A Shot of Me

Thursday, April 13, 2006

Peanut Sauces

Buat kita2 lidah endonesa tentu udah sangat familiar dengan aneka saus berbahan kacang tanah. Mulei Gado2, Rujak Ulek, Rujak Manis, Sate, Siomay, Otak2 sampe Pecel semuanya menggunakan saus berbahan kacang tanah. Saus2 ini menjadi condiment yang sangat khas endonesa selain sambel trasi :D Gue adalah penggemar saus kacang yang demen utak-atik resep dan dibawah ini resep2 saus kacang andalan Dapur Gue.

SAUS RUJAK MANIS
Bahan:
100 gr kacang goreng
250 gr gula merah, disisir
3 sdm bawang putih goreng
2 sdm air asam
1/2 sdt garam /secukupnya
Cabe rawit secukupnya
1/4 sdt terasi (optional)
Air matang secukupnya
Cara:
Haluskan cabe, terasi, garam dan air asam.
Tambahkan gula merah, ulek terus sambil dituangin air dikit2 sampe halus dan mencapai kekentalan sesuai selera.
Masukin bawang putih goreng dan kacang goreng, ulek kasar ato halus sesue slera, kalo terlalu kental bisa ditambah air lagih.
Sajikan dengan irisan buah2an.

SAUS RUJAK ULEK
Bahan:
100 gr kacang goreng
2 sdt gula merah
2-3 sdm bawang putih goreng
1 sdm air asam
1 sdt garam /secukupnya
Cabe rawit secukupnya
1/2 sdt terasi
100 gr petis udang
Air matang secukupnya
Cara:
Blender semuanya jadi satu.
Sajikan dengan lontong & sayuran rebus, tahu & tempe goreng.

SAUS RUJAK MADURA
Bahan:
100 gr kacang tanah goreng
2 sdm bawang putih goreng
2 sdm petis ikan
1/2 sdt garam /secukupnya
Cabe rawit, sesue slera
Air matang /secukupnya
Cara:
Ulek/blender semua bahan jadi satu.
Sajikan dengan lontong & sayuran rebus, tahu & tempe goreng.

SAUS KECAP KACANG
Lebih mirip sambal kecap, tambahan kacang yang dihaluskan membuatnya lebih sedap. Cocok untuk ikan bakar/goreng dan sate kambing.
Bahan:
4 sdm kacang tanah goreng, tumbuk kasar
2 sdm bawang putih goreng, haluskan
Cabe rawit secukupnya
1 sdm petis udang
100 ml kecap manis
2 sdt air jeruk limau
Cara:
Haluskan petis dan cabe sambil dituangi kecap sedikit2 sampe halus & rata. Tambahkan kacang, bawang putih goreng & air jeruk limau, aduk rata.

SAUS TAHU TEK/TAHU GUNTING SURABAYA
Bahan:
4 sdm kacang goreng
2 sdm petis udang
3 sdm kecap manis
2 siung bawang putih
Garam secukupnya
Air matang secukupnya
Cara:
Ulek/blender semua bahan jadi satu.
Sajikan dengan tahu goreng setengah mateng yang dipotong kasar, lontong, toge rebus, irisan kentang rebus dan krupuk udang.

SAUS GADO2
Bahan:
200 gr kacang tanah goreng
700 ml santan
2 sdm tepung beras, dilarutkan dengan air dikit (untuk pengental)
Garam & gula merah secukupnya
Minyak sayur, untuk numis
Bumbu halus:
7 buah cabe merah
7 siung bawang putih, tumis sampe layu
1/2 sdt terasi (optional, tapi nambah sedep loh)
Cara:
Blender kacang pake sebagian dari takaran santan
Campur blenderan dengan sisa santan, aduk sampe rata & panaskan sambil sesekali diaduk2.
Sementara nunggu mendidih, tumis bumbu halus sampe wangi dan matang, masukin ke rebusan saus.
Rebus terus saus dengan api kecil sambil sering diaduk sampe mulei berkurang volumenya dan terlihat berminyak, masukin larutan tepung beras.
Aduk terus sampe kental dan meletup2 kurleb 5 menit, matikan api.
Tunggu sampe anget, siap deh disiramin ke sayuran rebus, lontong, telur rebus, kentang rebus, tahu & tempe goreng plus emping.

