A Shot of Me

Sunday, April 16, 2017

Granola Crumbs

Suka nyesek kalo beli granola di toko, mihiiil bingittt... Sebungkus kecil 25rebuan lebih ga sampe 10 menit uda abis dan ga kenyang samsek 😝 Bikin tukang ngemil garis keras kayak sayah ini berderai airmata kalo ngemil granola. Gak keren amat sih... uda kelaperan pake nangisin dompet pulak 😝😝😂😂😂
Pdhl bikin granola tuh gaaaaampppaaanggg segampang cuci wajan, sama sekali ngga ribet apalagi seribet nyuci juicer #curcol

Ya wes lah daripada ngrumpiin harga granola kita bikin sendiri ajaaaahh... ini nih uda jadi, bisa ngemil sepuasnya tanpa takut nangis bayar di kasir 😝


Granola Crumbs
By: Lia F. Dewi
Bahan Kering:
0.75c muesli /rolled oats *jgn pake yg instant oats
0.75c mixed dried seeds+nuts
2 tbs kelapa kering
2 tbs chia seeds
Dressing:
2 tbs palm sugar
0.25 tsp pink salt /atau garam halus biasa
2 tsp madu
1 tsp lime/lemon juice
1.5 tsp vco /atau light oil lainnya
2 sdm air
Optional (ditambahkan ke bahan kering):
1.5 tsp matcha / cocoa powder

Kalo mau extra crunchy, muesli/oats, kelapa kering dan mixed seeds/nuts disangrai dulu sampe bener2 kering.

Cara 1:
Aduk bahan dressing jadi satu sampai gula dan garam larut, campur dg semua bahan lain di mangkok besar dan diaduk sampe bener2 rata, tebarkan di loyang yg dialasin baking paper & oven dg suhu 150C sampe kering (sesekali diadukbalik supaya rata keringnya).
Dinginkan & transfer ke toples.

Cara 2:
Dianjurkan pake spatula silikon dan wajan anti lengket (saya pake keramik)
Panaskan bahan dressing di wajan biarkan berbuih hingga mulai pekat, soft ball stage (konsistensi sedikiiit lebih tipis dari gulali).
Masukkan semua bahan lain, aduk merata dg cepat & matikan api.
Dinginkan & transfer ke toples.

Komposisi diatas manisnya semilir dan agak gurih krn pakai garam.
Saya pake muesli dg campuran dried fruit & coconut flakes. Mo pake rolled oats aja juga ok. Mixed nuts+seeds saya pake almond kenari mente pumpkinseeds dan sunflowerseeds. Komposisi oats dan bahan kering lainnya sesuai selera aja, yg pasti menghasilkan sekitar 1.75 cup bahan kering sebelum dicampur dg dressing.

Oiya td saya pake cara-2 dg tambahan matcha powder buat extra flavour 😘

Sate Lilit Ikan

Beberapa kali bikin sate lilit dg resep berbeda tapi rasanya belum pas, sampe dapet contekan dari mb Camelia Raisya .
mumpung long wiken dan punya fillet ikan, bikin deh. Taraaaa... rasanya ennnakkk !! menyimak bumbu2nya, rupanya terasi yang jd rahasianya 😁

Btw saya pake terasi dari Lombok, yang hosip2nya masakan Lombok dan Bali ga akan bisa dicontek rasanya kalo ga pake terasi asli Lombok.

Oiya karena ga punya batang sereh jadi pake tusuk sate biasa. Sedikit modif: skip udang dan daun salam, kurangi takaran kelapa, menambahkan sereh ke bumbu halus.
Thanks mb Camel sharingnya, jazakillah khayr 😘

*cheating day, saya makan sate ini dg nasi dan sambel matah pakai vco 😎✌


Sate Lilit Ikan
Sedikit modif dari resep Camelia Raisya
Bahan:
300 gr fillet ikan, giling halus
1/4 butir kelapa parut (setengah tua)
Batang sereh
Bumbu halus:
2.5 cabe merah
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
3 cm kunyit
3 cm jahe
3 lembar daun jeruk
5 cm sereh bagian putihnya
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt terasi
1 sdt garam
2 sdt gula palem
1 sdm air asam jawa
Cara:
Semua bumbu dihaluskan, ditumis sampai matang.
Campur bumbu tumis, ikan giling dan kelapa parut.
Kepal di batang sereh bentuk bulat panjang, kerjakan sampai adonan habis, panggang hingga matang.

Sambel Matah, iris semua:
Bawang merah, cabe rawit, sereh (putihnya), daun jeruk.
aduk dg sejumput garam hingga bawang agak layu, tambah sedikit vco & aduk rata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...