A Shot of Me

Monday, November 10, 2008

Sup Bihun Udang

Udah mulai masuk musim hujan, sering mendung dan angin sejuk. Wiken yang nyaman banget nih, nyempetin utak-atik dikit masakin hubby yang demen bihun. Biasanya bikin bihun goreng tapi kali ini pengen bikin yang berkuah hangat. Enak banget menikmati semangkuk sup bihun hangat dan sedap berkuah udang dalam cuaca yang sejuk, sluurpp....


SUP BIHUN UDANG
By: Lia, Dapurgue
Bahan:
150 gr bihun kering
350 gr udang ukuran sedang
1 sdm kecap asin
3 lembar daun jeruk
1 liter air
1.5 sdt garam/secukupnya
1/2 sdt gula pasir/secukupnya
4 sdm minyak sayur
Sayur, iris halus:
Sawi (caisim, pokchoy, sesuai selera)
Wortel
Jamur kuping (aku pake yg segar)
Bumbu Halus:
10 butir bawang merah, goreng utuh
7 siung bawang putih, goreng utuh
6 butir kemiri, goreng
3/4 - 1 sdt merica bubuk
Cara:
Rebus atau siapkan bihun sesuai petunjuk di kemasan, tiriskan dan sisihkan.
Udang dikupas bersih (sisihkan kulit dan kepalanya), aduk dengan kecap asin diamkan 15 menit di kulkas.
Sangrai kulit dan kepala udang sampai tidak berair, tuangi air. Didihkan lalu tutup dan simmering hingga agak menyusut. Saring, takar kaldu sebanyak 750 ml.
Panasin minyak, tumis udang sampai setengah matang, tiriskan dan sisihkan, jaga wajan tetap panas.
Masukkan bumbu halus dan daun jeruk ke wajan, tumis hingga wangi.
Tuangi kaldu udang, didihkan, tambahkan garam dan gula.
Masukkan udang tumis dan sayuran yang telah diiris halus, didihkan sekali lagi, angkat.
Siapkan bihun di mangkuk, tuangi kuah, sajikan segera.
Note:
Bisa ditambah taburan sesuai selera, seperti daun bawang ato bawang goreng, kecap manis dan sambal.
Sayur bisa diganti apa aja misalnya taoge, brokoli, jamur2an lainnya, dll.
Kalo demen kuah banjir, tambah sendiri kaldunya dg aer panas ya.

2 comments:

LALA said...

Thanks Mbak Lia, selama ini resep2nya sudah banyak membantu saya yang kadang bingung mau masak apa.
ditunggu resep2 terbarunya terus.

engi said...

Mbak, ini porsi untuk berapa orang yah?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...