A Shot of Me

Tuesday, September 20, 2005

Ayam Kecap Mentega

Terinspirasi Ayam Goreng Mentega yang biasa dijual di kaki lima, depot sampe resto, gue bikin versi yang sausnya lebih mantap & segar dengan percikan air jeruk limau.


AYAM KECAP MENTEGA
Bahan:

500 gr ayam, bersihkan & potong2 (me: pake sayap & paha atas)
3 sdt air jeruk nipis
1 sdt garam /secukupnya
½ sdt merica bubuk
Minyak sayur secukupnya
2-3 sdm margarin
3 siung bawang putih, geprak & cincang
½ butir bawang bombay ukuran medium, iris kasar
5 tangkai daun bawang, potong2 5 cm
2 sdt air jeruk limau /secukupnya
Saus, aduk jadi satu:
150 ml air matang
1 sdm kecap inggris (kadang2 aku ngga pake, suami kurang suka)
3 sdm kecap manis /secukupnya
2 sdt kecap asin
1 sdt gula pasir
Garam secukupnya (kalo perlu aje, soale ayam, kecap asin & margarinnya udah asin duluan)
Cara:
Aduk ayam bersama air jeruk nipis, garam dan merica bubuk. Diamkan 15 – 30 di kulkas, lalu goreng hingga matang ato kering kalo suka.
Panasin 2 sdm minyak sayur, tumis bawang putih sampe wangi dan kuning.
Tuangi campuran saus, tambahkan bawang bombay dan didihkan. Masukin ayam goreng, kecilkan api dan masak sampe kuah menyusut dan meresap.
Masukin margarin dan daun bawang, matikan api. Aduk2 sampai margarin leleh dan tercampur rata.
Sajikan segera dengan percikan air jeruk limau.
Note:
Bawang bombay sengaja ngga ditumis bareng bawang putih biar penampilannya ngga letoy.
Margarin sengaja dimasukin belakangan agar ngga kliat terlalu berminyak, sekaligus memperkuat rasa khas margarin pada saus.
Ayam goreng bisa dibikin bebrapa hari sebelumnya (kalo pas senggang), simpen di friser. Bisa dipake untuk aneka sajian dengan cepat.

5 comments:

Ophoeng said...

Dear mbak Lia,

Anda nih sungguh kreatif dan produktif.

Saya tertarik ama Ayam Kecap Mentega (ato Ayam Mentega kecap?), kayaknya enak dan kami sekeluarga suka banget ama ayam goreng model begini.

BJku punya variasi agak beda: Ayam Goreng Coca Cola, yang jadi favorit anak-anak.

Kayaknya sih mirip resep anda ini, tapi ditambahi coca cola setelah ayamnya digoreng garing.

Terima kasih atas sharing-nya ya.

Salam buat keluarga dan sohib-sohib anda semua!

Keep up the goodwork!

Salam,
Ophoeng

Sylvia said...

Halo mbak Lia,
Resepnya beneran enak deh karna aku dah coba. Makasih ya tuk sharing.

Anonymous said...

ihh ini enak apalagi kl kuahnya dibikin sampai susut bgt, mirip sama yg djual di Indo, makasihhh mba Lia, kangenku lsg ilang!! keep posting yaa...

Likha Kristyohadi said...

MBAK, AKU BINGUNG TAPI GAK GALAU LOH...BTW,MAU NANYA NIH. MINYAK SAYUR ITU BEDA GAK SIH SAMA MINYAK GORENG ?. MAKASIH YA MBAK BUAT JAWABANNYA :)

Lia said...

@all, thanks ya complimentnya, alhamdulillah kalau cocok :)

@mbak Likha, sama mbak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...