A Shot of Me

Tuesday, January 11, 2005

Pasar vs Supermarket (1) -- Beli Ayam

Pandangan umum, supermarket bukan tempat yang tepat untuk belanja bahan basah karna lebih mahal daripada pasar tradisional. Ternyata enggak loh...! Berikut ini tips2 untuk bisa belanja ayam dengan maksimal & murah di supermarket mopun pasar tradisional.

Supermarket: Selain bentuk utuh, ayam juga dijual berdasar bagiannya. Tiap bagian beda harganya. Sayap & punggung harganya lebih murah. Usus, kepala, kulit & ceker paling murah. Hati & ampla seimbang harga ayam utuh per kilo, sementara dada, ayam giling & fillet harganya paling mahal.

Pasar: Dada, sayap mopun punggung dihargai sama dengan ayam utuh per kilo. Ceker, kepala, usus & kulit paling murah. Hati & ampla dihargai per biji. Ayam utuhnya sedikit lebih murah dari supermarket.

Trik Blanja:
Sesuaikan kebutuhan resep yang akan dimasak. Kalo perlu tulang2 untuk kaldu (sop, lodeh), beli punggung ayam di supermarket yang lebih murah dari pasar. Setelah didapat kaldunya, punggung bisa dipotong2 untuk digoreng jadi lauk. Dagingnya masi lumayan tebel daripada beli ceker ayam, palagi kalo hobi ngemut2 tulang ampe ludes :P Dari punggung yang murah di supermarket, dapet sop dan gorengan sekaligus.
Kalo perlu dada ayam, beli di pasar lebih murah. Gitu juga kalo perlu fillet ayam, beli di pasar lebih ekonomis walo timbangannya berkurang dikit karna harus membuang tulang & kulitnya, tapi finalnya tetep lebih murah.
Mo bikin sambel goreng ati? Supermarket bisa lebih murah karna ditimbang kiloan, sementara di pasar dijual per biji. Kira2 100gr ati ayam terdiri dari 3 biji (rada kecil) ato 2 biji yang gede, coba konversiin dengan harga per biji di pasar.
Disamping itu jerohan terutama usus & ampla di supermarket lebih bersih pengolahannya daripada di pasar.
Pengen makan roasted chicken? Ato pengen masak resep berbahan dasar ayam panggang? Beli roasted chicken utuh di supermarket jauh lebih menguntungkan daripada beli utuh mentah di pasar (bisa nunjuk ayam yang mo dipanggang, gede or kecil, ras or buras) karna dihargai sama dengan seekor ayam utuh mentah (masaknya, bumbunya & sambalnya gratis lagi!!) Bayangin kalo beli di pasar, masi repot2 bersihin, marinade, bergelut dengan asap saat manggang, trus ngulek & numis sambelnya, walahhhh.... hidden cost-nya jauh lebih tinggi bok!!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...