A Shot of Me

Thursday, December 01, 2005

Nasi Krawu Gresik ala Lia

Ini masakan khas dari Gresik selain Otak-Otak Bandeng. Istilah Krawu, kalo di lain daerah adalah semacam sayuran rebus yang diurap dengan kelapa berbumbu, nah kalo Krawu-nya Gresik beda. Yang diurap dengan kelapa bukan sayur rebus, tetapi daging sapi dan babat. Daging dan babat yang dibacem dengan aneka bumbu dan santan hingga meresap, warnanya coklat, sangat empuk sampe menjadi suwiran kasar dengan sendirinya, di tahap akhir ditambahkan kelapa sangrai. Ada pengaruh Madura disini, melalui poyah kelapa kuning yang disajikan sebagai condiment bersama sambal terasi, jadi dalam satu sajian ada dua warna poyah kelapa, kuning dan coklat (dari Krawu-nya). Rasanya? Sedap, gurih sekaligus legit. Silakan simak resep Nasi Krawu versi DapurGue berikut ini ;)
Owiyah, resep ini dengan asumsi pake panci presto yah...


NASI KRAWU GRESIK ala Lia
Bahan:

500 gr daging sapi (gandik), potong2 melebar setebal 1cm searah serat (kalo suka bisa dikombinasi dengan babat yang udah dibersihkan dan diblansir)
700 ml air (tambah secukupnya kalo tanpa panci presto)
1 sdt garam
2 lembar daun salam
1 batang serai, *gubraaakkk...* digeprak
200 ml santan kental
¼ butir kelapa setengah tua (parut memanjang & sangrai pake api keciiil sampe kering kecoklatan)
Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm lengkuas (asumsi diameter sekitar 2 cm)
3 cm kunyit (asumsi diameter sekitar 1.5 cm)
1 sdm ketumbar
5 butir kemiri
1/3 sdt asam jawa
2 sdm gula merah ato sesue slera
1½ sdt garam ato sesue slera
Pelengkap:
Nasi putih anget
Poyah Kelapa Kuning
Sambel terasi
Lalapan (mentimun, kemangi, kacang panjang, kubis) >> versi asli gak pake lalapan
Cara:
Masukin potongan daging, air dan garam ke dalam panci presto. Proses selama 15 menit terhitung dari waktu berdesis. Matikan dan diamkan hingga tekanannya habis.
Pisahkan kaldunya, takar sebanyak 250 ml, Simpan sisa kaldu untuk keperluan lain.
Masukkan 250 ml kaldu kembali ke dalam panci bersama potongan daging, tekan2 potongan daging dengan sendok kayu sampe memar.
Tambahkan bumbu halus, daun salam, dan serai. Proses sekali lagi selama 10 menit terhitung dari waktu berdesis. Matikan dan diamkan hingga tekanannya habis.
Buka tutup panci, tuangi santan kental. Masak dengan api kecil dan tutup terbuka sambil sesekali diaduk sampai kuah mulei menyusut (jangan kuatir kalo dagingnya jadi koyak2, inilah ciri khasnya Krawu Gresik).
Setelah kuah mulei menyusut masukin kelapa sangrai. Aduk2 sampe rata dan meresap, matikan api. Siap disajikan dengan pelengkapnya.

Tips kalo gak pake panci presto:
  • Perlu beberapa kali ditambah air pada perebusan pertama hingga daging empuk. Rebus dengan api kecil aja dalam kondisi tertutup rapat. Tambahkan air panas kalo kaldu menyusut tapi daging belum empuk.

  • Tambah takaran kaldu yang dipake saat perebusan kedua (bersama kaldu dan bumbu2) hingga sekitar 500 ml, tetap dengan api kecil dan panci tertutup.

  • Pada perebusan ketiga, takaran santan gak perlu ditambah ya...

  • Kalo pengen bypass biar cepet empuknya bisa aja pake daging has dalam, tapi jadinya kurang nendang karena daging has terlalu lembut untuk masakan sejenis krawu. Paling enak emang GANDIK...!


  • Poyah Kelapa Kuning
    Bahan:

    200 gr kelapa setengah tua, parut memanjang, jemur sampe rada kering
    1 siung bawang putih
    ½ sdt garam
    1 cm kunyit
    2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    Cara:
    Haluskan semua bumbu, aduk dengan kelapa parut sampe rata, sangrai dengan api keciiil sampe bener2 kering, matikan api. Transfer ke wadah lain, diamkan sampe dingin lalu simpan di toples.

    6 comments:

    matthewprehiem3539 said...

    I read over your blog, and i found it inquisitive, you may find My Blog interesting. My blog is just about my day to day life, as a park ranger. So please Click Here To Read My Blog

    ab69 said...

    sekedar silaturahmi aja mas..semoga sesama blogger saling silaturahmi..dan menjalin persaudaraan

    andhie said...

    wah istri saya suka lho baca2 resep mbak..
    semoga semakin lengkap saja resep2 indonesianya..

    airawan said...

    izin share ya mbak
    terima kasih :)

    airawan said...

    mbak bisa lihat disini untuk keaslian artikel-nya:
    Nasi Krawu Bu Rida Surabaya

    Thanks :)

    Anonymous said...

    mbak lia salam kenal ya mbak,mau minta ijin praktek resepnya,karena udah 8 thn nggak makan ini nasi ,trus mau tanya kalau bikin poyah yg coklatnya& sambel trasinya yg hitam pedes itu gimana mbak?bisa minta resepnya dong mbak,
    Trimakasih,

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...