau mengiris pake ujung piso sambil ditekan di talenan & digeser kebelakang, hasilnya lebih cepat & rapi dengan ketebalan yang nyaris seragam. Pilih piso yang cukup lebar & tebal, dahsyat buat main geprak! Ngupas bawang putih cukup sekali geprak ajah dah pisah tu kulitnya.
    Piso Daging. Pilih piso yang persegi, lebar & tebal (mirip golok), dengan sisi tumpulnya bergerigi. Gerigi ini berguna untuk mukul2/nipisin daging sekaligus ngeprak tulang ayam sebelom dipotong.
    Piso Kupas. Untuk ngupas buah & sayuran, pilih piso yang kecil biar gampang dipegang & digerak2kan dengan cepat & lincah.
    Diasah!! Sebagus apapun pisonya kalo ga dirawat ya tetep ajah payahhh... Piso daging lebih cepet tumpul daripada piso sayur/buah. Kalo saban hari dipake, piso daging perlu diasah saban 2-3 hari sekali sementara piso sayur/buah cukup sminggu skali. Gue seh ngasahnya manual pake batu asah (ga tau englishnya apa yaa... batunya abu2 ato kuning kecoklatan, dan permukaannya halus).
    Menyimpan Piso. Kalo piso ga dipake dalam jangka waktu lama, setelah diasah & dicuci bersih kudu dilap sampe kering trus diolesin minyak goreng tipis2 ajah. Serap kelebihan minyak pake tissue sambil digesek ringan. Bungkus rapat bilah piso dengan papertowel, simpan di tempat aman.

    Thursday, March 31, 2005

    Classics & Bakso

    Hehehe... red meat lagih neeeh...

    BABAT GORENG
    Babat diungkep dengan air kelapa & bumbu yang sarat, lalu digoreng. Hasilnya, empuuuk, manis & gurih. Babat goreng ini biasa hadir sebagei salah satu komponen Nasi Krawu khas Gresik. Kalo ga suka terlalu manis hilangkan gula merah dari resep.
    Bahan:
    500 gr babat sapi, bersihkan
    1 liter air
    750 ml air kelapa
    2 sdm air asam
    1 sdm gula merah
    2 sdt garam /secukupnya
    Rempah:
    5 lembar daun jeruk, sobek2 tanpa terputus
    2 batang serai yg udah dipotong pangkalnya 3cm, memarkan
    Bumbu halus:
    4 siung bawang putih
    3 cm kunyit
    3 cm jahe
    3 cm lengkuas muda
    2 sdt ketumbar sangrai
    1/2 sdt jintan sangrai
    5 butir kemiri
    3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    2 pangkal serai
    Cara:
    Didihkan air, masukin babat. Rebus sampe setengah mateng, tiriskan & buang airnya.
    Didihkan air kelapa, masukin babat, bumbu halus, rempah, garam & gula merah.
    Masak dengan api kecil & tertutup sampe air menyusut setengahnya, masukin air asam.
    Terus masak sampe air habis dan babat jadi empuk (mudah dikoyak pake garpu), angkat. Goreng sebentar, sajikan hangat dengan nasi putih, sambal trasi, kecap manis, lalapan & irisan jeruk nipis. (kalo mau madura banget, plus poyah kelapa kuning).



    OSIK DAGING
    Lucu... kalo masak osik daging di rumah, yang ludes duluan malah tahu & telurnya. Gimana kalo judulnya jadi Osik Tahu Telur ajah...

    Bahan:
    500 gr daging sapi
    2 buah tahu putih yang besar, potong2 sesue slera, goreng kering
    6 butir telur rebus
    750 ml air
    1 sdt garam/secukupnya
    400 ml santan (tingkat kekentalan sesue slera)
    3 sdm minyak untuk menumis
    Rempah:
    4 lembar daun jeruk, sobek2
    1 batang serai, belah & memarkan
    Seasonings:
    2 sdt garam /secukupnya
    1 sdt gula pasir
    Bumbu halus:
    6 butir bawang merah
    3 siung bawang putih
    5 butir kemiri sangrai
    2 sdt ketumbar sangrai
    3 cm kunyit
    3 cm jahe
    ½ sdt terasi
    3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

