A Shot of Me

Friday, August 09, 2013

Soto Iga Sapi

Saya dan suami suka banget makan soto, kalo pergi ke daerah mana gituh sering kita cobain soto khas lokal. Soto daging sapi maupun soto ayam, sama2 enjoy dengan nikmatnya :)
Hidangan soto memang segar dan unik. Saya bilang unik, karena dengan sekian jenis "asesoris" pelengkapnya, setiap orang bisa meracik soto di piringnya sesuai citarasa masing-masing. Saya suka soto dengan banyak kucuran air jeruk nipis, irisan daun seledri yang royal juga, bawang goreng yang melimpah, sedikit kecap manis dan sedikit sambal. Racikan suami beda lagi, blio demen menambahkan kecap sedikit lebih banyak, sambal yang generous, air jeruk dan bawang goreng cukup banyak juga, daun seledri sedikit saja. Untuk soto-soto yang memiliki asesoris lebih beragam seperti kedelai goreng, tauge pendek, koya bawang putih, poyah kelapa tumbuk, kripik kentang, soun, sambal kecap dll, tentu gaya racik masing-masing orang semakin beragam.
Beberapa waktu lalu saya nawarin suami untuk dimasakin iga sapi. Saya tawarkan option sop iga, soto iga atau rawon iga *no opt untuk iga bakar, lagi males ribet bakar2 hihihi...* Nah, blio milih soto iga dan sop iga. Oh baiklaaah... tapi gantian ya masaknya. Hari ini soto iga dulu deh.
Bosan terlalu sering merasakan soto madura resep keluarga, saya coba memasak soto iga dengan citarasa jawa timur selatan yang sedikit berbeda dari soto madura. Saya terinspirasi ketika melihat resep sotonya Astri Nugraha. Di resep itu Astri memberi judul Soto Sulung (Soto Madura) yang kalau menurut saya sebenarnya lebih mirip kepada soto wilayah jawa timur selatan. Soto madura berbumbu minimalis, tetapi soto daerah selatan lebih beragam rempah seperti sereh dan daun jeruk. Well, saya lalu memutuskan untuk membuat soto gaya selatan saja, kan suami saya berasal dari selatan jatim :) Soto dimasak simmering, menghasilkan cita rasa yang kaldu yang sangat rich, daging iga yang empuk lembut dan juicy. Tak lupa sesaat sebelum selesai memasak kuahnya disaring supaya cantik penampilannya :)
Pilihan saya ngga keliru, begitu matang, suami makan 2 piring saking sukanya, ahaaaayyyy.... :D

SOTO IGA SAPI
By: Alya's Kitchen
Bahan:
500 gr iga sapi *yg banyak dagingnya yaa...
2 liter air
3 tangkai seledri yg cukup besar, ikat+simpul jadi satu
1 batang sereh, geprak
6 lbr daun jeruk
Garam dan gula secukupnya
Daun bawang besar (leek) iris2
Minyak sayur secukupnya
Bumbu Halus:
6 siung bw.putih
5 butir bw merah
5-6 cm kunyit, iris kasar
1 cm jahe, iris kasar
1/2 sdt merica bubuk,
1/2 sdt pala bubuk (diparut langsung dari biji pala)
Pelengkap:
Telur rebus
Sambal rawit rebus
Seledri iris halus
Bawang goreng
Irisan jeruk nipis
Kecap manis
Cara:
Didihkan air, masukkan iga sapi dan seledri yang disimpul, tutup rapat dan simmer sekecil2nya. Masak hingga daging iga setengah empuk.
Goreng semua bahan bumbu halus *kecuali mrica dan pala* hingga matang, blender halus semuanya. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, mrica pala daun jeruk dan sereh hingga wangi dan matang. Masukkan tumisan bumbu ke rebusan iga yang setengah matang, tambahkan garam dan gula. Lanjutkan simmering tertutup rapat  hingga benar2 empuk.
Angkat iga, saring kuahnya dan buang ampasnya. Masukkan kembali iga ke dalam kuah, didihkan kembali, tambahkan irisan daun bawang besar lalu matikan api.
Siap disajikan dg nasi/lontong dan pelengkap.
Note:
Sesuaikan takaran kuah, selama perebusan mungkin banyak menyusut maka tambahkan air panas jika kurang.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...