A Shot of Me

Wednesday, August 02, 2006

Soto Ayam Lamongan

Soto Ayam punya banyak versi. Di Jawa Timur ajah ada banyak macem. Pengalaman gue jalan2 di Jawa Timur ada soto yang pake santan, ada yang disajikan pake toge pendek dan daun bawang (spring onion), ada juga yang disajikan pake toge rebus dan taburan kacang goreng. Dari semuanya gue paling ngefans ama Soto Ayam Lamongan, secara soto inilah yang gue kenal sejak kecil dan paling banyak bertebaran di Surabaya. Kuahnya seger ngga eneg. Asesorisnya juga rame: kecap manis, sambal, jeruk nipis, seledri iris, soun, kripik kentang dan bubuk bawang putih goreng. Tanpa bawang goreng. Coba bikin yukk...

 

SOTO AYAM LAMONGAN
By: Alya's Kitchen
Bahan:
1 ekor ayam kampung (sekitar 700-800 gr), potong jadi 4 bagian

1.5 liter air

3 sdt garam

1 sdt gula pasir
3 tangkai seledri, simpulkan

50 ml minyak sayur untuk menumis

3 batang daun pre (leek), iris kasar

4 butir telur rebus kupas

Herbs:

6 lembar daun jeruk, sobek2 jangan putus

2 batang serai, geprak
4 cm lengkuas, geprak

Bumbu halus:

5 butir bawang merah, iris kasar & tumis setengah matang

5 siung bawang putih, iris kasar & tumis setengah matang

5 cm kunyit

3 cm jahe

1 sdt merica butiran

4 butir kemiri
, goreng
Pelengkap:

75 gr soun, seduh air panas hingga lembut, tiriskan
Kripik kentang
 
Seledri, iris halus
Kecap manis
Irisan jeruk nipis

Sambal rebus (cabe rawit & sedikit kemiri, direbus & dihaluskan)

Koyah Bawang Putih *)
Kerupuk udang

Cara:

Panasin minyak, tumis bumbu halus sampe wangi.
Masukin herbs, terus tumis sampe pekat, angkat & sisihkan.

Didihkan air, masukin potongan ayam, telur rebus, sledri, garam, gula & tumisan bumbu. Kecilkan api, masak ayam dengan tutup dibuka dikiiitt... tetap dengan api simmer sampe bumbu meresap dan ayam empuk.

Tiriskan telur & ayam, setelah dingin ayam disuwir2 ato diiris tipis, telur dibelah2, sisihkan.

Masukin irisan daun prei ke dalam rebusan kaldu, besarkan api ke medium.
Koreksi rasanya, tambahkan garam & gula lagi bila perlu. Didihkan bebrapa saat hingga daun prei matang (kalo merasa kuahnya kurang boleh ditambah air panas secukupnya). Matikan api.

Penyajian:

Susun dalam mangkuk secara berurutan: soun, ayam suwir dan irisan telur, siram dengan kuah panas, taburi 1 sdt koyah bawang putih, kripik kentang dan irisan daun seledri secukupnya.
Sajikan bersama sambal, kecap manis, irisan jeruk & krupuk udang.


*) Koyah Bawang Putih

Bahan:

10 siung bawang putih, iris tipis & jadikan bawang putih goreng

75 gr krupuk udang berkualitas bagus, goreng kayak biasa

Cara:

Tumbuk bawang putih goreng dan krupuk jadi satu sampe halus, aduk2 untuk meratakan. Siap dipake untuk taburan.


Note:

Pilih kunyit yang warnanya kuning tua agar warnanya cantik
Kalo suka bisa ditambahkan kubis yang diiris halus di mangkuk sebelum disiram kuah panas.

Selain krupuk udang, enak juga disajikan bareng emping goreng.
Untuk koyah, pilih krupuk udang berkualitas agar rasanya sedap dan tidak mekar jadi bubur saat bercampur kuah.

Kebiasaan keluarga gue, setelah ayam disuwir tulang2nya dimasukin kembali ke kuah untuk memperkaya kaldu.

7 comments:

irma said...

Lia, aduh itu soto menggiurkan sekali :-)
apalagi saya penggemar berat soto ayam.. bikinin dong :D

Lia said...

emoh, bikin sendiri dunk :P

yanna said...

ahhh ...mbak aku juga doyan banget ini soto .... mau yah resepnyah ....

ummu azzam said...

jazakillah ya mbak saya ambil resepnya

Anonymous said...

soto lamongan memang beda dengan soto lainnya, rasanya top banget deh

soto lamongan said...

memang soto lamongan rsanya beda dengan soto lainnya, resanya enak banget

Lucy Netty said...

Salam Kenal Mbak Alya, aku kemarin nyoba resepya enak seger:)dulu inget waktu kecil diajak makan soto pak Sadi di surabaya, masih terngiang2 poyahnya hehe, aku ijin link ya, makasih^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...