    Pelengkap:
    Nasi hangat, bawang goreng, krupuk udang, sambel trasi
    Cara:
    Didihkan air, masukkan daging & 1 sdt garam, kecilkan api & tutup rapat sampe daging setengah empuk. Angkat daging, potong2 sesue slera & sisihkan.
    Sementara itu kupas telur rebus, guling2kan merata pada parutan kelapa sambil ditekan agar seluruh permukaannya tergores. Deep fry dalam minyak yang betul2 panas sampe berkulit & golden brown, tiriskan. (Kalo minyaknya bener2 panas & banyak, 5 detik ajah dah jadi & hasilnya cantik banget).
    Tumis bumbu halus & rempah sampe wangi & matang, masukin potongan daging & sedikit kaldu perebusnya. Tumis & masak 5 menit di wajan.
    Didihkan kembali kaldu daging, masukin tumisan, tahu goreng & telur goreng, bubuhi seasonings. Rebus sampe air menyusut.
    Tuangi santan, didihkan & terus masak sampe mulei mengental. Angkat & sajikan dengan pelengkap.


    BAKSO KUMPLIT
    Enak banged dalam sgala suasana. Kalo bosen disajikan kek biasah, coba sajikan tanpa kuah sambil dicolekin saus kacang. Yumm...
    Bahan:
    1 kg daging sapi segar (bagian mana aja asal jangan banyak lemak), cincang kasar
    250 gr tapioka
    1.5 sdm peres garam /secukupnya
    10 butir bawang putih
    4 putih telur
    400 ml air, jadiin es batu smaleman
    5 buah cakue siap pake
    Kubis secukupnya, ambil bagian luar yang tipis
    Kuah:
    1.25 liter air
    5 siung bawang putih, belah & memarkan
    2 sdt garam /secukupnya
    Pelengkap:
    Mi telur basah, siram air panas, tiriskan (bisa pake mi telur kering, siapin sesue petunjuk di kemasan)
    Bawang goreng
    Irisan daun bawang
    Irisan daun seledri
    Mi telur, seduh air panas sampe lemas, tiriskan
    Sambal rebus
    Saus tomat
    Kecap manis
    Irisan jeruk nipis
    Adonan Dasar:
    Satukan: daging, tapioka, garam, bawang putih, putih telur & es batu yg udah dikepruk
    Blender halus pake food processor ato kalo gak mo repot gilingin ke tukang giling bakso sampe jadi adonan yang konsistensinya pekat
    Bagi 3 bagian, masukin masing2 ke piping bag, gunting ujung bag jadi diameter 2 cm
    Bakso:
    Didihkan air untuk kuah, matikan api dan segera bentuk satu bagian adonan jadi bakso diatas panci sambil langsung nyemplung ke dalam air panas sampe adonan abis
    (Cara membentuk: semprotkan adonan daging secukupnya diatas panci, lepasin adonan yang kluar dari ujung piping bag dengan dikerok dikit pake sendok langsung nyemplung aer panas. Dengan cara ini hasilnya lebih cepat, tangan kita tetep bersih ga blepotan adonan, baksonya juga jadi higienis, cuman bentuknya emang ga bunder2 banget seh...)
    Setelah adonan abis, nyalakan lagi apinya. Rebus sampe ngapung, biarin 1 menit, tiriskan dan biarkan kaldunya tetep mendidih
    Masukin bawang putih memar & garam ke dalam kaldu, didihkan 5 menit, angkat & tutup rapat.
    Siomay Cakue:
    Siapin cakue & satu bagian adonan
    Sayat tengah cakue membujur jangan sampe putus, buka & semprotkan adonan sampe terisi penuh
    Lakukan sampe semua cakue terisi, kukus 20 menit lalu angkat & potong2.
    (Kalo ada sisa adonan bentuk jadi bakso ajah ato nambah cakue juga gpp, suka2 ajah deh)
    Siomay Kubis:
    Layukan daun kubis dengan menjemurnya di loyang aluminium sampe lemas (ato celup air mendidih 30 detik, angkat & tiriskan airnya)
    Potong2 daun kubis, siapin satu bagian adonan
    Semprotkan adonan skitar 1 sdm di salah satu ujungnya, lipat & gulung rapi. Kerjakan sampe adonan abis. Kukus 20 menit, angkat.
    Penyajian:
    Susun di mangkuk, mi telur, beberapa butir bakso, 2 siomay cakue, 2 siomay kubis.
    Siram kuah panas, taburi daun bawang+seledri & bawang goreng.
    Sajikan dengan sambal rebus, saus tomat, kecap manis & irisan jeruk nipis.
    Tips:
    - Kalo susah cari cakue, pake aja tahu yang dipotong2 trus digoreng kering. Sayat tengahnya, isi adonan & kukus. Paling enak dari jenis tahu sumedang, ato beli tahu goreng siap pakai.
    - Kalo ga suka kubis bisa diganti pake kulit tahu ato kulit pangsit. Tapi gue ga suka pake kulit pangsit karna kalo dikukus jadi lembek, mendingan kulit tahu deh.
    - Slaen disajikan sebagai bakso kuah, juga bisa disajikan dengan siraman saus kacang/gado2 & kecap manis.

