A Shot of Me

Monday, February 11, 2008

Roti Mariyam, aka. Pratha

Lagi ada tante di rumah, kita daulat ngajarin bikin Roti Mariyam dehhhh…. Bagi yang ngga tau Roti Mariyam, ini sama seperti Pratha. Tetapi Roti Mariyam (khususnya yang kukenal di Sby) teksturnya sangat flaky dan berserat kalo disobekin, bikinnya a little more complicated than pratha.
Biasanya disajikan dengan kari (ayam, kambing mopun sapi). Tapi dimakan kosongan gituh juga enak kok buwat cemilan, ato dimakan ama madu. Dipakein keju juga pasti enaaakkkk… Ini resep yang kudapet dari tante, sedikit kumodif biar lebih lembut tapi ga eneg. Stepnya banyak tapi gak rumit kok, asal tlaten ajah dan siapapun pasti bisa, ga perlu keahlian khusus. Cobain yaaa….. !


PRATHA, ROTI MARIYAM
Recipe by: Tante Asih
Modified and Photo by: Lia, Dapurgue
Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
150 ml air hangat, bisa lebih atau kurang sesuai kondisi adonan
2 butir telur + 2 kuning telur
1.5 sdt garam atau secukupnya
Margarin secukupnya, lelehkan
Minyak sayur secukupnya
Cara:
Letakkan tepung di baskom, buat lubang di tengahnya.
Telur dan garam dikocok lepas, tuang ke tengah lubang, uleni sambil diremas hingga berbutir.
Tuangi air hangat dikit2 sambil terus diuleni hingga kalis.
Tutup dengan selembar plastik dan diamkan selama 3 jam.
Bagi adonan menjadi 16-20 bagian.
Siapkan meja atau loyang lebar, olesi minyak tipis2.
Ambil satu bagian adonan, tipiskan di meja/loyang sambil diratakan ke segala arah hingga tipis transparan seperti bikin kulit martabak telur.
Oles permukaannya dengan mentega leleh, pilin dari satu sisi dan gulung menjadi satu utas gulungan panjang.

Kerjakan sampai habis dan semua menjadi gulungan panjang.
Ambil satu utas, pegang masing2 ujungnya. Ujung kanan digulung ke atas, ujung kiri digulung ke bawah sehingga kedua gulungan bertemu di tengah.
Belit sehingga kedua gulungan bertumpuk jadi satu, atas dan bawah.
Lakukan pada semua bagian yang lain sehingga semua menjadi tumpukan gulungan.
Ambil satu tumpukan gulungan, pipihkan menjadi lingkaran setebal 0.2cm. Kerjakan sampai habis.
Siapin teflon, oles dengan minyak sayur, panggang tiap lembar pratha dengan api medium sambil dibolak-balik hingga matang dan kecoklatan.
Tumpuk 3 lembar pratha yang baru digoreng, berdirikan posisi vertikal, geprak dengan punggung sutil. Sajikan segera.
Note:
Gepraknya jangan terlalu napsu sampe babak belur ya... asal flaky ajah. Gambar yang babak belur diatas adalah pratha yang uda disobek2, teksturnya cakeb kan...
Kalo suka bisa ditambah keju parut di tahap menipiskan adonan, dijamin guriihhhh, jadi cheese pratha. Pake parmesan ato cheddar terserah.


7 comments:

Andaliman said...

Paratha aku blg lbh tipis.. aku sndr suka roti mariyam , justru awal taunya pas di Bogor beli di kampung Arab

Lia said...

jenis rerotian ala india gini banyak banget ya macamnya. disini roti mariyam dijual dengan macem2 topping: coklat stroberi keju dll. kalo yg di ampel tetep aja pake gule kacang ijo :D

Andaliman said...

mbak lia barusan aku bikin roti maryam versi tabloid nova gak pk telur. hasilnya emang lbh kering

Ine Sena said...

eucchhhmmm.... kirim-kirim dunk jeng.... *ngecess ngecesss*

alya_ghina said...

Mbak Lia, salam kenal..
kalo aku bilangnya roti konde, karena kita buatnya digulung kyk konde trs dipencet, jd bentuknya berserat-serat gitu..
udah lama nggak buat nih, jd kangen.. pdhl anakku minta buatin trs, tp emaknya males hehe..

Dewi

Lia said...

Pepy: kalo yg ga pake telur enak buat celupan kari ya. aku suka yg lentur (pake telur) soale mariyamnya buat cemilan, males bikin karinya hihihih...

Ine: uda kubungkusin nih, ambil sini ya :D

Alya: istilah baru, roti konde! Thx ya say..

Giselle D said...

Kalo aku bikinnya suka di beri isi Telur orak arik di tambah bombay, selada,mayones dan saus sambal+tomat nyummyyy rasanya ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...