A Shot of Me

Friday, March 03, 2006

Kering Kentang

Ini nih.... gak tau lauk apa cemilan heheheh... abis kalo bikin kering kentang bukannya abis sebagai teman makan nasi, tapi justru abis buat nemenin nonton tipi huahahaha... Kering kentang buatan gue dijamin renyah dan lembut. Triknya? Pake santan kental!

Disclaimer:
Jan 2010, seiring dg berjalannya waktu, menemukan kekurangan dan kelebihan untuk penyempurnaan resep, saya merevisi resep ini dengan tanda red bold.
Semoga hasilnya bisa lebih cocok :)


KERING KENTANG
Bahan:

1 kg kentang tes (timbang udah dikupas)
250 gr kacang tanah kupas (revised: 175 gr kacang goreng)
½ butir jeruk nipis, ambil airnya >> gue kadang2 sampe ¾ butir, sesuaikan selera tingkat keasaman
150 ml santan yang rada kental (revised: 50-75ml santan kental)
100 gr gula pasir
2 sdt garam ato secukupnya
4 lembar daun salam (revised: 2 lembar)
4 sdm minyak sayur (revised: 1 sdm ajah ato ga pake samsek)
Bumbu halus (revised: diblender bersama santan kental diatas):
3 buah cabe merah
5 siung bawang putih
4 cm lengkuas
¼ sdt terasi (optional)
Cara:
  • Kentang: potong2, iris tipis (pake serutan), cuci 3-4 kali sampe gak keruh lagi, lalu rendam air dingin. Goreng dalam minyak banyak sampe kering kuning keemasan, tiriskan dan angin2kan sampe dingin, masukin toples.

  • Campur kentang dan kacang goreng, aduk merata, sisihkan.

  • Panasin minyak, tumis bumbu halus dan daun salam sampe wangi dan mulei pekat. (revised: ga pake minyak, bumbu halus lsg dipanasin aja krn uda ada santannya)

  • Tuangi santan, tambahkan gula, garam dan air jeruk. (note: santan uda ikut di bumbu halus)

  • Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga kental (JANGAN SAMPE BERAMBUT).

  • Matikan api, masukin campuran kentang kacang sekaligus sambil diaduk2 dengan cepat (pake sendok kayu dan spatula) hingga bumbu merata.

  • Tebarkan di nampan plastik, angin2kan hingga dingin, simpen di toples.


  • Tips:
  • Penggunaan santan membuat kering kentang lebih gurih, renyah, lembut dan gak mudah mengkristal.

  • Pemasakan bumbu gula jangan sampe berambut, akan mengakibatkan mudah berkristal dan keras saat disimpan.

  • Biasanya kering kentang pake air asam. Aku lebih suka pake air jeruk, nurut aku menambah efek warna yang cantik. Kalo pake air asam warnanya jadi gelap dan rada suram, selain itu juga gampang basah gak awet renyah.

  • Sebisa mungkin buat kripik kentang tanpa “usaha2” untuk merenyahkan seperti merendam air garam ato dengan kapur sirih. Kripik kentang yang digoreng langsung ini efek renyahnya lembut di mulut sementara kalo direndam air garam mopun air kapur hasilnya renyah yang keras dan tajam/menusuk di mulut.
  • 41 comments:

    Anonymous said...

    terima kasih tips-nya.bermanfaat sekali.
    keke.USA.

    Anonymous said...

    oh pake gula pasir ya mbak lia? gak pake gula jawa? warnanya manis tuh, kuning kecoklatan, kalo pake gula jawa warnanya jadi item gulanya.
    thanks ya tip2nya. boleh dicoba nih.

    lili,usa

    Anonymous said...

    thanks yah mbak Lia... resepnya dan tip2nya menarik! kebetulan ada kentang mo langsung dicoba ah..
    yg mo aku tanyain: kalau gak ada jeruk diganti cuka bisa gak?

    Lia said...

    Keke >> monggo dicobain :D
    Lili >> iyah, pake gula pasir. kalo pake gula merah bakal cepet basah gak awet renyah.
    ira >> jeruk bisa diganti cuka. jangan banyak2 yah tar malah asyemm...

    Anonymous said...

    Liyaaaahhh..........
    kalo pake kara bisa gak say?
    hehehee... secara daku pemalesan meres santen neeeehhhhh

    Lia said...

    gak tau Rur, renyahnya efek dari santen asli yang dipanasin sampe berminyak ato asal pokoke santen juga bisa. lo coba gih, tar info gue ya hasilnya hehehe... *nodongbalik*

    Anonymous said...

