A Shot of Me

Wednesday, August 10, 2005

Strawberry Cream Sponge

Aiihh... stroberi lagiiii... Iya nih, masi ada sisa stroberi di kulkas. Mmm... enaknya diapain yah. Coba2 aja bikin sponge cake & kue sus trus ditambahin stroberi segar. Hasilnya, dengan resep & bahan sederhana ternyata tambahan stroberi yang asem2 segar bikin penampilan & rasanya “mahall” bo’ !!



STRAWBERRY CREAM SPONGE
Neg & bosen dengan “pasangan klasik” cake+buttercream? Tambahan stroberi cincang di sela2 belahan sponge cake berlapis buttercream nan legit, plus topping yang lots of stroberi, menjadikan surprise tersendiri di tiap gigitan. Fresh & Fun !!

Sponge Cake
Bahan:

3 butir telur @ 60 gr
150 gr gula pasir (bole ditambah kalo suka manis)
1 sdt cake emulsifier
1 sdt vanilla essence
75 ml fresh milk
50 gr margarin + 25 gr butter
¼ sdt garam
150 gr terigu + ½ sdt baking powder, ayak jadi satu
Cara:
Panasin fresh milk (gausah sampe mendidih), matiin api & masukin margarin+butter. Aduk2 sampe leleh, sisihkan.
Kocok telur & gula sampe ngembang, masukin vanilla essence & emulsifier, kocok terus sampe pucat & kental. Matiin mixer.
Bertahap masukin terigu & campuran susu secara bergantian sambil diaduk pake whisker dari bawah keatas sampe rata & menyatu. Tuang ke loyang 18x18 yang udah dialas kertas & dioles margarin. Oven sekitar 30 menit ato sampe mateng.
Kluarin dari oven, diemin 2-3 menit, kluarin dari loyang & biarin sampe adem. Siap dikasi filling & dihias sesue slera.

Strawberry Filling, aduk sampai rata:
150 gr strawberry jam
100 ml air panas
50 gr strawberry, bersihkan & cincang/iris kecil2
Buttercream, kocok jadi satu sampe lembut & ringan:
100 gr shortening
50 gr margarin
50 gr unsalted butter
3 sdm susu bubuk
75 ml susu kental manis
75 gr icing sugar (bisa ditambah kalo suka manis)
Kalo merasa konsistensinya kurang thin, bisa ditambah simple syrup saat mengocok
Topping:
200 gr fresh strawberry, bersihkan & iris2 membujur

Penyelesaian:
Bagi filling jadi dua bagian, buttercream jadi empat bagian.
Belah sponge cake jadi 3. Ambil selembar cake (paling bawah), olesi satu bagian filling merata, lapisi satu bagian buttercream & ratakan.
Tumpuk selembar cake bagian tengah, ulangi melapis 1 bagian filling & 1 bagian buttercream sekali lagi, tutup dengan lembar cake paling atas.
Oles sisa buttercream menutupi seluruh permukaan & sisi cake, hias dengan menempelkan irisan strawberry menutupi seluruh permukaan & sisi2 cake.
Simpan di kulkas sekitar 4 jam, potong2 & sajikan.

2 comments:

Wan Mastura Endut said...

Assalamualaikum Alya, (anak sulung saya juga namanya Alya,umur 12 tahun)cantik sungguh kek stroberi tu...dan rajin betul Alya buat blog. Very impressive!! Saya baru mau belajar buat blog...

Kak Mas

Lia said...

Wa'alaikum salam Kak Wan... :) (bener nggak ya manggilnya "Wan"). Makasih ya udah mampir kesini. Saya udah mampir liat koleksi foto Kak Wan, cantik-cantik lho kuenya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...