    Thursday, March 24, 2005

    Banana Fiesta 1.0 Edition

    Hehehe... kenapa ada 1.0 Edition yah...? Soale gue punya banyak resep kue berbahan pisang maka penulisannya gue bikin beberapa serial. Kali ini yang gue tampilin dari jenis gorengan. Kek biasa, ide2nya dari hidangan yang udah ada cuman gue modify sana sini untuk menghasilkan penampilan baru dan rasa yang unik :)

    Mini Banana Wraps
    Idenya dari pisang molen, dibikin single bitsize dengan kulit lebih tipis & renyah. Fillingnya paduan pisang, kismis & kacang. Enak disajikan saat ngumpul nonton tipi bareng, tapi awass.... cepet ludesnya hehehe...
    Bahan kulit:
    125 gr terigu protein rendah
    25 gr maizena
    2 sdm icing sugar
    ¼ sdt baking powder
    Sejumput garam
    3 sdm penuh margarin
    Air es secukupnya
    1 butir putih telur untuk olesan
    Isi:
    Pisang tanduk, iris dadu
    Kismis
    Mente sangrai, cincang kasar
    Cara:
    Buat kulit: Uleni semua bahan kering dengan margarin sambil dituangi air es dikit2 sampe jadi adonan yang lembut & kalis.
    Gilas dengan penggiling pasta dari ukuran terbesar sampe paling tipis, potong2 ukuran 4x4cm.
    Ambil selembar kulit, olesi permukaannya dengan putih telur. Letakkan di salah satu ujungnya: sepotong pisang, 1-2 butir kismis dan mente cincang. Gulung diagonal dan rapatkan ujung2nya hingga terbungkus penuh. Lakukan sampai potongan kulit habis.
    Panaskan minyak, deep fry sampai golden brown & renyah, tiriskan & angin2kan sampe dingin.
    Simpan di wadah kedap udara, siap disajikan.


    Chocobana Rolls
    Dapet ide gabungan dari apple strudle & springroll. Apel diganti pisang, dipadu coklat, kacang & sultana lalu dibungkus & digoreng ala springroll. Taburi icing sugar & bubuk kayu manis, sajikan dengan es krim vanilla, hmmm... wat a tempting dessert!
    Bahan:
    Kulit lumpia
    Minyak goreng secukupnya
    Isi:
    4 buah pisang tanduk, potong dadu
    3 sdm penuh sultana
    75 gr almond/mente sangrai, cincang kasar
    75 gr chocolate chips
    1 sdm madu
    1 sdm gula pasir
    1 sdm air jeruk nipis
    2 sdm mentega
    5 sdm air panas
    Cara:
    Buat isian, satukan dalam wajan: madu, gula pasir, air jeruk nipis & air panas.
    Panaskan dengan api kecil sambil diaduk sampe gula larut, masukkan mentega, pisang & sultana.
    Masak sampe kental & menyusut, matikan api lalu masukin mente, aduk rata. Setelah dingin masukin coklat chips, aduk rata lagi.
    Bentangkan selembar kulit lumpia, beri 2 sdm penuh adonan isi, lipat & gulung kek bikin lumpia. Kerjakan sampe adonan isi abis.
    Deep fry dengan api sedang sampe kulitnya golden brown & renyah. Sajikan hangat.