    Lia, thanks ya say....gw baru sekali bikin, pake gulajawa ternyata emang layu ya. jadi pengen bikin lagi nih hehe. Kalo deket gue udah pesen aja deh ama elo Li hehehe mau enaknya doang :-)

    Anonymous said...

    Halo Lia,
    salam kenal saya wienda , saya udah coba rasa enak sekali & warna amat cantik.
    terimakasih ya tips2nya & juga resep2 yg lain sangat membantu saya , karena kita sering mengundang temen2 org perancis & temen indo jadi lebih mudah memilih paduan menunya, terutama masakan khas jawa timur, karena saya asli surabaya.
    terimakasih & salam
    wienda contat

    Unknown said...

    gue dah nyoba, liy! ember, nendang euyyy!! tempo hari kirimanmu ludes dalam 3 hari! huehehehe!! thanks ya!

    Anonymous said...

    Mbak Lia, bener nih kl pake santan kalengan gak bisa? Hiks...bisa dong...maksa...
    Btw aku ijin ngelink blognya ya...

    Anonymous said...

    halo Lia

    selamat lebaran maaf lahir & bathin

    saya mau minta ijin utk posting kering kentang diblog saya ,& foto saya akan buat sendiri juga akan saya tulis resep saya ambil dr dapur gue, bila lia menginjinkan bila tidak berkenan juga tidak apa2
    (saya tinggal diprancis)

    terimakasih
    wienda

    Lia said...

    Hi Wienda, monggo dikopi-posting :) udah aku reply by email juga ya...

    Farida, makasih mo ngelink blogku :) pake santan kalengan... cobain dulu gih trus lapor hasilnya ya hehehe... *nodongbalik.com*

    Anonymous said...

    lapor....he..he..he..
    sudah tak cobain beberapa bulan yang lalu,pake santang kalengan, hasilnya...kriuk-kriuk juga kok mbak..habisnya cepet bgt,tapi disisain dikit buat percobaan, sampai seminggu masih kriuk juga...makasih resepnya

    Lia said...

    Lika, percaya gak... aku pernah lupa ngiket plastik bungkusnya, dan tergeletak smaleman di meja. besok paginya kucicip ternyata... masi renyah! Padahal gak pake bahan kimia apa2 loh...

    Fitta Arsista said...

    mbak lia salam kenal,..
    aku dah nyoba kering kentangnya..santannya pake kara mbak..hasilnya jadi manis bgt padahal cabenya kukasih 10..pa krn pengaruh santan kara ya mbak..walaupun manis tetap enak kok..makasih ya mbak resepnya..

    Anonymous said...

    Mbak Lia makasih yah resepnya..
    aku dapat infonya dari wiendacontat..

    boleh juga yah aku post atau link di blog.. buat arsip ,, besok mau bikin tuk pelengkap tumpengan bdaynya anakku

    Greetings from Spain
    ILvania

    redelicious said...

    mb Lia...mb Lia...
    diriku mw brtnya,,,
    kring kentangny tahan smpe brp lama y?
    maklum,aq cm pny hobi masak,tp g doyan
    makan mskn sndri...

    Lia said...

    redelicious, tahan ampe 3 mingguan di wadah kedap udara suhu ruang. di kulkas bisa berbulan2 malah banyak yg bilang lebih demen kalo makan dari kulkas, kreskresnyes :D

    Shinta Octaviani said...

    Salam kenal mbak Lia :)
    Aku sudah coba resep kering kentangnya. Benar-benar renyah dan sesuai dgn seleraku deh. Thanx buat resep dan tips-nya ya.

    Btw, "tips & trik dapur gue" boleh di-link kan?! bermanfaat sekali lho... TFS.

    Lia said...

    ya Mba Shinta makasih & alhamdulillah kalo cocok selera. silakan dilink mbak, tapi maap lama gak diupdate hehe...

    Anonymous said...

    Mba Lia.. makasih buat resepnya.
    saya udah coba 2 x karena suami saya suka banget kering kentang..
    yang pertama rasanya gurih.. tapi ga tahan lama renyahnya.
    yang kedua kali bumbunya malah menggumpal, mengkristal..(ga jadi dicampur kentang gorengnya deh) apanya yang salah yaa?
    saya masih bingung, berambut itu cirinya sperti apa yah? hehehe.. *amatirdotcom*
    plis repon ya mba :))
    Thankss!
    Dian - Jatim

    Lia said...

    titik kritisnya emang di tiping yg pas untuk memasukkan kentang mbak.. kalo adonan bumbu-gula terlalu pekat jadi bergumpal2, kalo kurang pekat jd basar. kira2 timingnya ketika adonan bumbu bisa menyelimuti permukaan spatula yg dimiringkan dan jatohnya berat tapi ngga sampe lambat sekali *nah lo binun jelasinnya* hehehe...

