A Shot of Me

Wednesday, August 10, 2005

Sayur Asem

Segernya makan sayur asem di musim panas, plus sambel terasi dan ikan asin :D Laper dan laper terus dah...! Kali ini gue sajikan Sayur Asem bersama Tiram Goreng Telur, kurang apa coba...!



SAYUR ASEM
Bahan:

200 gr kacang panjang, potong2
150 gr krai/mentimun suri, kupas & potong2 (bisa diganti labu siam)
800 ml kaldu
1 buah asam muda (kalo kecil2 bisa pake 2-3)
1 buah cabe merah, ulek kasar
2 cm lengkuas, memarkan
Bumbu halus:
4 buah bawang merah
1 siung bawang putih
2 sdt garam
1 sdt gula pasir /sesue slera
1/2 sdt terasi
Cara:
Didihkan kaldu, masukin asam muda. Rebus sampe asam lunak, angkat asamnya lalu tekan2 sampe kulitnya terkelupas. Buang kulitnya, masukin daging buah asam kembali ke kaldu bersama bumbu halus, lengkuas & cabe merah, didihkan 5 menit & masukin sayuran. Kecilkan api & tutup rapat, rebus sampe matang.
Angkat & sajikan hangat.

2 comments:

Cici said...

Salam kenal mbak Lia. Resep2nya bikin ngiler nih. Mau nanya kalo nggak ada asam muda diganti apa ya?

Lia said...

Hi Cici, pakabar, lam kenal juga ya.
Kalo gaada asem muda bisa pake asem biasa tapi ambil sarinya ajah yah, kasi air dikit, diremas & disaring. Soale kalo dicemplungin asem utuh tar warnanya makin lama makin nyoklat dan keruh.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...