A Shot of Me

Saturday, August 25, 2012

Es Kopyor Sintetis

Es Kopyor Sintetis gw rasa sangat populer melebihi popularitas es kopyor asli, krn yang versi asli lebih langka dan mahal. Maklum yaaa.... kelapa jenis kopyor bukan kelapa yg tumbuh normal sehingga tidak bisa dipastikan selalu ada.
Es kopyor sintetis yang terbuat dari agar-agar hampir selalu bertebaran dimana-mana saat bulan puasa sebagai minuman favorit, yang bikinnya juga superduper gampang. Tapi ada beberapa tips & trik supaya Es Kopyor Sintetis memiliki rasa yang khas mendekati rasa asli. Simak yahhh... :)
  • Jangan pake bahan cair terlalu banyak biar hasilnya lebih cantik dan gak gampang letoy karena si “kopyor” kan slalu terendam air. Patokan gw 300-350ml untuk 1 sachet agar (7gr)
  • Pake santan kental plus sejumput garam untuk mendapatkan efek gurih khas kelapa. Gula pasir dikit ajah 1 sdm per sachet agar, karena rasa khas kelapa kopyor adalah gurih, bukan manis kayak puding :) Tar manisnya dapet dari kuah sirupnya kan…
  • Santan diperas menggunakan air kelapa, “kopyor” akan terasa lebih legit dan teksturnya rada berbutir khas kopyor. Inget, air kelapa udah manis, kurangi takaran gulanya
  • Kuahnya lebih segar kalo pake air kelapa asli
  • Masukkan serpihan “kopyor“ ke dalam kuah saat akan disajikan ajah. Jangan terlalu lama merendam “kopyor“ dalam kuah sirupnya karena “kopyor“ akan menyerap warna sirup sementara rasa gurihnya luntur ke kuah, mengakibatkan “kopyor“ selain jadi warna pinkish juga brasa hambar, gurihnya berkurang.

Nah tips dan triknya uda lengkap, sekarang mari kita bikin es kopyornya :) 

ES KOPYOR SINTETIS ala Alya's Kitchen
By: Alya's Kitchen
Bahan:
7 gr agar-agar putih >> 1 sachet
300-350 ml santan kental >> dari kelapa yang diperas pake air kelapa
1 lembar pandan
1/4 sdt garam
Es batu (potongan besar/utuh)
1.5 liter air kelapa ato secukupnya, untuk kuah
Sirup pandan secukupnya
Cara:
Rebus agar-agar, pandan, santan dan garam dengan api kecil sampai mendidih, angkat & aduk2 bentar sampe uap panasnya abis.
Siapin es batu dalam baskom besar, tuangkan pelan adonan agar satu sendok demi satu sendok diatas es batu hingga membentuk lembaran yang langsung beku dan meluncur ke dasar baskom, lakukan sampai agar-agar habis, angkat es batunya.
Dalam gelas tinggi, beri sirup pandan, serpihan agar-agar dan tuangi air kelapa serta diberi crushed ice.
Suegeeerr.....
Tips :
Bisa disajikan bareng biji selasih biar lebih cantik

Sirup Pandan
By: Alya's Kitchen
Bahan:
15 lembar daun pandan wangi, sobek2 atau iris kasar
350 ml air
500 gr gula pasir
Cara:
Rebus pandan dan air hingga mendidih, simmer & tutup rapat, masak selama 20 menit.
Masukin gula pasir, tetap dengan api simmer, biarkan hingga mendidih kembali.
Aduk hingga semua gula larut, angkat & dinginkan.
Saring dengan kain, sirup siap digunakan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...