A Shot of Me

Friday, January 24, 2014

Telur Bumbu Petis (Gaya Madura)

Telur Bumbu Petis merupakan item wajib dari satu set menu Lontong Cap Go Meh ala Jawa Timuran. Di luar jawa timur mungkin masakan ini bisa disajikan sebagai menu biasa tetapi di keluarga saya menu ini hanya tersedia saat kita bikin lontong cap go meh.
Ada banyak versi telur bumbu petis, umumnya warnanya kecoklatan (sebagai efek dari petis udang) dengan bumbu yang lekat. Versi Surabaya/Madura warnanya kuning karena pake kunyit, rasanya juga khas sekali karena pake petis ikan bukan petis udang. Sedap dan gurih, dengan aksen udang kupas kecil2. Saya lebih suka versi telur bumbu petis dengan petis ikan ini. Monggo dicobain :)

PETIS LADING (aka. TELUR BUMBU PETIS)
By: Alya's Kitchen
Masak semalam sebelum hari-H biar bumbu meresap sempurna kedalam telur
Bahan:
10 butir telur rebus kupas
150 gr udang kupas
500 ml santan encer
250 ml santan kental
7 batang daun bawang (spring onion), potong2 sepanjang 2cm
3 buah cabe merah, iris serong (jangan terlalu tipis supaya tidak hancur)
Cabe rawit secukupnya, buang tangkainya & biarin utuh
5 siung bawang putih, iris kasar
2-3 sdm petis ikan, cairkan dengan sedikit air
Garam & gula merah secukupnya
Minyak sayur secukupnya untuk menumis
Rempah:
5 lembar daun jeruk, sobek2 tanpa terputus
1 batang sereh, geprak
4 cm lengkuas, geprak
Bumbu Halus:
2 cm jahe
4 cm kunyit
4 cm temu kunci
3 butir kemiri
Cara:
Panasin minyak, tumis bawang putih sampe wangi.
Masukin bumbu halus dan rempah2, tumis dengan api kecil sampe bumbu matang dan menyusut.
Tambahkan udang kupas dan cabe merah, tumis sampe udang kaku dan berubah warna lalu tambahkan petis ikan. Lanjutkan menumis hingga menyatu.
Tuangi santan, masukin telur, cabe rawit, garam dan gula merah. Masak dengan api kecil sambil sering diaduk2 biar ngga pecah. Masak sampe bumbu meresap dan kuah menyusut setengah.
Tambahkan santan kental, didihkan kembali dan lanjutkan memasak 10 menit.
Masukin daun bawang, aduk rata lalu angkat. Siap disajikan.

Monday, January 20, 2014

Sate Padang (Slipi Raya wannabe)

Sate Padang bukan sate yang ngetop di Surabaya apalagi jika dicompare dengan sate madura. Ngga banyak yang jual sate padang bahkan bisa dibilang jarang sekali tidak seperti di Jakarta yang banyak bertebaran penjual sate padang. Pertama saya makan sate padang di warung kaki lima dekat Pasar Turi Lama, surprise dengan rasanya. Sausnya mirip bubur, spicy sekali, dengan sate berupa potongan daging & lidah sapi yang kaya rempah dan disajikan bersama ketupat. Doyannnn banget...! Setelah itu mulailah petualangan mencari sate padang dimulai. Saya ketagihan, dari semua penjual sate padang di Sby yang tidak banyak itu saya hampir uda coba semua. Kalo ke Jkt bahkan saya bisa setiap hari makan sate padang hehehe... karena saya seringnya nginep di kawasan slipi/petamburan yang gak jauh dari Tanah Abang. Favorit saya sate padang di RM Sederhana baik Sby maupun Jkt. Khusus di Jkt saya suka di resto padang Slipi Raya yang deket hotel santika slipi. Di nota yang kita dapat dari kasir tertulis RM Sederhana Slipi Raya, sempet saya bertanya kok namanya ada embel2 Sederhana juga (gak jauh dari resto ini juga ada franchise RM Sederhana yg bertebar dimana2). Dijelaskan oleh abang kasir dan para waitress bahwa dulunya memang ini RM Sederhana, kadang2 orang nyebut RM Sederhana Lama sampai akhirnya pecah kongsi ada yg menjadi franchise RM Sederhana Slipi tetapi pengelola resto lama ini mengalah dan menghapus nama Sederhana dari papannya, menjadi resto Slipi Raya :(
Well.... kok jadi crita2an tentang RM Sederhana yaa... hihihihi... Back to Sate Padang yessss....
Jadiii... karena ketagihan ama sate padang saya bereksperimen sendiri di dapur. Dulu saya uda perna bikin resep sate padang yang sempat saya share ke temen2 dan saya latbarkan di FoodMonster. Resep itu saya buat ketika belum kenal sate padang versi RM Sederhana Slipi Raya. Setelah mengenal RM Sederhana Slipi Raya dengan terpaksa saya utak-atik lagi sedikit komposisinya karena saya memuja sate padang RM Sederhana Slipi Raya :))


