A Shot of Me

Thursday, February 17, 2005

Udang Fest

Yummmm........ kalo udah denger kata "udang" seringkali gue ga bisa nahan diri untuk gak ngeces :D:D Udang mo diapa2in ajah slalu enak. Mo dijadiin isi lumpia, diceburin kuah sop tom yam, dibungkus daun jadi pepes, sate, stir fried, adoh... gak kuaaaattt.... Kali ini gue berbagi resep2 udang favorit gue, yang 2 adalah hasil modifikasi resep tradisional, yang satu lagi modify resep ngetop dengan sentuhan akhir yang dikit beda.


**** TEMPURA UDANG BUMBU JAWA
Gue adaptasi dari Gimbal Urang (Urang = Udang, bs.jawa) yaitu gorengan udang kecil2 utuh dalam adonan tepung yang dibumbui kunyit, ketumbar & daun jeruk. Versi gue, pake udang rada gedean, dibiarin berkulit, tanpa kunyit (biar warnanya lebih segar), tepungnya ga banyak2 sekedar untuk coating ajah, menambah takaran kemiri & daun jeruk, trus digorengnya seekor demi seekor. Hasilnya lebih crispy, juicy dan spicy!
Bahan:
250 gr udang jerbung segar, buang KULIT KEPALANYA aja, sayat punggungnya, bersihkan kotorannya, bilas & tiriskan
1 sdm air jeruk limau
4 sdm air matang
4 sdm tepung terigu /secukupnya
1/4 sdt baking powder
Minyak goreng secukupnya
Haluskan:
2 siung bawang putih
2 sdt ketumbar sangrai
5 butir kemiri
4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1 sdt garam/secukupnya
Cara:
Aduk terigu dengan baking powder sampe rata.
Lumuri udang dengan air jeruk, diamkan 15 menit. Bilas.
Aduk udang dengan bumbu halus & air matang sampe rata, diamkan 1 jam di freezer.
Keluarkan dari freezer, taburi campuran terigu dikit2 sambil diaduk rata sampe udang terlapisi adonan tipis2.
Deep fry udang bertepung satu per satu sampai kuning & crispy. Tiriskan di paper towel, sajikan dengan colekan mayones/sambel trasi/saus sambel/tomat.
** Tips:
Pilih udang sesegar mungkin biar hasilnya bagus & rasanya fresh, manis & crispy.
Selain udang, ikan juga bisa diolah dengan cara yang sama. Fillet yang diiris fingers mopun ikan kecil2 dibiarin utuh. Alternatif lain, pilih cumi yang gede dan diiris ring.



**** UDANG GORENG SAUS MENTEGA BAWANG
Idenya dari Udang/Ayam Goreng Mentega yang gue modifikasi pake 3 jenis bawang. Menteganya gue masukin blakangan biar taste & tekstur sausnya lebih buttery dan ngga gitu berminyak.
Bahan:
300 gr udang yg sedang besarnya
2 sdt air jeruk lemon
½ sdt garam
Minyak goreng
Saus:
3 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap ikan
1/4 sdt merica halus
50 ml air matang
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay yg sedang besarnya, iris kasar
5 tangkai daun bawang /scallion, potong2 6cm
2 sdm margarin
2 sdt air jeruk limau
Cara:
Sayat punggung udang, bersihkan kotorannya (kepala boleh dibuang atau dibiarkan), cuci bersih dan tiriskan. Lumuri air jeruk dan garam, diamkan 5 menit, goreng hingga matang. Sisihkan.
Aduk jadi satu: saus tiram, kecap manis, kecap ikan, merica dan air matang.
Panaskan 1 sdm minyak sisa menggoreng udang, tumis bawang putih hingga kekuningan, masukkan campuran kecap dan bawang bombay. Aduk, biarkan hingga berbuih dan kental.
Masukkan udang dan daun bawang, aduk cepat. Matikan api, masukkan margarin. Aduk hingga seluruh margarin leleh dan merata, perciki air jeruk limau. Siap disajikan.
** Tips:
Daun bawang gabisa diganti daun pre loh..!
Daun bawang rasanya cenderung mild. Kalo mo rasa bawang yang lebih kuat, ganti daun bawang dengan lokio ato bawang batak.
Sengaja gue masukin bombay bareng campuran kecap, bukan ditumis duluan soale gue demen bombay yang masi crunchy. Kalo pengen tekstur yang lembut & translucent, ceburin & tumis bareng bawang putih.



**** SPICY FRIED PRAWN
Udang goreng bumbu tradisional yang gue modify dengan finishing irisan daun bawang dan seledri untuk meningkatkan penampilan dan rasanya.
Bahan:
500 gr udang windu, buang kaki & "belalai"nya aja, sayat punggungnya, bersihkan. Cuci & tiriskan.
3 tangkai daun bawang, iris halus
1 sdm seledri cincang
Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng
Bumbu halus:
3 siung bawang putih
2 sdt ketumbar sangrai
3 cm kunyit
2 sdt air jeruk
1.5 sdt garam /secukupnya
2 sdm air matang
Cara:
Aduk udang dengan bumbu halus, diamkan 30 menit di kulkas.
Panasin minyak, goreng udang berbumbu hingga matang. Tiriskan.
Panasin 2 sdm minyak menggoreng udang, masukin sisa bumbu perendam udang, daun bawang & seledri. Aduk sampai berbutir dan agak kering, masukin udang goreng dan matikan api. Aduk cepat & rata, sajikan segera.

1 comment:

vici-mauritius said...

Salam kenal mbak Lia. Boleh minta resep gimbal udang yang asli nggak? Saya lagi nyari resep yang hasil akhirnya renyah kalo digigit kres kres gitu. Terima kasih sebelumnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...