    Pisang Goreng Klasik
    Saking populernya, kue ini guampuang buangeth ditemuin dimana ajah mulei warung kopi di pinggir jalan sampe di hotel bintang lima (kalo di indo seh hehehe...). Ga smua pisang enak dibikin pisgor. Yang paling enak adalah pisang kepok, pisang tanduk & pisang barangan.
    Bahan:
    1 sisir pisang kepok yang tua (isinya 14-20 buah kali ye)
    Minyak goreng secukupnya
    Coating:
    150 gr terigu protein rendah
    50 gr gula pasir
    ¼ sdt garam
    ¼ sdt baking powder(untuk tekstur fluffy & renyah)
    Air kelapa secukupnya (kalo gaada pake aer biasa juga gpp)
    Cara:
    Buat coatingnya, aduk terigu dengan gula, garam & baking soda. Tuangi aer klapa dikit2 sambil diaduk sampe kental & licin.
    Kupas pisang, masing2 dibelah dua tapi gak sampe putus.
    Panasin minyak untuk deep fry. Lebarkan belahan pisang membentuk huruf V, celup coating & segera deep fry sampe golden brown.
    Tiriskan and transfer to paper towel sampe minyaknya terserap. Sajikan hangat.

    Variasi Penyajian Pisgor Klasik:
    1. Pisgor Vanilla
    Pada adonan coating, tambahkan vanilla extract secukupnya dan kurangi takaran gula 1 sdm. Untuk penyajiannya, taburi dengan icing sugar yang telah dicampur rata dengan susu bubuk & vanilla powder.
    2. Saus Coklat
    Cincang dark cooking chocolate. Panasin heavy cream sampe cukup panas (ga usah mendidih), matikan api then masukin coklat cincang sambil diaduk sampe coklat leleh. Diamkan sampe dingin sambil sering diaduk biar teksturnya cantik. Siramkan ke permukaan pisang goreng.
    3. Saus Vanilla
    Kocok kuning telur & gula pasir sampe pucat. Rebus heavy cream dengan api kecil sampe mendidih lembut. Angkat dari api, perlahan tuangkan ke dalam kocokan telur sambil terus dimikser dengan kecepatan tinggi sampe rata, tambahkan vanilla extract. Turunkan kecepatan jadi paling rendah, mikser terus sampe dingin (bole ngadep fan biar cepet adem).
    4. Pisgor dan Es Krim
    Sajikan pake dessert plate dengan 2 scoop es krim vanilla/coklat disampingnya
    5. Pisgor Kayumanis
    Pada adonan coating, tambahkan ½ sdt kayumanis bubuk dan kurangi takaran gula 1 sdm. Untuk penyajiannya, taburi dengan icing sugar yang telah dicampur rata dengan susu bubuk & kayumanis bubuk.

    Wednesday, March 16, 2005

    Red Meat: Rendang

    Saking kangennya dengan rendang buatan mamak temen gue, dah 2 mingguan gue jadi ngidam berat makan rendang kering. Benernya kalo mo gampang tinggal beli ajah rendang di warung/depot padang yang jumlahnya ratusan di Surabaya, tapi gue sampe sekarang gaperna nemuin yang rasanya kek bikinan blio. Akhirnya kuputuskan tuk bereksperimen di dapur mencoba2 bikin rendang kering sambil kringetan berdoa biar rasanya mirip hehehe....



    RENDANG NENDANG
    Ini asli rendang pertama buatan gue. Tambahan pekak/star anise didalamnya membuat rasa rendang ini sangat khas melayu buanget, superduper nendangnya! Dimasak sampe kering menghasilkan dedak pekat yang sangat2 gurih, wangi & legit.
    Bahan:
    1 kg daging sapi tanpa lemak & urat, potong2 searah serat biar ga gampang hancur (potongnya rada tebel yah!)
    2 liter santan dari 3 butir kelapa (diperas pake aer klapa ditambah aer secukupnya)
    2 sdt garam /secukupnya
    1 sdm air asam jawa
    200 gr kelapa sangrai kering, haluskan hingga bener2 halus & berminyak
    Rempah daun:
    1 lembar daun kunyit, cabik2 & simpulkan
    4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, sobek2
    2 batang serai yang udah dipotong 3cm dari pangkalnya, memarkan (sisihkan potongan pangkalnya)
    Bumbu halus:
    100 gr cabe merah (kalo suka pedes pake cabe kriting)
    Cabe rawit sesue slera
    10 butir bawang merah
    6 siung bawang putih
    3 cm lengkuas
    4 cm jahe
    2 buah pangkal serai ("kepala" serai yang dipotong setinggi 3 cm)
    1 sdm ketumbar, sangrai
    3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    1 sdt jintan, sangrai
    1 sdt merica butiran, sangrai
    4 buah pekak/bunga lawang/star anise (gue pake yang ramping/kecil. Kalo ada yang gede2 pake 2 biji ajah)
    Cara:
    Panaskan santan bersama rempah daun DAN PEKAK, rebus sampe mendidih sambil sesekali diaduk. Setelah pekak mulei lunak tiriskan dan haluskan bersama bahan2 bumbu lainnya.
    Masukkan bumbu halus ke dalam rebusan santan, terus didihkan 15 menit.
    Masukkan daging, air asam, kelapa sangrai halus & garam. Cuekin sampe kuah mulei berminyak & kental >>> disini aroma wangi mulei tercium, hmmm....
    Tahap berikutnya: Kecilkan api sambil diaduk2 sesekali, aduk2, aduk2, aduk2 & makin lama frekuensi pengadukan ditambah sampe kuah menyusut & berwarna gelap. Pengadukan kudu sering & tlaten biar ga gosong >>> aroma gurih mulei kluar
    Tahap berikutnya lagi: Aduk terus dengan semangat sampe kuah mengering tinggal potongan daging dengan dedak bumbunya, angkat. >>> aroma gurih legit semerbak buanget
    Sajikan dengan nasi hangat, nyaaaaammmm... duh laper lagi deh gueeee.......