SATE PADANG
By: Alya's Kitchen
Bahan:
600 gr lidah sapi
Tepung beras secukupnya
Tusuk sate secukupnya
Minyak untuk menumis
Bumbu halus:
6 buah cabe merah
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 sdt ketumbar butiran sangrai sebentar
2/3 sdt jintan sangrai sangrai sebentar
5 cm kunyit
3/4 sdt merica butiran sangrai sebentar
3 cm lengkuas muda
1 sdt garam/secukupnya
Rempah :
1 btg sereh geprak
3 cm jahe geprak
5 lbr daun jeruk
1 lbr daun kunyit, sobek2 dan simpulkan
Pelengkap:
Ketupat, bawang goreng
Cara:
Didihkan air, masukkan lidah, kecilkan api dan tutup rapat. Rebus setengah jam.
Tiriskan lidah, buang airnya. Kupas kulit lidah, potong dadu atau sesuai selera.
Tumis bumbu halus dan rempah dengan api kecil hingga matang dan menyusut. Campurkan ke potongan lidah, diamkan kuarang lebih 30 menit.
Didihkan 3 gelas air, masukkan campuran lidah dan bumbu. Rebus dengan api kecil dan tertutup rapat hingga empuk.
Buka tutupnya, lanjutkan memasak dengan api medium selama 15-20 menit, matikan api & dinginkan.
Tiriskan irisan lidah, sisihkan kaldu perebusnya. Susun 4 potong lidah di setiap tusuk sate.
Rebus kembali kaldu sambil dikentalkan dengan tepung beras.
Bakar sate dengan arang, sajikan dengan ketupat dan disiram saus kaldu yang masih panas dan taburan bawang goreng.

Sate Ayam Goreng

Well, ini ayam goreng tapi dibentuk sate. Atau... ini sate tapi digoreng seperti ayam goreng. Nah... binun yak.. Aslinya seh lagi pengen bikin sate tapi males ribet dengan asap bakar membakar. Dulu underestimate ajah dengan sate yang digoreng hihihihii... kalo ga niat bikin sate ya ga usa bikin gitu, daripada jadi aneh. Eh tapiiii... sejak nyicip sate ayam goreng yang sering hadir di menu buffetnya Santika Premiere (Slipi), sukaaa dehh.. saban nginep disana si sate goreng ini jadi salah satu yg saya cari di bagian menu tradisional. Benernya rasanya sih standar ayam goreng, tapi bumbunya enak ngga lebay, juga pake fillet paha ayam yang empuk juicy, dan dibentuk sate bikin saya gak sadar abis banyak. Karena sate adalah snack bagi saya...! Woohoooo.... :)):)):))

Buat ibu2, sate ayam goreng ini juga pasti disukai anak2 loh... :)

SATE AYAM GORENG
By: Alya's Kitchen
Bahan:
350 gr fillet paha ayam, potong dadu
Tusuk sate sepanjang 15cm
Minyak untuk menggoreng
Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 sdt ketumbar butiran
1 cm kunyit
1.5 sdt gula pasir
1/2 sdt garam /secukupnya
3 sdm air
Kocok Lepas:
1 butir telur
sejumput garam halus
2 sdm susu cair
Cara:
Aduk potongan fillet dengan bumbu halus, diamkan 15 menit hingga meresap
Susun setiap 4-5 potong di sebilah tusuk sate, kerjakan hingga habis.
Panaskan minyak di wajan. Sambil menunggu minyak panas balur sate mentah dengan kocokan telur hingga rata.
Masukkan beberapa tusuk sate ke wajan satu demi satu supaya tidak saling menempel, goreng dengan panas medium hingga matang, tiriskan.
Siap disajikan dengan saus sesuai selera.
Note:
Saya suka pake saus tartar atau sambel matah *versi gak pedes*

