A Shot of Me

Tuesday, July 12, 2005

Recipe Review, Fudgy ChocoChips Cookies

Recipe Source: Arfi Binsted, New Zealand
Resep ini gue dapet dari nodong Mbak Arfi di milis resepkita, karena penasaran banged dengan chocochips cookies yang legit & chewy kayak Mrs. Fields punya. Setelah gue praktekin, hmmm..... rasanya coklat banged! Chewy & fudgy persis punya Mrs. Fields loh! Beberapa bahan gue modifikasi sesue ketersediaan bahan di skitar gue, tapi rasanya tetep seru! Agar lebih gampang nakarnya, ukuran cups di resep Mbak Arfi gue convert to grams. Bikinnya gampang banget, cepet & insyaAllah pasti jadi buat pemula sekalipun. Ga pake mixer, telurnya pun sebiji doang, juga ga repot2 menggilas & mencetak.
Berikut ini resep yang udah gue modifikasi.


FUDGY CHOCOLATE CHIPS COOKIES
Bahan:
100 gr margarin + 75 gr butter (gue pake: Orchid)
150 gr palm sugar
1 sdt vanilla essence (kadang2 gue ga pake)
1 butir telur (sekitar 60-70 gram)
½ sdt garam
Aduk rata:
250 gr tepung terigu protein rendah
½ sdt baking soda
250 gr coklat chips (gue pake: Collata compound chips yang bentuk drops)
Cara:
Letakkan di mangkuk stainless: margarin, mentega, palm sugar & garam. Panasin dengan api kecil sambil diaduk sampe leleh & gula mulei larut sebagian. Angkat & diamkan sampe hangat.
Masukin telur, kocok sampe rata & gula larut. Masukin campuran terigu bertahap sambil diaduk pake whisker diselingi spatula sampe rata.>> jangan heran kalo konsistensinya cenderung kental & lengket, bukan padat seperti umumnya adonan cookies
Dengan sendok teh, sendokkan ke atas loyang yang udah dialasi baking sheet dan panggang 12 menit (permukaan kue kalo disentuh masih lembut). BENER2 12 MENIT, JANGAN KURANG ATO LEBIH YA!
Biarkan sebentar di atas loyang sampe hangat, transfer ke rak kawat sampe dingin baru disimpen di toples.
Tips:
Simpen di kulkas bikin rasanya lebih nyess...
Biar lebih rame tambahin mente-sangrai-cincang, perbandingan 50:50 dengan takaran coklat chips
Kalo pengen lebih nyoklat, tambahin 2 sdm coklat bubuk saat melelehkan mentega+gula palem.

---- The Original Version ----
Bahannya:
175 g mentega, dilelehkan
1 cup brown sugar
¼ cup gula putih (saya ga pake gula putih karena kue jadi terllau manis untuk ukuran keluarga dan membuat kue lebih keras)
1 sdt vanilla essence
1 butir telur
2 cups tepung terigu
½ sdt baking soda
½ sdt garam
1 ½ chocolate chips (saya gunakan Nestle Milk Chocolate drops)
Caranya:
1.Panaskan oven suhu 170°C.
2.Kocok dengan whisker leleh mentega yang udah agak dingin dengan gula, vanilla essence dan telur.
Masukkan tepung terigu, baking soda, garam, dan terakhir chocolate chips.
3.Sendokkan ke atas loyang yang diolesi mentega (saya pakai kertas roti supaya ga terlalu banyak menggunakan
mentega) dan panggang selama 12 menit.
4.Biarkan sebentar di atas loyang dan kemudian letakkan di atas rak supaya betul-betul mengeras.

4 comments:

ummurifqi said...

mba lia...
baking sheet itu seperti apakah?
kalau misal pake kertas roti bisakah?

Lia said...

iyah maksutnya kertas ruti ituh mbak... :D

santi said...

mbak lia, tadi waktu ngoven kok keluar minyak banyak ya?apa salah waktu melelehkan menteganya terlalu lama?atau salah suhu ovennya?suhu oven harus berapa?apa seperti ngoven cake?atau api kecil?saya pake otang nih mbak
thanks

Nadiyah Tunnikmah said...

Mbk Lia, salam kenal ya.. aku suka isi blognya..yg fudgy choco chip cookiesnya udah dicoba..enak banget dan gampang, anakku senang banget..aku juga pernah nyoba resep ini dgn variasi sendiri, sebagian tepung terigunya aku ganti Tepung sagu..trims ya.. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...