A Shot of Me

Wednesday, August 23, 2006

Pastel Basah

Ada banyak jenis pastel. Secara garis besar sih ada tiga golongan yaitu Pastel Basah, Pastel Kering dan Pastel Tutup. Kalo pastel kering isinya adalah abon sapi, maka pastel basah memiliki banyak variasi isi. Dari isi wortel doang, ragout sampe soun. Kulitnya pun ada banyak jenis. Ada yang kulitnya renyah, ada juga yang lembut. Pastel tutup punya penampilan yang unik, yaitu adonan isi yang tumplek blek dalam satu pinggan, baru ditutup dengan adonan kentang, trus dioven.
Ngobrol2 pastel basah, bagi gue pastel basah yang enak adalah... yang kulitnya memiliki permukaan kering, gak menyerap minyak, tapi saat digigit terasa lembut dan empuk, dan tetep lembut walo dicuekin di terkena angin seharian. Itu baru kulitnya. Lalu bentuknya, chubby tapi ngga kopong aliyas bolong di dalem. Chubby karena isinya full. Lalu isinya... ragout yang manteb gak kebanyakan tepung, juga bukan isi soun ato bihun, kalo digigit gak jadi brantakan biar sopan :D perpaduan wortel, kentang & daging kudu pas dengan aroma pala yang wangi, tanpa susu biar gak eneg.
Ah susah amat sih bikin pastel...! Eh ternyata enggak kok, gampang kok. Yang susah justru milin pinggirannya hehehe...
Bagi gue, pastel basah yang paling enak adalah... pastel buatan Ummi! Ini gue contekin dari catetan blio ya, kapan hari sempet dipraktekin bareng2 ama Monica, Mbak Puji dan Yulia, sambil blajar memilin langsung dibawah bimbingan pastel master, yaitu Ummi gue :)
Variasi lain dari pastel dengan menggunakan resep kulit yang sama, yaitu Samosa aliyas Curry Puff ato Pastel Kari. Gue pernah posting sebelumnya, bisa klik disini ya...


PASTEL BASAH ala Ummi-nya Lia
Recipe by: Ummi
Bahan Kulit:
500 gr terigu protein sedang (segitiga biru ato gunung bromo)
100 gr margarin, lelehkan
1 butir telur
250 ml santan dari ¼ butir kelapa
Garam secukupnya
Cara:
Sangrai tepung sampai cukup panas dan kering, ayak, pindahkan ke baskom & buat lubang ditengahnya, diamkan sampe hangat.
Rebus santan sambil diaduk2 biar ngga pecah, angkat & diamkan sampe hangat.
Kocok margarin leleh, garam dan telur sampe rata. Tuang ke lubang ditengah tepung hangat, uleni sambil dituangi santan hangat dikit2 sampe menyatu dan kalis. Diamkan 15 menit.
Adonan kulit siap dibentuk dan diisi.

Bahan Isi:
250 gr wortel, bersihkan & iris dadu kecil2
250 gr kentang, bersihkan & iris dadu kecil2, cuci bersih sampe airnya bening
150 gr daging sapi, rebus sampe empuk, iris dadu kecil2
250 ml kaldu daging
2 sdm irisan seledri (boleh lebih kalo suka)
7 butir bawang merah, iris halus
5 siung bawang putih, geprak & cincang
3 sdm minyak untuk menumis /secukupnya
2 sdm terigu + 1 sdt maizena, larutkan dengan air dikit
Irisan telur rebus secukupnya (tebel tipis sesue slera ajah)
Bumbu:
½ sdt merica bubuk /secukupnya
½ sdt pala bubuk /secukupnya
Garam & gula pasir secukupnya
Cara:
Goreng kentang sampe rada kering, tiriskan (ingat, jangan terlalu kering ya!).
Panasin minyak, tumis bawang merah+putih sampe wangi kekuningan, masukin wortel. Aduk rata, tuangi air kaldu.
Masak dengan api kecil sampe wortel setengah matang, masukin kentang, daging dan bumbu2. Masak sampe semua bahan matang dan airnya tinggal dikit, tambahkan seledri, aduk2 bentar.
Masukin larutan tepung, aduk cepat & rata sampe adonan isi menjadi pekat dan matang (ngga brasa tepung lah), angkat.
Diamkan sampe bener2 dingin, siap diisikan ke kulit.

Penyelesaian:

Bagi adonan kulit dan isi masing2 menjadi 20 bagian ato sesue slera.
Tipiskan satu bagian adonan kulit membentuk lingkaran (tipisinnya diantara dua lembar plastik yang dialasi bagian blakang loyang ato talenan).
Beri satu bagian isi, atur posisinya rada minggir membentuk setengah lingkaran didalam kulit, susun 1-2 iris telur rebus diatasnya.
Lipat setengah bagian kulit sehingga membentuk setengah lingkaran, rapikan & pilin pinggirnya berbentuk pastel.
Kerjakan terus sampe semuanya abis.
Deep fry sampe keemasan (jangan sampe nyoklat), tiriskan.
Sajikan dengan cabe rawit, glekk... nyuaaaammm...

Note:

Di rumah kami biasa pake pala bubuk & mrica bubuk buatan sendiri, selain lebih fresh rasanya juga lebih nendang. Kalo pake mrica/pala bubuk beli jadi silakan diatur sendiri takarannya karena beda merk beda kualitas.
Kalo Ummi lebih suka membentuk kulitnya oval, jadi setelah dilipat bentuknya setengah oval, cantik deh kayak Ummi :">
Dengan resep kulit yang sama, bisa divariasikan dengan isi apa aja sesue slera. Variasi yang paling sering gue bikin adalah isian samosa dengan rempah yang nyengittt...

6 comments:

Anonymous said...

Lagi nyari resep pastel yang isi kentang eh...nemu disini.Aq dah buat lho dan emang enak....abis bosen ama yang curry maning curry maning.Thx for de risipinya ya.
Ika.

ira indrawati said...

Mbak Liyaaah, resep kulit pastel ummi ini bisa menghasilkan pastel basah berapa biji?
Jangan dijawab nggak sempet ngitung krn udah keburu ambles ke perut ya...hehehe.
Trims sebelumnya.

Ifa said...

Makasih banyak non, ijin di copy boleh ya ?
Pastel basah is one of my fave jajananqu.
Tq Tq
Jazakumullah....

Rurie said...

Lia, aku contek resepnya ya :) makasih enak bgt loh.

Anonymous said...

thx bgt nie resepnya, jd kepengen cpt2 nyobain, kebetulan sk pastel jg..
izin nyontek y?
hehe..

mamaner said...

Salam kenal Mbak.
Gambar pastelnya tampak menggiurkan. Jadi pengen coba buat u/ weekend. Mohon ijin copy resepnya ya. Thanks a lot.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...