A Shot of Me

Thursday, September 06, 2012

Brownies Kukus Putih Telur

Pas lagi ada temen yang nanya resep cake putih telur, saya browsing2 disini karena inget pernah posting resep Brownies Kukus Putih Telur. Nah...ternyata ngga ketemu dengan segala kombinasi keyword :D Ketemunya malah di Google, oh ternyata dulu postingnya di milis :))

Brownies kukus ini rasanya sangat nyokelat, ngga berasa membal sebagaimana cake putih telur. Karena kandungan dark chocolatenya cukup banyak sebaiknya ngga pakai tes tusuk untuk memastikan kematangan. Dikukus 40 menit insyaAllah uda pasti matang. Kalau mau bikin brokusnya tinggi lebih baik dikukus menjadi dua lapis (tuang setengah, kukus 15 menit, tuang sisanya dan kukus lagi 30 menit).
Pastikan brokus benar-benar dingin terlebih dahulu sebelum dipotong, karena jika dipotong saat masih panas/hangat teksturnya akan berantakan karena kandungan cokelatnya banyak.

BROKUS PUTIH TELUR
By: Alya's Kitchen
Bahan A:

200 gr putih telur
150 gr gula pasir
Bahan B, aduk rata, ayak:
120 gr terigu protein sedang
50 gr susu bubuk
1/2 sdt baking powder
Bahan C, lelehkan jadi satu:
60 gr butter/margarin
60 gr minyak sayur
175 gr dark chocolate
35 gr coklat bubuk
Alat:
Loyang 18x18x6cm, dioles minyak sayur, Kertas minyak dan kukusan
Cara:
Panaskan kukusan.
Kocok Bahan A dengan kecepatan rendah hingga berbusa, naikin ke kecepatan medium selama 3 menit, lalu naikin ke kecepatan tinggi, kocok hingga lembut dan stabil tidak goyang ketika baskom dimiringin.
Masukin Bahan B dan C sedikit2 dan bergantian sambil diaduk rata pake whisker atopun spatula.
Tuang ke loyang yang telah dialas kertas minyak,
kukus selama 40 menit.
Angkat, diamkan di rak 15 menit, keluarkan cake posisi cake terbalik diatas rak dan diamkan hingga benar2 dingin,kupas kertas minyaknya, potong2 dan sajikan sesuai selera.
Note:
Pengocokan putih telur dengan cara diatas menghasilkan kocokan yang halus dan stabil tidak mudah mencair meski tanpa CTT (cream of tartar) dan dicuekin rada lama

1 comment:

manis said...

mampir incip-incip mbak.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...