A Shot of Me

Saturday, August 13, 2005

Cream Puffs

Walaaahhh... sapa seh yang gak kenal kue satu ini. Kalo orang prancis bilangnya Choux, di Indo nyebutnya Kue Sus. Bikinnya gampang, habisnya juga gampang :D Dan kue ini sangat fleksibel paduannya. Bisa diisi custard, buttercream mopun gabungan keduanya, juga bisa diisi ragout. Isi custard/buttercream sendiri pun bisa dibikin varian yang lebih banyak lagi. Misal, sekedar ditaburin icing sugar, dicampurin buah2an, dilapis selai & diberi topping irisan buah, disiram coklat & ditaburin almonds.... waaakkksss... anything you can throw in :P Pas kmaren pas masi ada sisa stroberi, ya wis lah daku ikutin aja untuk memeriahkan suasana.



KULIT SUS
Bahan:

225 ml air
100 gr margarin (gue pake: Blue Band)
125 gr tepung terigu (gue pake: cakra kembar)
250 gr telur (timbang berkulit yee...)
Cara:
Masak air dan margarin dengan api sedang sampe mendidih.
Masukin terigu sekaligus sambil diaduk cepat pake sendok kayu sampe membentuk adonan yang ngga lengket di panci, matikan api dan diemin sampe adem.
Masukin telur satu persatu sambil diaduk rata dan menyatu pake sendok kayu saban selesai memasukkan sebutir telur.
Aduk sampe bener2 rata, masukin ke pastry bag. Siap semprot & bentuk sesue variasi yang diinginkan.




BUTTER CUSTARD FILLING
Oh I really love this creamy custard filling so much. Gue pake resep vanilla custard standar, cuman final touchnya gue tambahin margarin & butter untuk efek mengkilap sekaligus memperkuat citarasanya. Hasilnya... smooth & rich!
Bahan:
400 ml freshmilk fullcream (jangan lupa yang tawar loh yaa..., gue pake Ultra)
75 gr sdm gula pasir /sesue slera
¼ sdt garam
50 gr cornflour/maizena
75 ml air matang
1 butir telur, kocok lepas
3 sdm butter (gue pake: Orchid)
1 sdt vanilla essence
Cara:
Rebus fresh milk dengan api kecil sampe mulei mendidih lembut sambil sesekali diaduk pake whisker.
Sementara menunggu mendidih, larutkan maizena dengan air matang, tambahkan telur & kocok sampe rata & menyatu.
Tuang kocokan telur & maizena sekaligus ke dalam fresh milk yang mendidih, aduk cepat dengan whisker sampe rata. Aduk terus sampe adonan meletup2 & matang, matikan api.
Msukin butter & vanilla. Aduk sampe benar2 rata, dinginkan.
Masukin ke piping bag, siap disemprot deh.




STRAWBERRY CREAM PUFF
Bahan:

1 resep Kulit Sus
1 resep Butter Custard Filling
150 gr stroberi segar, iris2 membujur
Cara:
Semprot adonan sus dengan bentuk klasik ato memanjang sesue slera, oven sampe cukup kering dan berwarna kuning kecoklatan, angkat & dinginkan di rak.
Gunting kulit sus di pinggirnya jangan sampe putus, isikan beberapa irisan stroberi di dasarnya, semprotkan filling setengah penuh, beri beberapa iris stroberi lagi, semprot filling lagi sampe penuh. Hias atasnya sesue slera pake stroberi & sajikan.
Tips buat yang gak sabaran & hobi bypass (kayak gue):
Jangan mengaduk irisan stroberi langsung dengan adonan filling, hal ini akan menyebabkan filling menjadi basah & stroberinya gabisa nempel dengan baik. Isikan dengan cara diatas sedekat mungkin dengan waktu penyajian.



STRAWBERRY LAYERED PUFFS
Bahan:

1 resep Kulit Sus
1 resep Butter Custard Filling
150 gr stroberi segar, iris2 membujur
Cara:
Semprot adonan kulit sus berbentuk bundar tipis diameter 10-15 cm diatas parchment paper, buat beberapa pasang lalu oven sampe cukup kering berwarna kuning kecoklatan. Angkat & dinginkan di rak.
Ambil selembar, balikkan dan olesi stroberi jam lalu semprot adonan filling merata.
Susun irisan stroberi menutupi filling, tutup dengan selembar lainnya.
Selanjutnya bisa langsung disajikan dengan taburan gula halus ato diolesi filling & dihias irisan stroberi lagi.




ECLAIRS
Bahan:

1 resep Kulit Sus
1 resep Butter Custard Filling
Coating, tim sampe leleh & aduk rata:
150 gr DCC cincang (gue pake: Collata dark compound)
3 sdm whipping cream cair (gue pake: Anchor)
2 sdm butter (gue pake: Orchid)
Cara:
Bentuk adonan kulit sus dengan spuit polos memanjang 6-7 cm, oven sampe cukup kering dan berwarna kuning kecoklatan, angkat & dinginkan di rak.
Setelah dingin gunting pinggirnya (jangan sampe putus), isi dengan filling. Kerjakan sampe kulit sus & isinya abis.
Final touch, jungkirin & celup permukaan sus ke DCC leleh, letakkan di rak & diemin sampe coklat membeku.
Tips:
Sebelum membeku bisa diberi beberapa keping irisan almond.
Kalo gue (yang gak sabaran :P), setelah kulit sus diisi filling segera masukin friser skitar 15-20 menitan (sampe kulitnya adem), baru trus dijungkirin & c’lupin ke DCC leleh & taruh di rak. Dalam waktu singkat DCC akan segera beku.

2 comments:

peni respati said...

jeng, resep custard fillingnya pengen aku cobain deh buat filling cake [macam gateaux africain]. cuman nanya nih, bisa awet brp lama yaa. ato ada saran nggak yah biar custardnya tahan lama, mmh gak pake telor ato susu kah?

Dian said...

halo mbak, whisker yang dipakai di atas sama dengan milk whisker yang bisa untuk bikin cappuccino bukan? boleh minta informasi tempat pembelian dan kisaran harganya? makasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...