    Kunci keberhasilan memasak rendang ini, kudu TLATEN & SABAR!! Prosesnya awalnya gampang, smuanya dicemplungin jadi satu tapi begitu santan mulei kental berminyak maka kudu rela nyeret kursi ngadep kompor sambil mengaduk2 rendang selama beberapa jam!! Tapi hasilnya sangat layak untuk menebus segala keletihan & kebosanan selama mengaduk2 :D:D
    Tingkat kekeringan rendang bisa disesueikan selera, ada yang suka masih berkuah merah (namanya jadi kalio daging, bukan rendang), ada juga yang demen berkuah kental dengan warna mulei kecoklatan. Tapi kalo gue, nyammm... jauh lebih demen yang kering berdedak. Rasanya nikmaaaaatt... bangedd, praktis dibawa pergi2 soale ga gampang tumpah & daya tahannya lama.

    Ini ada beberapa tips dalam memasak rendang yang nendang banget, especially untuk menghasilkan bumbu kering yang pekat, wangi & lebih banyak dedaknya:
    Sereh: potong 3cm dari pangkalnya dan haluskan bersama bumbu lain, sementara bagian batangnya tetep dimemarkan ajah kek biasa.
    Daun jeruk: buang tulang daunnya & sobek2 tanpa terputus. Setengah bagiannya ikutan dihaluskan juga, setengah lainnya dicemplungin ajah kek biasa.
    Lengkuas: Banyak resep rendang yang lengkuasnya dimemarin doang. Kalo gue, diblender abis!
    Aer klapa: Nah... amper ga perna denger kan rendang pake aer klapa? Gunakan smua aer klapa untuk meres klapanya. Santan yang dihasilkan akan lebih legit & wangi serta menghasilkan warna rendang yang pekat.
    Kunyit: Gue GAK PAKE kunyit karna warna akhirnya kurang cantik.
    PEKAK aliyas BUNGA LAWANG aliyas STAR ANISE: Ini bumbu sakti yang bikin rasa rendang jadi extremely nendang buangeeeeettthhhh.... Karna ni kembang teksturnya keras banget kek kayu, didihkan bentar bareng santan sampe mulei lembut, tiriskan & blender bareng bumbu lain.
    Kelapa Sangrai: Sangrai pake api keciiil sampe bener2 kering, haluskan (pake cobek, gabisa pake blender!) sampe bener2 halus & berminyak. Selain menambah volume dedak, juga menambah warna dan aroma gurih.
    Pengadukan: (berkali2 nih bilangnya) kudu tlaten, aduk pake sendok kayu yang tumpul. Aduk bagian kuahnya, sebisa mungkin jangan nekan dagingnya biar tetap utuh ngga hancur.

    Tuesday, March 08, 2005

    Spinach


    Bayam, merupakan jenis sayuran yang bercitarasa ringan. Biasa dibumbuin simpel kek sayur bening ato skedar jadi kuluban yang dicolek sambel. Kali ini tampilin 2 resep berbahan dasar bayam, salah satunya pake bayam jepang aliyas horenzo. Ada yang gue coba masak spicy berkuah santan dan ternyata enak banget gitu lohhh… sementara horenzonya gue masak ala chinese, dengan paduan tahu dan saus tiram. Mmmhh… sedep!


