A Shot of Me

Thursday, January 13, 2005

Nasi Uduk

Walo ini hari kerja, walo waktunya serba mepet & express, gue sempetin pagi tadi bikin nasi uduk untuk suamiku tertjintah... di hari ultahnya ini :)
Pelengkap nasi uduk ini sesuei kreatifitas kalian deh, ngga harus ngikut SOP (Standard Operating Procedure)-nya orang2 Betawi. Tapi bagi gue seh nasi uduk paling enak dimakan pake sambel trasi, kering kentang(plus kacang & teri), ayam panggang ato ayam goreng, dendeng balado, poyah/srundeng kelapa, irisan tomat+mentimun dan kemangi. Minumnya, jeruk peres.
Mmmmhh......... jadi laper lagiiii..... Ini nih resep nasi uduk warisan nenek moyang yang gue modifikasi dikit. Dijamin doyan!!

NASI UDUK
Triknya, pilih rempah sesegar mungkin untuk mendapat aroma terbaik.
Bahan:
1 kg beras yang pulen, cuci bersih, rendam 30 menit
100 gr beras ketan yang udah dicuci & rendam minimal 3 jam
1 sdm penuh jahe parut
5 lembar daun jeruk, sobek2
2 batang serai, belah & memarkan
4 lembar daun pandan, sobek2
600 ml santan dari 1 butir kelapa
100 ml santan encer
1 sdm bubuk kaldu
2 sdt garam /secukupnya
Pelengkap:
Sambel terasi
Kering kentang
Ayam Goreng/Panggang
Dendeng Balado
Tomat iris
Mentimun iris
Krupuk udang/emping
Taburan:
Bawang goreng
Srundeng/poyah kelapa
Irisan dadar telur
Cara:
Peras jahe parut menggunakan santan encer secara bertahap untuk mendapat sari jahe.
Tiriskan beras & beras ketan, campur jadi satu sampe rata. Kukus dengan air mendidih selama 10 menit.
Sementara itu rebus santan dan sisa bahan lain, setelah mendidih kecilkan api dan terus rebus 5 menit sambil sesekali diaduk agar aroma rempah2nya keluar.
Masukkan beras panas ke dalam santan, aduk rata. Matikan api, tutup rapat dan diamkan sekitar 20-30 menit sampai kesat sambil sesekali dibuka & diaduk agar beras & bumbu meresap rata.
Kukus dengan uap panas selama 40 menit. Angkat, sisihkan rempah2nya. Sajikan hangat dengan taburan & pelengkap.
Tips:
- Sesuaikan takaran cairan dengan tingkat kepulenan beras. Kalo berasnya ga terlalu pulen akan butuh lebih banyak cairan. Tambahkan air panas secukupnya saat mengaroni.
- Dengan tambahan 2 sdm kunyit parut yang diperas bersama jahe, bisa jadi Nasi Kuning yang enaakk!!

KERING KENTANG
Bikin kering kentang gampang2 sulit, seringkali kalo disimpen jadi terlalu kering & mengkristal. Nah dengan resep dibawah ini gue pake sedikit santan kental yang membuat penampilannya mengkilat, moist tapi tetap awet crispy walo beberapa hari!
Kalo pengen bikin bisa klik resep kering kentang andalan gue ye...!

AYAM GORENG/PANGGANG
Aneka resep tradisional untuk ayam goreng mopun ayam panggang bisa dipilih. Klik koleksi resep ayam goreng & panggang versi gue:
http://dapurgue.blogspot.com/2005/01/poultry-2.html
http://dapurgue.blogspot.com/2005/07/poultry-ayam-goreng-pake-poyah-spicy.html
http://dapurgue.blogspot.com/2006/01/poultry-ayam-suwir-pedas.html


SAMBEL TRASI
Mmmhhh.... nothing to say 'bout this condiment but... JANGAN NGAKU ORANG INDO KALO GA KENAL ATO GA DOYAN SAMBEL TRASI!! :))
Bahan:
2 buah cabe merah, iris2
Cabe rawit secukupnya
1/2 buah tomat matang ukuran kecil, potong2
1 sdt terasi goreng
1/4 sdt garam /secukupnya
1/2 sdt gula /secukupnya
4 sdm minyak sayur
Jeruk limau
Cara:
Panasin minyak, tumis cabe merah & rawit sampe 1/2 matang, tiriskan. Masukkan tomat ke sisa minyak, goreng sampe matang, tiriskan.
Haluskan cabe, tomat, terasi, gula & garam. Tuangi minyak panas sisa menggoreng tadi.
Perciki air jeruk limau, sajikan.

DENDENG BALADO
Campur daging dengan bumbu balado sesaat akan disajikan biar dagingnya tetap crispy. Enak banged disajiin pake lalapan dan nasi hangat mopun nasi kuning/uduk.
Bahan:
250 gram daging sapi has dalam
750 ml air
Minyak goreng
Bumbu halus:
2 cm lengkuas muda
2 siung bawang putih
1 sdt garam /secukupnya
2 sdt air jeruk nipis
2 sdt ketumbar bubuk
Balado:
6 buah cabe merah, tumbuk kasar
10 butir bawang merah, tumbuk utuh kasar
2 siung bawang putih, haluskan
Cabe rawit secukupnya, haluskan
1/2 buah tomat ukuran sedang, cincang kasar
1/2 sdt terasi
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
50 ml kaldu
Garam (kalo perlu)
1 sdm air jeruk limau
Cara:
Didihkan air, masukkan daging has utuh. Rebus dengan api kecil dan tertutup rapat selama 30 menit ato sampe empuk, tiriskan daging. (Simpan kaldu untuk keperluan lain).
Iris tipis daging searah serat (setebal 0.5cm), pukul2 sampe memar dan tipis sekali.
Rendam daging dengan bumbu halus dan 50 ml kaldu, diamkan 15 menit sampe terserap.
Deep fry lembaran daging sampe bener2 kering & crispy (biasanya warnanya jadi rada gelap), tiriskan & simpan dalam toples.
Panaskan 3 sdm minyak sisa menggorang daging, tumis cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan terasi sampe wangi menyengat & setengah matang.
Tuangi 50 ml kaldu, tambahkan kaldu bubuk, gula & tomat. Masak sampe matang dan air habis.
Biarkan sampe hangat/ga panas lagi. Masukkan daging goreng & air jeruk limau. Aduk rata & sajikan segera saat daging masih crispy.

6 comments:

windy said...

Halo Mbak Lia..

Apa ada cara praktis untuk memasak nasi kuning? Maksudnya kalo mau pake rice cooker gimana sih caranya....Makasih banyak yaa

Wisata Pandeglang said...

Thanks infonya,

Langsung Praktek :D

cs said...

Kalau bikin nasi uduk dengan rice bisa nggak ya

Devi said...

mo langsung praktek ah..
tks infonya..

Anonymous said...

kayanya enak nihh :) thx m lia..

Nel said...

Sudah aku coba, wuih ini resep nasi uduk paling mantep yang pernah aku coba. Thank you yaaaaa :) This makes me happy. Kering kentangnya juga Enakkkkkkkk :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...