A Shot of Me

Monday, July 25, 2005

Espresso Choco Cake

Kue ini gue buat berdasar keisengan gue :D
Suatu wiken pas lagi bengong & keabisan kue, iseng2 utak-atik resep brownies andalan yang slama ini cukup laris manis. Berhubung lagi pengen something different, something just richer and stronger than dark chocolate, kepikir nambahin kopi deh.
Setelah jadi, taraaaaaa.... bener2 rich! Espressonya brasa pada lapisan glaze di tiap lapisan kue, bikin mata ngantuk langsung melek :))
Mendadak ajah ni kue jadi paporit & langsung ketiban orderan 3 biji skaligus hihihihi... Nih, catet ya!


ESPRESSO CHOCO CAKE
A. Espresso Choco Mix:

175 gr dark cooking chocolate, cincang kasar
150 gr margarin
50 gr butter
2 sdm coklat bubuk
3 sdm kopi instan dilarutkan dengan 3 sdm air mendidih
½ sdt garam
Cara:
Tim coklat cincang sampe leleh, angkat. Masukin sisa bahan lainnya, aduk rata. Diamkan sampe smua margarin leleh, aduk sekali lagi sampe bener2 rata, sisihkan.

B. Cake:
3 butir telur
150 gr gula pasir
200 gr terigu protein sedang + 1 sdt baking powder, aduk rata
1 resep Espresso Choco Mix
100 ml susu cair >>> aku pake larutan susu kental manis
Cara:
Kocok gula & telur dengan kecepatan tinggi sampe putih & kental.
Masukkan campuran terigu, susu cair & coklat mix bertahap & bergantian sambil diaduk dengan kecepatan rendah diselingi spatula.
Tuang kedalam loyang 18 x 18 yang dasarnya telah dialasi baking sheet & dioles mentega hingga sisi2nya.
Oven 30-40 menit ato sampe mateng, keluarkan & diamkan di dalam loyang sampe dingin baru keluarkan dari loyang.

C. Espresso Choco Glaze:
200 gr dark cooking chocolate, cincang kasar
75 ml susu kental manis
50 gr margarin
3 sdm kopi instan dilarutkan dengan 2 sdm air mendidih
Cara:
Tim coklat & susu kental sampe leleh, tambahkan margarin & larutan kopi. Aduk rata & diamkan sampe mengental. Aduk2 sampe terbentuk tekstur yang siap oles. Bagi empat sama rata, sisihkan.
Tips:
Biar cepet, panci coklatnya ditaro di baskom isi pecahan es batu. Diaduk2 bentar dah kental & ready to spread deh :D

D. Espresso Syrup
50 gr gula pasir
150 ml air mendidih
3 sdm kopi instant
1 sdt esens kopi
Cara:
Aduk air, kopi dan gula hingga larut, diamkan hingga dingin. Tambahkan esens kopi, aduk rata.

E. Penyelesaian:
Belah cake jadi empat
Siapin selembar cake, perciki permukaannya dengan sirup espresso hingga lembab, oles dengan sprempat bagian espresso glaze sampe rata.
Tumpuk dengan selembar cake yang lain, ulangi step yang sama sampe cake habis & olesan habis. Hias sesue slera, masukin kulkas bentar (asal glaze-nya jadi beku) & siap disajikan.

4 comments:

rita bellnad said...

waaahhhaa.... akhirnya ketemu deh yang bikin resep .... enak lho... klo aku suka nikmatinnya ada di suhu ruangan, bukan suhu kulkasku yg jadinya terlalu keras. Di suhu yg hangat aromanya bisa keluar hmm.. en it's more tastier. wes enyak tenan... heheh...thanks yo !

Anonymous said...

Penasaran pengen coba nih, tapi hasil cakenya gmana, moist pa agak padat?

Ummu Auliya said...

kok gak ada fotona nya....

Keluarga Djoko Tjahjono said...

Mbak Lia, many thanks for ur receipts. Saya n miswa adalah penikmat kopi. Secara jam terbang bikin kue masih minim banget, brownies masih jadi andalan. Eh,nemu resep ini. Belajar pake glaze deh... nggak sia-sia nekat bikin, mantap! Jadi ketagihan nih.

Btw sweet corn jelly-nya udah sy cobain karena gampang, anak saya ( Radian 2 tahun) habis banyak. Jadi tahu deh cara nyelipin jagung di menu dia.

Ditunggu kreativitas lainnya untuk kelas pemula :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...