A Shot of Me

Monday, July 31, 2006

Puding & Jus Jagung

Hari Jumat beli jagung manis 2 pak dari temen kantor (muraaahhh... satu pak 5 biji jagung manis berkulit cuma 4rebu, padal di hero 9-10rb dengan merk yang sama, gleg). Sampe rumah buka kulkas sempet kaget karna ternyata Ibu juga baru blanja jagung manis dari tukang sayur yang lewat depan rumah (gile, lebih murah lagi, 3rb dapet 5 biji kekeke... cuman emang ukurannya lebih kecil dari yang gue beli). Lhaa... jadi banjir jagung manis deh :)) Langsung teringat Jus Jagung-nya Ambar Rurry waktu sharing di milis Dapurbunda, sluuuurpp... asli sueger pol meski tanpa es karna gue gak tahan minum dingin (sayang yang doyan cuma gue, huahahaha...). Buat yang ngga doyan jus jagung, gue bikinin deh puding jagung. Iseng2 setengah bagian gue kasi grinti, nyaaammm.... belon apa2 Mas Ali udah ngabisin sepertiga loyang duluan kekekeke.... (maklom, grinti emang paporitnya Mas Ali).

SWEET CORN JELLY with GREEN TEA
Original recipe by: me
Bahan:
1 sachet konnyaku/jelly powder (paporit gue: Hokiku, lebih kenyal & gak cepet berair dari yang laen)
1 sdm gula pasir
650 ml santan (me: pake 50 gr santan bubuk dicampur aer anget sampe 650 ml)
1 sdt peres greentea powder, larutkan dengan 5 sdm air mendidih
1 sdt vanilla essence
1 sdm butter
Blender jadi satu sampe halus:
2 buah jagung manis, disisir (kalo kecil pake 3 buah ya)
150ml air
100 gr gula pasir /secukupnya
1/2 sdt garam
Cara:
Masukin jelly powder & 1 sdm gula pasir ke panci, aduk rata. Tuangi santan dikit2 sambil diaduk rata pake spatula hingga jelly powder merata dan santan habis .
Masukin blenderan jagung manis, panaskan dengan api sedang sambil diaduk2 terus sampe mengental.
Kecilkan api, masak terus sambil diaduk hingga mendidih lembut, angkat.
Masukin vanilla essence, aduk rata. Tuang setengah bagian ke loyang/cetakan puding, diamkan hingga setengah membeku dan permukaannya mulei mengeras (tapi belum totally beku loh).
Tambahkan larutan greentea powder ke dalam sisa adonan, aduk rata. Didihkan kembali, tuang segera ke atas adonan yang udah ada dalam cetakan. Diamkan sampe beku, simpan di kulkas minimal 3 jam sebelum disajikan.

Tips:
Pilih jagung manis sesegar mungkin dan masih berkulit, agar rasa manis dan aromanya prima. Jagung manis yang dibiarin dalam kondisi terkupas bebrapa lama rasa manis & aromanya jauh berkurang.
Selain dibuat dua lapis, bisa juga dibuat bentuk marmer dengan menuang adonan kuning & hijau bergantian.
Kalo pengen warna kuning yang lebih tegas bisa ditambah food coloring kuning 2-3 tetes.
Kalo gaada greentea powder bisa diganti pasta pandan secukupnya. Jagung & pandan? Jodo bangeeet...!
Pake cetakan puding berbahan metal (aluminium or stenlis) agar lebih cepet beku.
Butter dalam resep ini berfungsi untuk ningkatin aroma, dan rasa juga jadi lebih creamy.
Santan bisa diganti fresh milk, ato gabungan fresh milk & cream.

JUS JAGUNG MANIS
Inspired by: Ambar Rurry, on milis Dapurbunda (dapurbunda@yahoogroups.com)
Bahan:
1 buah jagung manis, disisir
250 ml air matang
Simple syrup secukupnya
Es batu secukupnya
Susu kental manis secukupnya (optional, gue gak pake)
Cara:
Blender jagung manis dengan setengah bagian air, saring & tekan2 pake.
Blender lagi ampasnya dengan sisa air, saring lagi.
Siapin sirup & skm dalam gelas, tuangi jus jagung. Beri es batu & sajikan segera, untuk 2 gelas.

6 comments:

Budi Sutomo, S.Pd said...

wow....enak banget. Jangan bilang-bilang ya, aku juga mau bikin buku resep aneka jagung. Bisa buat inspirasi nih...he...he..he...

nYam said...

pas baca: grinti...ini apaan ya? kupikir butir-butir jagung gitu...mungkin kebawa kata mbrintil he he he. ternyata...teh ijo toh

Lia said...

Om Budi: Kalo udah launching bukunya, mau dunk lempar ke rumah sebiji :D

Nyam: Huahahaha... maka pahamlah dikaw bahwa daku pemalas nulis yang ribet2 :))

Desita Eka said...

hallo Lia, puding jagungnya udah dicobain...ehhm...enyaaak...Ma kasih yaa...resepnya

nung said...

Kalo pake jagung kalengan kira kira brapa ya mbk lia?mksh

Lia said...

mb'nung, sayang belum pernah nakar pakai jagung kalengan mbak, maap ga bisa membantu :(

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...