SAUS PECEL
Bahan:
200 gr kacang tanah goreng
6 buah cabe merah (bisa dikurangin)
Cabe rawit secukupnya
4 siung bawang putih
4 cm kencur /secukupnya, bakar dan kerok kulitnya, iris2
7 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1 sdt garam /secukupnya
100 gr gula merah /secukupnya
1/3 sdt asam jawa (optional)
5 sdm minyak sayur
Air matang hangat secukupnya
Cara:
Panasin minyak, tumis cabe merah, bawang putih dan cabe rawit sampe layu, masukin daun jeruk, aduk2 bentar lalu matikan api.
Campur kacang tanah, bumbu tumis (beserta minyaknya), kencur, garam dan gula jadi satu.
Kalo ingin langsung disajikan:
Blender jadi satu bersama air matang hangat.
Sajikan bersama sayuran rebus, rempeyek, lalapan mentimun & kemangi.
Kalo ingin disimpan:
Tumbuk semuanya pake lumpang sampe halus TANPA menambah air sedikitpun. Perlu tenaga ekstra nih... :)) Selanjutnya bisa disimpan dalam wadah tertutup rapat. Kalo perlu tinggal ambil secukupnya & dicairin dengan air panas.

SAUS SIOMAY
Gue pake resep Saus Gado2, tinggal nambahin kecap dan air jeruk limau.

SAUS SATE
Bahan:
200 gr kacang tanah, goreng
4 buah cabe merah, hilangkan bijinya, tumis matang
6 siung bawang putih, potong2 & tumis matang
1 sdm petis udang
2 sdm gula merah /secukupnya
1 sdt garam /secukupnya
200 ml air panas /secukupnya
4 sdm minyak sayur
Cara:
Blender kacang & smua bahan jadi satu kecuali minyak sayur.
Panasin minyak, tumis campuran kacang sampe lekat, tambahin air panas lagi secukupnya.
Masak terus sampe membentuk adonan yang pekat. Angkat.
Penyajian:
Gerus cabe rawit iris di piring pake sendok, beri 3-4 sdm saus kacang, kecap manis secukupnya, aduk rata. Letakkan sate, perciki air jeruk.

SAUS SATE EXPRESS
Dinamakan express karena diblender sekaligus dan langsung disajikan. Tapi rasanya gak kalah manteb kok!
Bahan:
75 ml Kecap manis
75 gr kacang tanah goreng
1 sdm bawang putih goreng
2 sdt air jeruk limau
2 sdt petis udang
50 ml air panas /secukupnya
Cara:
Blender smua bahan jadi satu.
Penyajian:
Sama seperti diatas.

9 comments:

nYam said...

alhamdulillah dapet resepnya lengkap. ta' copy ya mbak. buat tambahan kumpulan resep yang entah kapan bisa dipraktekkan

Anonymous said...

mbak, aku lagi ngumpulin data buat bikin buku ttg kondimen,boleh jadi salah satu sumberku ya....

Lia said...

Alo "Anonymous" :)
Monggo kalo mo dijadiin referensi, bila memang dirasa bermanfaat, dan alamat web dicantumkan dalam daftar referensinya :)
Kabarin kalo bukunya udah jadi ya, aku mo ngoleksi loh...

Yanti said...

Mbak Lia,
Tambahin satu lagi dong dalam perbendaharaan saus-sausan kacang ini : sambel kacang untuk nasi uduk.

peni respati said...

lia, so klo yang untuk tahu telor, pake saus tahu tek/tahu gunting khan? hadoh, sangat o'onnya dakuw gak jatim babar blass.. kekekekkk

Lia said...

Iyo say, pake saus tahu tek/tahu gunting, jangan pake saus rujak manis yo kekekeke...

Lia said...

Buat Yanti, kalo bikin nasi uduk kategorinya sambel kemiri jadi gak masuk disini :D *ngeles.com*
Btw bumbunya simpel ajah kok, kemiri goreng dan kacang goreng perbandingan 2:1 (banyakan kemiri) diulek ama cabe, garam & gula, diencerin plus kasi cuka dikit.

sofi said...

mba Lia, menumpang cari ide yaaaaaa. terimakasih sangat membantu saya.

Vitachu Chinta said...

Sngat mmbntu bgettt,mksihhhh ya....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...