A Shot of Me

Friday, August 12, 2011

Sate Ikan

Saking doyannya ikan, kalo belanja ikan pasti sekaligus banyak buat stok sebulan. Tapi kadang2 suka bosen juga nih ikan mo diapain lagi. Uda bosen dibikin woku, kuah asam, dipenyet, dipepes, masak tauco, disarden dll. Sampe satu hari uda bener2 mati gaya, uda thawing fillet kakap putih dari friser trus bengong mo diapain :)) mendadak kepikir dibikin sate ajah... eh ternyata enak. Hubby kalap pulak makannya hihihi...
Tipsnya sih umum aja, selalu pilih ikan dengan kualitas yg baik. Meski hasil thawing dari friser kalo dari awalnya kualitas ikan kurang bagus rasanya juga kurang enak. Bisa pake fillet dari ikan jenis apa aja tapi hindari ikan yg berjenis daging padat seperti keluarga tongkol/cakalang karena kalo uda dingin jadinya keras. Grillingnya jangan terlalu lama supaya ikan tetep juicy ngga dehidrasi.

Tentang proses grilling, tentu repot sekali kalo harus nyalain arang segala belum lagi asapnya yang kemana2 dan harus ngipasin pulak. Biasanya di dapur modern ngegrill-nya pake grill pan, ato pake rotary pan aliyas panggangan disco, semuanya ditangkringin di kompor langsung. Setelah mencoba beberapa jenis alat grilling untuk dapur rumahan, aku paling cocok dengan alat pembakar yang terbuat dari bahan tembikar/terakota berbentuk bundar datar memiliki lubang2 di seluruh permukaannya dengan jalur2 yang berbaris rapi. Haduuh... aku lupa namanya, tapi di toko peralatan rumah tangga ada kok (well, di surabaya sih.. hehe..). Pembakar tembikar ini tidak banyak menimbulkan asap seperti pada rotary pan, aroma hasil bakaran juga lebih enak dan khas alami, ngga ngotorin kompor serta menyimpan panas sehingga meski api uda dimatiin bahan yg ada diatasnya masih tetap panas sampe sekitar setengah jam. Hanya saja harus rajin dibersihin karena tetesan bumbu/lemak/juice bahan yg dibakar ngumpulnya di jalur2 berlubang yang kalo uda numpuk bakal nyumbat lubang2nya dan hasil bakaran jadi ngga optimal.
Haiyyaaahhh... pasti pada penasaran. InsyaAllah tar kalo ada kesempatan aku potoin deh penampakannya :) Now let's just try the fish satay recipe...

Sate Ikan
By: Alya's Kitchen
Bahan:
300 gr fillet ikan, potong dadu
Tusuk sate secukupnya
Bumbu Halus:
2 cabe merah
3 siung bawang putih
2 sdt ketumbar butiran sangrai
2 sdm gula pasir
2 sdt air jeruk nipis/lemon
1 sdt peres garam /secukupnya
3 sdm light oil (boleh pake minyak sayur biasa)
Pelengkap:
Acar timun
Irisan bawang merah
Irisan tomat
Bawang goreng
Cara:
Aduk potongan ikan dengan bumbu halus, diamkan 5 menit
Susun setiap 4-5 potong di tusuk sate, kerjakan hingga habis
Bakar sambil dibolak-balik hingga matang, sajikan dengan sambal kecap kacang ataupun saus sate, dan pelengkap sesuai selera.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...