    SAYUR BAYAM BERSANTAN
    Bahan:
    1 ikat bayam, bersihkan & potong2
    2 buah jagung (agak muda), potong2
    2 buah oyong ukuran sedang, kupas & potong2
    250 gr labu air atau labu siam kupas, potong2
    700 ml santan (kekentalan sesuai selera, gue prefer agak encer)
    1 cm lengkuas, memarkan
    2 lembar daun salam
    Garam & gula pasir sesukupnya
    Bumbu halus:
    4 butir bawang merah
    2 siung bawang putih
    1 sdt ketumbar (optional)
    1/4 sdt terasi
    2 sdt lengkuas cincang
    1.5 cm kencur
    Cara:
    Campur bumbu halus dengan santan, daun salam  & lengkuas, tambahkan jagung, rebus sambil diaduk sampe mendidih.
    Masukin semua sayuran, bumbui garam & gula sesue slera.
    Masak sampe sayuran cukup matang, angkat & sajikan hangat.



    TUMIS HORENZO & TAHU SAUS TIRAM
    Bahan:
    1 ikat horenzo, potong 2cm dari akarnya, cuci & tiriskan (biarin daun+batangnya utuh)
    1 buah tahu putih, potong dadu, rendam air garam bentar & goreng kering
    Saus:
    3 siung bawang putih, memarkan & cincang
    2 sdm maggie saus tiram (kalo merk ABC kasi 3 sdm ya, soale kurang pekat)
    1 sdt kecap asin /sesue slera
    2 sdt gula pasir /sesue slera
    125 ml air matang
    2 sdt maizena, larutin dengan air dikit
    1 sdt minyak wijen
    2 sdm minyak sayur
    Cara:
    Didihkan air secukupnya, masukin horenzo. Rebus 1 menit, tiriskan & siram air es. Tiriskan lagi lalu tata diatas piring saji.
    Buat sausnya, panasin minyak sayur & minyak wijen, tumis bawang putih sampe kuning. Masukin saus tiram & kecap asin, aduk sampe berbuih, tuangi air & tahu. Didihkan 3 menit.
    Masukin larutan maizena, masak sampe kental. Angkat & siram keatas horenzo. Sajikan segera.
    Tips:
    - Horenzo jenis sayur yang cepet mateng. Kalo gaada bole diganti bokchoy, kailan mopun sawi ato kangkung. Sesuaikan lama waktu memblansir dengan tekstur sayuran.
    - Kalo ga suka tahu goreng kering, digoreng biasa juga gpp. Kalo mo pake silken tofu lebih asik lagi. Lumuri tepung dulu sebelum digoreng biar ga gampang hancur.

    Thursday, February 17, 2005

    Udang Fest

    Yummmm........ kalo udah denger kata "udang" seringkali gue ga bisa nahan diri untuk gak ngeces :D:D Udang mo diapa2in ajah slalu enak. Mo dijadiin isi lumpia, diceburin kuah sop tom yam, dibungkus daun jadi pepes, sate, stir fried, adoh... gak kuaaaattt.... Kali ini gue berbagi resep2 udang favorit gue, yang 2 adalah hasil modifikasi resep tradisional, yang satu lagi modify resep ngetop dengan sentuhan akhir yang dikit beda.


