A Shot of Me

Saturday, July 20, 2013

Kroket Keju

Bulan ramadhan tahun ini insyaAllah diniatin lebih rajin setor takjil daripada tahun lalu. Niatnya bisa setor setiap hari, alhamdulillah sampai hari ini diberi kemudahan oleh Allah untuk lancar jaya setor takjil tanpa bolong :) Secara kerjaan kantor lagi banyakkk banget bulan2 ini, ngga setiap hari sempet bikin sendiri takjilnya. Awal-awal bulan puasa disempet2in bikin sendiri mulei puding sampe bubur, tapi akhirnya nyerah juga...lebih sering mengandalkan beli cake di toko kue wkwkwkkw...
Di Surabaya uda setahunan ada cabang toko Majestik yang di Jkt, alhamdulillah jadi andalan banget buat setoran takjil. Favorit kita dari toko ini adalah Fruit Cake. Kalo pas ngga sempet bikin dan ngga bisa ke majestik, mampir ke toko buah beli jeruk manis, ato bronis. Apa aja deh, yang penting cukup layak untuk disajikan bagi orang2 yang telah seharian berpuasa :)

Salah satu setoran takjil yang sempet saya buat dengan hepi adalah Kroket Keju. Gimana ngga hepi, karena saya jadi ada pelampiasan untuk ngabisin stok keju di kulkas yang bejibun wkwkwkwkk... ntu keju2 saya beli banyak untuk kakak bikin kukis lebaran nanti, secara sedunia uda tau bahwa saya pemalas bikin kukis *bangga eh* :)) Tapi sikap pemalas ini kena batunya, ketika kakak ngabarin lebaran tahun ini ngga mudik, giliran lebaran di kampung mertuanya. Terpana menatap tumpukan keju di friser, secara itu kejunya edam dan parmesan. kalo keju cheddar ato cream cheese mah uda bisa dihambur2kan aja bikin pisgor, olesan/taburan ruti dll. Edam dan parmesan, kalu gak dibikin kukis mo dibikin apa dongggg huhuhuhuuuuu.... gundah rasau galau resah, lalu kepikir ajah dibikin kroket keju yang pasti asoy banget kalo dicampurin edam/parmesan dalam adonannya. Tring...tring...triiing....!!! jadi deh berhepi-hepi menguleni 2 kg kentang untuk kroket keju setoran takjil. Teteuuupp masih nyisa banyak kejunya, oh gpp...karena akan dibikin kroket lagi untuk setoran berikutnya, ato dibikin mac schotel ato pastup keju hehehehehhh.... yang penting saya tidak bikin kukis... :))

Kroket keju dengan campuran edam/parmesan, berpadu smoked beef dan aroma pala serta seledri, plus cream cheese filling. It's cheesy all the way...! Cocok juga untuk ngeteh sore2, ato untuk sajian lebaran nanti :) Variasikan sesuai selera yahhh, smoked beef bisa diganti ayam/daging cincang. Resep dibawah ini menggunakan takaran seperempat dari yang saya bikin kemarin, karena kentang 2kg jadinya banyakkk sekali pemirsa... jadi untuk konsumsi sendiri kita bikin ajah kentang 500 gram yahhh.. Yuk monggo silakan diincip, eh dibikin..


KROKET KEJU
By: Alya's Kitchen
Bahan Kentang:
500 gr kentang yang uda dikupas
3 sdm penuh keju edam/parmesan parut halus *maap gak nimbang hehe..soale stok di kulkas uda parutan
25 gr keju cheddar, parut
1/4 butir pala, diparut halus
1/2 sachet merica bubuk
1-2 sdm seledri iris halus
1 butir telur
Bahan Roux:
50 gr butter/margarin
40 gr bawang bombay, cincang
15 gr bawang putih, cincang
3 lembar smoked beef, cincang
100 ml susu cair
3/4 sdt garam
50 gr tepung terigu
Bahan Filling:
Cream Cheese (plain atau garlic)
Bahan Breading:
Putih telur
Tepung panir (atau breadcrumb jika suka yg kasar)
Minyak sayur untuk deepfrying
Cara:
Potong2 kentang, kukus hingga matang lalu lumatkan panas2 hingga halus.
Campur kentang dengan sisa bahan lainnya, aduk rata & sisihkan.
Buat roux: panaskan margarin/butter, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi, tambahkan smoked beef, tumis sebentar. Tuangi susu dan tambahkan garam, didihkan. Masukkan terigu, aduk cepat hingga kalis, matikan api.
Campur adonan roux dengan adonan kentang, uleni hingga rata.
Pulung adonan sebesar bola pingpong atau sesuai selera, isi bagian dalamnya dengan creamcheese menggunakan piping bag. Kerjakan hingga adonan habis.
Celup bola-bola ke putih telur, gulingkan ke tepung panir hingga rata, kerjakan semua hingga selesai. Simpan bola2 berpanir di kulkas satu jam supaya panir menempel sempurna.
Deep fry hingga keemasan, tiriskan. Sajikan hangat dengan saus sesuai selera.
Note:
Jumlah kroket yang masuk dalam minyak jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sering diaduk supaya hasil gorengan cantik mulus tidak ada yang meletus.
Bisa disajikan dengan saus tartar, mayones, saus tauco atau paling simpel saus tomat/sambal

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...