A Shot of Me

Saturday, September 24, 2005

Rawon

Syapah seehh... orang Surabaya yang ngga doyan rawon? Masakan khas Jawa Timur ini punya penggemar yang banyak. Hampir tiap daerah di Jawa Timur punya resep rawonnya sendiri2. Nah yang disini nih yang khas Surabaya :D
Versi aslinya Rawon Surabaya lebih gelap & pekat dari daerah laen karena pake banyak keluak (sampe 8-10 biji), tapi gue lebih suka rada enceran dikit jadi gue kurangin. Buat yang suka pekat silakan tambah keluaknya.

RAWON
Bahan:

500 gr daging (paling enak bagian sandung lamur), potong2 dadu
1.5 liter air
2 batang sereh, geprak
3 cm lengkuas, geprak
5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
2 sdt air asam
Garam & gula pasir secukupnya
4 tangkai daun bawang, bersihkan & potong 2-3cm
4 sdm minyak sayur untuk menumis
Bumbu halus:
2 buah cabe merah
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 sdt ketumbar sangrai
½ sdt jintan sangrai
2 cm kunyit
2 cm jahe
1 cm kencur (optional)
4-5 buah keluak yang bagus, ambil dagingnya aja ya
Pelengkap:
Taburan bawang goreng
Sambel terasi
Taoge pendek yang udah dibersihkan
Krupuk udang
Telur asin
Cara:
Rebus air sampe mendidih.
Sementara nunggu mendidih panasin minyak, tumis bumbu halus, sereh, lengkuas dan daun jeruk sampe wangi dan pekat.
Masukin potongan daging & air asam, aduk2 sambil terus ditumis sampe daging berubah warna dan kaku.
Masukin tumisan ke dalam air yang sedang mendidih, tambahin garam & gula pasir, tutup & kecilin api. Masak sampe daging menjadi empuk (kalo kuahnya brasa kurang, tambah sendiri ya).
Setelah daging empuk, masukin irisan daun bawang. Aduk rata & didihkan sekali lagi, angkat.
Sajikan hangat dengan nasi putih dan pelengkap.
Note:
Rawon lebih enak kalo dimasak sehari sebelum disajikan. Bumbunya meresap sempurna, uaaahhh... enaaaakkkk....!

5 comments:

retma-haripahargio said...

Oooh, rahasianya ituw to mbak Lia. Dibikin sehari sebelonnya? Iyah... keknya klow baru bikin ituw, kadang gimana.... rasanya. Kurang "nendang". hehehehe :D

relina wahyu said...

alo mba..
salam kenal ya..
aku rere, ibu 2 anak yg msh imoet, hehe.. lg mulai belajar masak, krn suamiku suka nge request macem2 n aku sendiri juga doyan makan enak hihihi.. tp kebisaan masaknya sangaaaat terbatas! nyontek resepnya ya mba.. tengkyuu :-D

anan said...

Minta rawon nya mbak...... :)

Lia said...

@anan, monggo mampir ke rumah, silakaannnn :)

my wonderful fam said...

aku kalo buat rawon mesti ada yang kurang, bumbu nya banyak banget, mesti ada yg ketinggalan :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...