A Shot of Me

Friday, September 15, 2006

Pudak Jagung


Jajan tradisional ini memiliki rasa dan aroma yang sangat khas, sedap dan legit. Aromanya mutlak didapet dari kulit jagung segar yang digunakan sebagai pembungkusnya. Sebaiknya tidak menambah bahan2 lain seperti nangka, pisang, duren dll karena akan merusak citarasa jajanan ini. Yang ditonjolkan adalah simplicity dan aroma jagungnya yang khas. Satu2nya flavor yang netral dan cocok untuk jajan ini hanyalah vanilla.

PUDAK JAGUNG
Recipe by: Lia
Bahan:
500 gr jagung manis yang udah diparut (boleh diparut kasar sebagian)

250 gr kelapa setengah tua, parut memanjang

100 – 150 ml santan kental (sesuaikan takaran dengan kondisi jagung)

50 gr maizena

½ - 1 sdt vanilla essence (dikit aja biar gak ngalahin aroma
jagung)
75 gr gula pasir ato sesue slera (sesuaikan dengan kadar kemanisan jagung)

½ sdt garam ato secukupnya

Kulit jagung segar untuk membungkus

Cara:

Aduk semua bahan jadi satu.

Ambil selembar kulit jagung, letakkan 1-2 sdm adonan di salah satu sisinya, atur memanjang lalu gulung dengan hati2. Semat kedua ujungnya pake tusuk gigi ato lidi (kayak ngebungkus lemet gituh...)
Kerjakan sampe adonan habis, kukus dengan uap panas selama 20-30 menit ato sampe matang.
Sajikan gituh ajah, ato kalo suka kelapa yang royal bisa disajikan dengan taburan kelapa parut lagih.
Note:
Kalo gak ada kulit jagung, boleh pake loyang biasa ajah. Cuman aromanya kurang wangi ajah.

Pilih jagung manis yang tidak terlalu muda, gue pake yang setengah tua biar ga terlalu lembek.
Sebaliknya, kalo pake jagung lokal pilih yang muda agar hasilnya empuk.

3 comments:

Lisa said...

mbak Lia....
aku contek ya resepnya...

Lia said...

Monggo Jeng Lisa... enak loh, jagung banget :)

Lisa said...

Lapor mbak....
Pudaknya udah abis nih... Aku suguhin ke tamu pada suka..
Rasanya 'kampung' banget ya mbak...kekeke. Kayaknya bakalan bikin terus nih... Enak sih.

tapi agk-agak repot mbungkusnya yak... ;-p Adonannya berair banget, padahal santennya udah aku kurangin...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...