A Shot of Me

Monday, August 27, 2012

Vla Durian

Lagi baca2 beberapa milis kuliner yang dulu aktif gw ikutin, ternyata banyak juga resep2 yg gw posting tapi belum terdokumentasi di blog hikkss...
Jaman dulu beneran aktif banget mantengin milis-milis, lama2 uda bergeser minat komunikasi jadinya nonaktif di banyak milis, tinggal 2 milis aja yg masi gw ikutin :)
Salah satu resep yang perna gw posting tahun 2007 yaitu Vla/Filling Durian. Vla ini dulu sering gue bikin untuk isian kue sus, kadang2 u/ melapis cake juga. Sekalian gue perbaiki komposisinya yah, supaya lebih yahud... :)

VLA/FILLING DURIAN
By: Alya's Kitchen
Bahan 1:

50 gr maizena
350 ml fresh milk
50 gr gula pasir /secukupnya
¼ sdt garam
3 sdm butter
1 sdt vanilla essence
200 gr daging durian (atau sesuai selera), haluskan dengan garpu
Bahan 2:
150 gr wipkrim bubuk
250 ml freshmilk, simpen di friser hingga seprempat beku
Cara:
Dari Bahan 1, Aduk rata maizena, freshmilk, gula dan garam. Panasin dengan api kecil sambil diaduk2 sampe mendidih meletup2, angkat. Tambahkan daging durian dan butter, dinginkan sambil sesekali diaduk, simpan di kulkas kurang lebih 3 jam. Setelah dingin adonan akan brasa rada beku, mixer bentar hingga lembut, sisihkan.
Dari Bahan 2, mixer susu dingin dan wipkrim bubuk sampe kaku.
Tambahkan adonan dari Bahan 1 ke adonan Bahan 2 sedikit2 sambil terus dikocok sampe rata & halus.
Siap digunakan untuk olesan mopun filling.
Tips:
Sesuaikan takaran wipkrim bubuk dan bahan cairnya sesuai petunjuk di kemasan. Aku pake merk Whippy yang punya perbandingan 1:2 dengan bahan cairnya. Merk lain mungkin beda perbandingannya.

1 comment:

Fitria said...

Mba, filling durian ini awet ga? soalnya dengar2 olahan durian suka cepat asam krn ber Gas. Apa supaya awet ikut dimasak sama vla ya?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...