A Shot of Me

Thursday, October 28, 2010

Puding Mangga

Haiyyaaa..... lagi musim mangga, banjir mangga harga muraaaahhh di pasar :)

Puding Mangga merupakan jenis dimsum yang seringkali menjadi dessert favorit selain Puding Almond. Rasanya kenyal lembut dan segar. Versi aslinya menggunakan gelatin tapi karena males repot2 banyak cucian pilih praktisnya aja pake konnyaku (jelly) powder. Kelemahan konnyaku powder ini hasilnya kurang stabil mudah berair. Mensiasatinya adalah dikombinasi bubuk agar2 sehingga teksturnya lebih kokoh namun tetap lembut dan kenyal, serta tidak mudah berair.

Umumnya puding mangga yang ada di resto memiliki rasa dan aroma mangga yang mild karena menggunakan jenis mangga arumanis (kalo di LN puding mangga-nya juga mild karena varian mangga di LN rata2 rasanya tidak seeksotis mangga Indonesia, jauh banget deh). Mangga beraroma kuat biasanya dimiliki jenis2 mangga yang berserat dengan citarasa masam segar. Bila menginginkan aroma mangga lebih kuat bole ditambahkan sirup mangga konsentrat maupun sirup bubuk seperti nutrisari pada saat memblender mangga.

Kunci utama membuat puding mangga yang enak:
1. Gunakan krim kental atau susu evaporated untuk rasa yang creamy dan konsistensi adonan yang baik
2. Pilih mangga yang masak pohon khususnya jenis gadung/arumanis karena warnanya cantik dan teksturnya dagingnya halus tidak berserat sehingga tidak mengganggu penampilan puding jika dipotong/digigit
3. Timing mencampurkan mangga ke adonan puding, yaitu saat terakhir setelah mendidih, dan tidak perlu dididihkan kembali supaya mangga tidak menjadi matang dan berubah rasa.

Penyajiannya bisa bermacam cara, setiap resto memiliki cara tersendiri untuk menyajikannya. Ada yang disiram sirup jeruk maupun sirup mangga, disiram saus stroberi, atau disiram susu evaporated dan ditaburi mangga cincang, atau cara penyajian lain sesuai selera.

now let's go to the show.. :)

PUDING MANGGA
By: Alya's Kitchen
Bahan:

600 gr daging mangga masak pohon, blender halus
1 kaleng susu evaporated + susu UHT, total 700ml
1 sachet (7gr) bubuk konnyaku warna putih
0.5 sachet (3-4gr) pak bubuk agar2 warna putih
gula pasir sesuai selera (perlu diingat mangganya uda manis)
sejumput garam *bole skip, hny sbg tambahan gurih kalo total manis doang terasa hambar u/ seleraku*
Cara:
Aduk rata bubuk konnyaku, agar2 dan gula pasir lalu tuangi campuran susu sedikit demi sedikit dengan whisker (trik supaya bubuk agar/jelly tidak menggumpal)
Panaskan dengan api sedang sambil terus diaduk searah dengan whisker hingga mulai mendidih
Masukkan blenderan mangga secara bertahap sambil tetap diaduk searah dengan whisker hingga rata, matikan api (tidak perlu sampai mendidih lagi)
Tuang ke cetakan kecil2, diamkan hingga beku. Simpan di kulkas, sajikan dingin sesuai selera.


sorry i didint make the picture :)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...