A Shot of Me

Wednesday, January 04, 2006

Ayam Suwir Pedas

Critanya, memanfaatkan ayam goreng kiriman sepupu Mas Ali. Pas dicicip, rasanya biasa2 aja (for not to say hambar :D). Ya wis daripada makan dengan kurang selera, disuwir2 deh trus dibumbuin dengan sambal bawaan si ayam goreng, plus tambahan cabe, bawang, daun jeruk & serai. Jadilah Ayam Suwir Pedas ini hehehehh... Lumayan, palagi ditambah percikan air jeruk limo dan lalapan duuuhhh..... mana mungkin inget diet kalo dah gini bentuknya :))


AYAM SUWIR PEDAS
Bahan:

500 gr daging ayam goreng (bagian mana ajah) yang udah disuwir2 kasar >> ditimbang tanpa tulang yee...
5 buah cabe merah, iris halus
Cabe rawit secukupnya (optional, kalo gak suka pedes ilangin ajah)
7 butir bawang merah, potong kasar
3 siung bawang putih, potong kasar
2 buah tomat ukuran sedang, iris kasar
1 batang serai, belah & geprak
4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
Garam & gula merah secukupnya
Minyak untuk menumis
150 ml air matang
Air jeruk limo secukupnya
Pelengkap:
Nasi anget & lalapan dong...
Cara:
Panasin minyak, tumis bawang merah & bawang putih sampe layu. Masukin cabe merah, cabe rawit, serai, daun jeruk dan tomat. Tumis sampe setengah matang, tuangi 50 ml air & didihkan.
Matikan api, transfer smua tumisan ke cobek lalu tumbuk (halus ato kasar sesue slera ajah, kalo gue suka tumbuk kasar).
Tumis kembali bumbu tumis, masukin ayam suwir, sisa air 100 ml, garam dan gula.
Masak dengan api kecil sampe bumbu meresap dan rada kering.
Transfer ke piring saji, perciki air jeruk limo. Sajikan dengan lalapan dan nasi anget ngepul2 sluuuurppp.......

3 comments:

travisalaxander3364 said...

I read over your blog, and i found it inquisitive, you may find My Blog interesting. So please Click Here To Read My Blog

http://pennystockinvestment.blogspot.com

keluarga traa said...

resep2nya mbak lia ini emang uasliiiii dan enak2 yoo..... mesti ngiler aku lek ndelok gambare... selamat ya dah mau wiken.. hihihi.. mo kemana niiy ?

Herti Arc said...

kayaknya herti musti bikin ini dulu deh. hari ini gak sempet masak trus beli ayam panggang, tapi kok gak cocok sama selera kita. Ya udah besok pagi mau kusuwir2, kubikin kayak beginian. makannya pake sayur bayem (orang sunda mah gak boleh tinggal sayur!!) plus tempe goreng nyem nyem ma kasih ya Li..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...