A Shot of Me

Thursday, November 11, 2010

Wakame Salad

Nori dan Wakame adalah dua jenis rumput laut yang paling banyak digunakan di kuliner Jepang. Wakame juga digunakan di kuliner Korea.
Berbeda dengan Nori yang telah mengalami proses hingga menjadi lembaran tipis, di Indo Wakame banyak dijumpai dalam bentuk asli yang dikeringkan, menyerupai rumput kering berkerut2 warna hijau gelap kehitaman. Jika direndam akan menjadi lembaran2 daun rumput laut yang panjang, lebih tebal dan kenyal dari nori, dan aroma laut yang sangat khas.

Wakame banyak mengandung protein, kaya serat dan mineral esensial (kalsium, fosfor, yodium, zat besi dll) hingga antioksidan.

Di resto umumnya wakame disajikan dalam bentuk sup (bersama miso) atau salad dingin yang segar. Kalo di dapurku, wakame sering kujadikan sup (kaldunya berbasis wakame itu sendiri) dengan kacang polong, bawang bombay dan kadang2 plus tofu. Nggak jarang juga kubikin salad khas Indonesia: sayur urap :D *supaya rasanya bisa diadaptasi oleh hubby*. Sebagai salad, aku suka banget dikombinasi dengan jeruk, ditabur kacang2an sangrai dan wijen.

ORANGE & WAKAME SALAD
By: Alya's Kitchen
Bahan:

Wakame kering secukupnya
jeruk mandarin/sunkist kupas
wijen sangrai
kacang2an sangrai tumbuk kasar
Dressing, aduk rata:
salad oil
air jeruk lemon
bawang merah/bombay cincang
bawang putih cincang
dark soy sauce *bole diganti kecap asin biasa*

madu
sedikit gula pasir
Cara:
Rendam wakame dalam air dingin hingga mengembang dan lunak, tiriskan. Blansir sebentar, tiriskan.
Potong2 wakame sesuai selera, susun di piring bersama jeruk.
Siram dengan dressing, taburi kacang tumbuk dan wijen sangrai, sajikan segera

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...