    **** TEMPURA UDANG BUMBU JAWA
    Gue adaptasi dari Gimbal Urang (Urang = Udang, bs.jawa) yaitu gorengan udang kecil2 utuh dalam adonan tepung yang dibumbui kunyit, ketumbar & daun jeruk. Versi gue, pake udang rada gedean, dibiarin berkulit, tanpa kunyit (biar warnanya lebih segar), tepungnya ga banyak2 sekedar untuk coating ajah, menambah takaran kemiri & daun jeruk, trus digorengnya seekor demi seekor. Hasilnya lebih crispy, juicy dan spicy!
    Bahan:
    250 gr udang jerbung segar, buang KULIT KEPALANYA aja, sayat punggungnya, bersihkan kotorannya, bilas & tiriskan
    1 sdm air jeruk limau
    4 sdm air matang
    4 sdm tepung terigu /secukupnya
    1/4 sdt baking powder
    Minyak goreng secukupnya
    Haluskan:
    2 siung bawang putih
    2 sdt ketumbar sangrai
    5 butir kemiri
    4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    1 sdt garam/secukupnya
    Cara:
    Aduk terigu dengan baking powder sampe rata.
    Lumuri udang dengan air jeruk, diamkan 15 menit. Bilas.
    Aduk udang dengan bumbu halus & air matang sampe rata, diamkan 1 jam di freezer.
    Keluarkan dari freezer, taburi campuran terigu dikit2 sambil diaduk rata sampe udang terlapisi adonan tipis2.
    Deep fry udang bertepung satu per satu sampai kuning & crispy. Tiriskan di paper towel, sajikan dengan colekan mayones/sambel trasi/saus sambel/tomat.
    ** Tips:
    Pilih udang sesegar mungkin biar hasilnya bagus & rasanya fresh, manis & crispy.
    Selain udang, ikan juga bisa diolah dengan cara yang sama. Fillet yang diiris fingers mopun ikan kecil2 dibiarin utuh. Alternatif lain, pilih cumi yang gede dan diiris ring.



    **** UDANG GORENG SAUS MENTEGA BAWANG
    Idenya dari Udang/Ayam Goreng Mentega yang gue modifikasi pake 3 jenis bawang. Menteganya gue masukin blakangan biar taste & tekstur sausnya lebih buttery dan ngga gitu berminyak.
    Bahan:
    300 gr udang yg sedang besarnya
    2 sdt air jeruk lemon
    ½ sdt garam
    Minyak goreng
    Saus:
    3 sdm kecap manis
    1 sdm saus tiram
    1 sdt kecap ikan
    1/4 sdt merica halus
    50 ml air matang
    2 siung bawang putih, cincang halus
    1/2 buah bawang bombay yg sedang besarnya, iris kasar
    5 tangkai daun bawang /scallion, potong2 6cm
    2 sdm margarin
    2 sdt air jeruk limau
    Cara:
    Sayat punggung udang, bersihkan kotorannya (kepala boleh dibuang atau dibiarkan), cuci bersih dan tiriskan. Lumuri air jeruk dan garam, diamkan 5 menit, goreng hingga matang. Sisihkan.
    Aduk jadi satu: saus tiram, kecap manis, kecap ikan, merica dan air matang.
    Panaskan 1 sdm minyak sisa menggoreng udang, tumis bawang putih hingga kekuningan, masukkan campuran kecap dan bawang bombay. Aduk, biarkan hingga berbuih dan kental.
    Masukkan udang dan daun bawang, aduk cepat. Matikan api, masukkan margarin. Aduk hingga seluruh margarin leleh dan merata, perciki air jeruk limau. Siap disajikan.
    ** Tips:
    Daun bawang gabisa diganti daun pre loh..!
    Daun bawang rasanya cenderung mild. Kalo mo rasa bawang yang lebih kuat, ganti daun bawang dengan lokio ato bawang batak.
    Sengaja gue masukin bombay bareng campuran kecap, bukan ditumis duluan soale gue demen bombay yang masi crunchy. Kalo pengen tekstur yang lembut & translucent, ceburin & tumis bareng bawang putih.



    **** SPICY FRIED PRAWN
    Udang goreng bumbu tradisional yang gue modify dengan finishing irisan daun bawang dan seledri untuk meningkatkan penampilan dan rasanya.
    Bahan:
    500 gr udang windu, buang kaki & "belalai"nya aja, sayat punggungnya, bersihkan. Cuci & tiriskan.
    3 tangkai daun bawang, iris halus
    1 sdm seledri cincang
    Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng
    Bumbu halus:
    3 siung bawang putih
    2 sdt ketumbar sangrai
    3 cm kunyit
    2 sdt air jeruk
    1.5 sdt garam /secukupnya
    2 sdm air matang
    Cara:
    Aduk udang dengan bumbu halus, diamkan 30 menit di kulkas.
    Panasin minyak, goreng udang berbumbu hingga matang. Tiriskan.
    Panasin 2 sdm minyak menggoreng udang, masukin sisa bumbu perendam udang, daun bawang & seledri. Aduk sampai berbutir dan agak kering, masukin udang goreng dan matikan api. Aduk cepat & rata, sajikan segera.
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...