A Shot of Me

Tuesday, July 23, 2013

Bubur Sagu Ubi

Saat masih kecil dulu ummi sering sekali bikin jajanan sore, mulai aneka gorengan hingga bubur. Salah satu yang suka dibikin ummi adalah bubur sagu rangi, sayang saat itu saya tidak terlalu menyukai bubur sagu rangi. Sampai suatu hari saya diajak tetangga untuk sowan ke rumah keluarganya di daerah Karanggayam, Sby. Oh ya, fyi jaman kecil saya sering "dipinjem" tetangga hihihi...saat itu saya umur 4-7 tahunan, imut lucu cantik manis *duhhhh...* ngga rewel dan juga ngga susah makannya, bikin ibu-ibu tetangga demen banget ama saya terutama yg ga punya anak perempuan, saya sering diajak jalan2, "dipinjem" gitu istilah ummi hihihi... Ummi ngga keberatan kalo saya diajakin jalan2, karena saya juga enjoy *ketauan yak, ternyata doyan hengot dari kecil wkwkwkwkwkk... Nah ama salah satu tetangga di satu hari itu, pulang dari rumah keluarganya saya diajakin beli bubur diujung kampung. Bubur sagu, aaarghhhh.... saya uda ilfil. Tapi oh tetapi, ternyata buburnya berbeda. Disusun di pincuk terdiri dari nasi ketan yang gurih, sedikit parutan kelapa setengah tua, disiram bubur sagu hangat yang tidak terlalu pekat, trus disiram ama saus santan plus sedikit siraman saus gula merah. Wah...ternyata saya bisa ngabisin sampe ludesss... dan sejak itu saya mulai bis angrasain enaknya bubur sagu meski belum bisa jadi bubur favorit kalo disajikan sebagai bubur sagu secara soloist :D
Lain waktu, uda dewasa nih... saya makan bubur sagu hangat yang juga tidak terlalu pekat, dengan potongan ubi/singkong di dalamnya. Enakkkk dehhh... baru nyadar rupanya saya kurang suka bubur sagu yang terlalu pekat sebagaimana cara ummi biasa memasak bubur sagu. Kalo dibuat ngga terlalu pekat dan dikombinasi dengan bahan lain, saya lebih suka.
Kenangan bubur sagu rupanya membangkitkan kerinduan saya. Pas momennya bulan ramadhan pula, maka saya membuat bubur sagu ubi sebagai setoran takjil ke mesjid. Mudah2an pada suka, karena saya bikinnya juga ngga terlalu pekat :) Jujur ini pertama kali saya bikin bubur sagu sendiri, ngga tau takarannya, nanya2 ke Mba Hanna ancer2 takarannya lalu saya gabungin dengan perkiraan saya juga. Thanks ya Mba Hanna :) Alhamdulillah ternyata sukses, gelas2 bubur rata2 abis ngga nyisa :)


BUBUR SAGU UBI
By: Alya's Kitchen
Bahan:
150 gr kepingan sagu rangi
300 ml air untuk merendam
400 ml air untuk merebus
3 lembar daun pandan, potong2
300 gr singkong yg bagus, potong dadu kecil
1/2 sdt garam
Sirup Gula Merah, rebus dan saring:
50-75 gr gula merah disisir
100 ml air
2 lembar daun pandan, cabik2 dan simpulkan
Saus Santan:
200 ml (1 kotak) santan UHT siap pakai
200 ml air
1/3 sdt garam
1 sdm tepung beras + 1 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air
Cara:
Cuci/bilas kepingan sagu rangi satu persatu dibawah kran air, lalu rendam dalam 300ml air selama satu jam atau hingga lunak. Remas2 untuk menghancurkan kepingan, lalu blender dan sisihkan.
Didihkan 400 ml air, masukkan potongan singkong, garam dan daun pandan, rebus hingga singkong empuk.
Tambahkan blenderan sagu rangi dan sirup gula merah yang telah disaring, masak hingga bubur meletup2 dan benar2 matang.
Matikan api, sajikan bubur hangat dengan siraman saus santan.
Saus santan:
Rebus santan, air, garam dan pandan hingga mendidih, kentalkan dengan larutan tepung beras dan maizena.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...