    Anonymous said...

    makasih mba sharing resep n trik tipsnya..the result is awesome!
    we love it. ^^
    tnyata segampang itu toh bikin kering kentang ;p

    Anonymous said...

    Mba Lia, aq uda coba n pake santan instan tnyata rasanya luar biasa enaknya yah beda bgt sm keripik kentang biasa. Mksh ya mba

    Dini-bandung

    Anonymous said...

    Berhasiiilll ... izin copas yah

    Anonymous said...

    Yessss !!! Akhirnya nemu jg resep yg bikin kering kentangku mantap buat teman makan opor saat lebaran. Try n success :) Makasih banyak mbak lia...

    Anonymous said...

    Uda di try, mantapppppp......

    Anonymous said...

    Akhirnya nemu jg resep yg pas dan dipercaya...nyoba ahh...tks ya mba Lia...

    Priscilla said...

    Mbak Lia, salam kenal yach :)
    Mau tanya, kalo pake tempe &teri bagaimanakah triknya agar hasilnya juga renyah tahan lama. Apakah sama sj atau ada tritmen khusus? Thanx ya mbak Lia ^_^

    Pris said...

    Salam kenal mbak Lia :) Mbak, kalau ingin pake tempe & teri bagaimanakah triknya agar renyah juga & tahan lama? Thanx ya mbak sebelumnya :)

    Lia said...

    halo mbak priscilla, salam kenal juga ya..
    untuk tempe dan teri saya belum pernah trial secara khusus mbak jadi maap belum bisa membantu

    Afifah Zabarij said...

    Selama ini saya selalu bikin dan jualan pakai resep peninggalan Nenek. Mirip dengan punya Mbak Lia ini tapi tanpa santan, pakai air saja. Saya jadi kepengen coba nih. Terimakasih sudah sharing ya Mbak...

    Anonymous said...

    saya mungkin laki2 pertama yg comment...
    terima kasih poetu njuknya, saya akan mencobanya, jaZaKUmullahu khair

    ibnu ari

    Anonymous said...

    Hai Mbak Lia, salam kenal....
    Kalo anak saya yg sedang nyantri di pesantren nggak request ke Bundanya utk dikirimin kering kentang spesial Bunda, saya nggak bakalan super panik dan repot browsing nyari tips & trik bikin kering kentang yg bisa krispi dan awet keringnya. Karna beberapa kali bikin kering kentang, hasilnya sangat tidak memuaskan dan kering kentang berakhir di tempat sampah. Juga, pas aku praktekin resep mbak Lia ini, mamaku ngomel dan ceramah katanya mana bisa garing kering kentang dikasih santen. Nggak bakal jadi deh....alamaaaakkk.....Sudah lahhh pikir saya. Apa yg akan terjadi biar terjadi. Mana aku bikinnya sekaligus 3 kilo kentang.
    Modal pede bersama Tuhan, aku cemplungin deh tuh kentang goreng garing belum bumbuan. Alhamdulillaaaaahh.....setelah dingin, kentang garing berbalut bumbu manis, asin, asem akhirnya SUKSESSSS BESAR. Siap dikirim deh buat kedua anakku tercinta yg lagi nyantri di PM Gontor.
    Thanks banget Mbak Lia. Semoga Tuhan memberi pahala setimpal buatmu....Terus sharing resepnya ya Mbak.

    sepatu said...

    mantapp resepnya. pengen segera dicoba nih (y)

    kumi said...

    Resepnya keren banget mba,aku udah coba dan beneraaan enak,tampilan jg cantik !
    Thx for sharing :)

    ulya said...

    Makasih bgt ya mba resepnya... :)

    Unknown said...

    Kalo pake tempe kering kecil2 ama kacang tanah aja. Juga sama resepnya sis? Thank you

    Unknown said...

    Thx reseppnya.. mayan enak.. cuma kq kurang renyah hasil bikinan saya ya? Btw, bumbunya ditunggu dingin dulu baru masukin kentangnya atau lgsg masukin aja sis, hehee

    Unknown said...

    Sis, kmrn ak coba bikin.. mayan sukses sih, cm rada kurang renyah.. bumbunya dimasukin panas2 apa tunggu dingin ya? Hehee

    Lia said...

    Mba Yulia Budoyo,
    kalo kurang renyah mungkin bumbunya masih rada terlalu basah saat masukin kentangnya. Dimasukin dalam keadan bumbu panas di wajan, kalo uda dingin bumbunya menggumpal malah ga bisa dicampur :)

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...