A Shot of Me

Monday, April 17, 2006

The Muffins

Muffin yang pernah dikursuskan di Wilton Jakarta ini menjadi hot issue di NCC.
Ruri si peserta kursus, berbaik hati membagikan resepnya di milis, yang dengan segera dipraktekkan secara massal oleh temen2 :)) Thanx Ruri...!
Tertarik dengan hebohnya si Muffin Wilton dengan metode pembuatan yang cukup unik, tangan gue pun jadi gatal pengen nyobain juga.
Gue melakukan modifikasi takaran bahan dan cara pembuatan, dengan hasil yang gak jauh berbeda dari “seharusnya”.
Dan memang rasa muffin ini, hmmm.... lembut dan sedap dengan wangi butter yang menggoda. Sampe besok paginya pun masih tetep lembut dan enak!
Gue bagi adonan jadi 3. Masing2 gue variasi: campuran kismis dan taburan almond, isi selai bluberi, terakhir isi potongan DCC yang cukup tebel di tengah (karena gak ada coklat cips, eh tapi pake potongan DCC malah manteb booo...).





MUFFIN WILTON
Source: Ruri
Origin: Kursus Wilton, Fatmawati – Jakarta
Modified by: Lia, Dapur Gue.
Bahan:
150 gr butter + 80 gr margarin
110 ml susu cair
225 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdm vanilla essence (cair), ato 1 sdt pure vanilla crystal
3 butir telur yang rada gede
Campur dan ayak jadi satu:
350 gr terigu protein sedang (all purpose flour, plain flour)
2 sdt double acting baking powder
Cara:
Satukan gula pasir, garam, susu cair, margarin & butter. Panasin dengan api kecil hingga butter & margarin leleh sempurna dan gula larut.
Matikan api, diamkan hingga tidak terlalu panas. Masukin campuran tepung sambil diaduk dengan hand whisker hingga rata
Masukin telur satu persatu sambil terus diaduk hingga menyatu.
  • Tuang ke cup/loyang muffin hingga penuh, dalemnya bisa dikasi isian sesue slera dan taburan sesue slera juga.
  • Oven hingga matang dan berwarna kuning keemasan, angkat. Siap disajikan.
    Variasi Isian:
    Potongan DCC, cream cheese, selai
    Variasi Campuran:
    Keju dipotong kotak2, kismis ato sultana (rendam air panas dulu, tiriskan), coklat chips, meises, apel potong kotak, bumbu spekuk, kayumanis, almond slices, kacang mente cincang. Campur & aduk rata dengan adonan.
    Variasi Taburan:
    Coklat chips, almond, kacang2an cincang.
    Note:
    Karena adonan muffin ini cukup kental, ngga usah kuatir isian ato campurannya bakal turun ke dasar kue.
    Jangan heran dengan 1 sdm vanilla, ini karena gue maniak vanilla :)) silakan diatur sendiri takarannya, di resep asli ga pake vanilla.

    Resep asli dari Ruri kek gini nih...
    Bahan:
    350 gr tepung terigu
    230 gr butter
    110 cc air
    2 gr garam (gak perlu kalo butternya pake yang salted)
    200 gr telur (timbangnya gak pake kulit yeee)
    300 gr gula pasir
    8 gr baking powder
    50 gr bahan tambahan sesuka hati (misalnya coklat chip ato keju dipotong dadu)
    Cara membuat:
    Rebus butter, air dan garam sambil mendidih
    Masukkan tepung kedalam kom mixer, masukkan bahan campuran butter panas-panas lalu dimixer dengan kecepatan sedang sampai hangat, masukin campuran butternya sambil dikucurin gitu ya, jangan langsung dituangin sekaligus
    Masukkan vanilla
    Masukkan telur satu persatu
    Campur gula pasir dan baking powder sampai rata, lalu masukkan kedalam adonan, kocok sampai cukup rata
    Masukkan bahan tambahan
    Masukkan adonan kedalam piping bag, potong ujungnya
    Semprotkan kedalam cetakan muffin sampai penuh taburi atasnya dengan sisa bahan tambahan
    Oven dengan suhu 160° ± 25 menit
    Psstt...... dari resep ini bisa dimodifikasi sesuka hati.
    Bisa ditambah coklat chips, keju, blueberry ato strawberry jam, pakein kismis, ato apa ajah yang ada di lemari dapur asal jangan ditambahin garpu yaa... hehehe
    Kalo ngerasa kemanisan, boleh kurangin gulanya tapi maksimal nguranginnya 30% ajah

    (juga bisa diliat di http://kuehruri.blogspot.com/2006_01_01_kuehruri_archive.html)

    2 comments:

    Ruri said...

    kikikik... beneran tukeran yak.
    daku ngejajal rendang nendang mu itu sedang dikau ngejajal muffin ku...

    poetry said...

    Mba Lia,

    kalo aku ke surabaya, mau gak anterin ke Toko cari loyang?
    email aku ke virginta@telkom.net ya...
    tks loh...

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...