Rendang Manis Hati Ayam

Uda lama banget ga masak dengan rempah meruah, tiba2 jadi kangen dengan masakan yang spicy *tapi ga pedes*. Inspeksi isi friser yang mulai longgar, ada hati dan jantung ayam, bumbu giling sambal goreng, ga ada santan hanya ada sisa poyah kelapa yang uda ditumbuk sampe nyoklat berminyak. Hmmm... tring tringg... terbersit ide coba2 memasak hati ayam dengan rasa spicy gurih ala rendang namun diberi sentuhan kecap manis ala jawa. Hasilnya....? Ennnaaakkk bangeeetttsss pemirsa...!!! Paduan rasa sedikit manis, spicy namun ga terlalu berat karena tidak bersantan, juga tidak pedas, memungkinkan masakan ini disukai oleh anak-anak :)

RENDANG MANIS HATI AYAM
By: Alya's Kitchen
Bahan:
500 gr hati dan jantung ayam yg telah dibersihkan
2 sdm penuh pasta poyah kelapa (kelapa parut disangrai sampe kecklatan kering, ditumbuk sampai lekat berminyak seperti pasta)
1-2 sdm kecap manis
1 sdm air asam
garam secukupnya
Minyak untuk menumis
Rempah:
1 buah pekak, memarkan
5 lembar daun jeruk, sobek2 tanpa terputus
3 cm lengkuas, memarkan
1 batang sereh, memarkan
Bumbu Halus:
5 buah cabe merah (bole dibuang bijinya kalo masi kuatir pedas)
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm lengkuas
1 cm jahe
1 sdt ketumbar butiran
1/3 sdt merica butiran
Cara:
Potong hati ayam jadi 2, biarkan jantung tetap utuh.
Didihkan air 2 gelas, masukkan hati dan jantung ayam, biarkan mendidih kembali dan matikan api. Tutup rapat 15 menit, tiriskan dan buang airnya.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan rempah dengan api kecil hingga wangi dan agak mengering.
Tambahkan kecap manis dan air asam, aduk hingga berbuih, masukkan hati dan jantung ayam.
Tuangi segelas air, tambahkan garam dan pasta poyah kelapa. Tutup rapat dan masak dengan api kecil sekitar 20 menit.
Buka tutupnya, atur api ke medium, lanjutkan memasak sambil sesekali diaduk hingga kuah mengental atau mengering sesuai selera.
Angkat & siap disajikan dengan sayuran rebus dan lalapan mentah :)

Thursday, January 02, 2014

Mussels & Potato Salad

Lahir di Surabaya membuat saya familiar dengan aneka seafood. Ikan, udang, cumi hingga aneka moluska laut yang banyak sekali jenisnya sering tersedia di pasar. Saya sangat menyukai beragam jenis kerang dan moluska2 bercangkang lainnya seperti lorjuk, tiram, simping, kupang (mussels). Yang disebut terakhir bahkan menjadi makanan khas Surabaya yaitu Lontong Kupang. Kalo lagi musim nih, kupang jenis besar2 banyak tersedia di setiap pasar dan yang paling menyenangkan kita ngga perlu repot2 mengupas cangkangnya karena kupang uda dijual tanpa kulit. Hepiii banget kalo uda nemuin kupang besar yang gemuk2 warna orens, siap ditumis kecap, dibikin sate kecap atau digoreng tepung. Rasa kupang gurih dan lembut, tidak liat seperti kerang juga cocok untuk dijadikan salad. Ditumis sebentar dengan bawang, paprika dan kentang lalu dicampur dengan sayuran segar. Mau coba? Yuukkk...





MUSSELS & POTATO SALAD
By: Alya's Kitchen
Bahan:
1 genggam mussels (kupang) kukus *
200 gr kentang kecil, kukus dan kupas
1/4 buah paprika merah, iris2
2 siung bawang putih, cincang
4 butir bawang merah, cincang
minyak untuk menumis
merica bubuk, garam dan gula secukupnya
3 sdm air/kaldu
Sayuran segar:
Iceberg lettuce, iris kasar **
Timun, iris tipis atau diserut
Cara:
Panaskan minyak, tumis bawang merah dan putih hingga layu
Masukkan paprika, tumis satu menit
Masukkan tiram, air/kaldu, garam gula dan merica, tumis 2 menit
Tambahkan kentang, teruskan menumis 3 menit lagi.
Tata sayuran di piring, siram dengan tumisan.
Sajikan segera.
Note:
*mussels/kupang bercangkang dicuci bersih, kukus 5 menit dengan api besar diatas air yang telah mendidih. setelah dingin keluarkan dari cangkangnya dan siap diolah. Kalo di Sby banyak dijual di pasar sudah tanpa kulit.
**iceberg lettuce atau selada bokor, utuhnya berbentuk bulat seperti kubis, renyah dan sering jadi pelengkap isian burger atau coleslaw. bisa diganti selada biasa.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...