A Shot of Me

Wednesday, April 05, 2006

Setup Guava

Saat masih kecil, gue familiar dengan aneka setup. Nenek suka sekali bikin setup aneka buah, mulei pisang, nanas, rambutan, salak, apel sampe jambu biji semuanya disetup. Asal nemu buah yang asem pastilah berakhir dengan manis di tangan blio :)
Setup Jambu Biji aliyas Guava menjadi salah satu paporit gue. Pilih guava yang udah matang agar aroma dan rasanya maksimal. Paling segar pake guava merah, ato guava dari madura yang buahnya kecil2 dan wangiiii... asal jangan guava bangkok ya karena aromanya gak nendang blas. Tambahan kayumanis bikin setup makin segar dan sedap. Dan jangan lupa... guava berkhasiat meningkatkan kadar trombosit dengan drastis. Cocok untuk penderita demam berdarah, juga membantu mempercepat pemulihan stamina bagi yang baru sakit. Aroma, rasa dan khasiatnya justru makin meningkat setelah direbus loh. Jadi selain segar juga sehat! Cobain yukkk...!



SETUP GUAVA
Bahan:

700 gr guava, cuci bersih & potong2 (kalo kondisi kulitnya gak bagus dikupas ya)
1 liter air
100 gr gula pasir ato sesue slera
7 cm cinnamon stick/kayumanis, patahkan jadi dua
Cara:
  • Panasin air sampe mendidih, masukin potongan guava dan kayumanis, kecilkan api.

  • Rebus sampe mendidih kembali, buang buih yang mengapung kalo ada. Masukin gula pasir.

  • Aduk sampe larut dan mendidih 2 menit, matikan api dan tutup rapat. Jangan dibuka sampe akan disajikan, agar aromanya bertahan.

  • Sajikan hangat ato didinginkan dulu di kulkas 4 jam sebelum disajikan.

  • Note:
    Banyak orang yang lebih suka mengeruk guava untuk menghilangkan bijinya. Sebenernya justru bagian tengah ini paling banyak mengandung sari guava. Gue memilih untuk tidak membuang bagian tengahnya, biji2nya biar terfilter sendiri saat dikonsumsi hehehehh...
    Ato kalo mau setelah jadi setup trus diblender. Diamkan sampe biji2nya ngumpul dibawah lalu tuang perlahan ke wadah lain sambil menjaga agar bijinya ngga ikutan. Jangan pake saringan ya, ntar malah banyak jus guava yang ikut terbuang.

    4 comments:

    ika said...

    Jadi inget mama kalo liat setup ini.Kalo lagi musim hampir tiap hari mama buat.Sekarang disini boro2 buat setup,selain gak ada n n muahall..adanya juga cuma jambu bangkok.Kebayangin aja dulu itu aromanya...ahhhhhhh

    ratna said...

    Duh bikin ngeces Li....sayang disini cuma ada jambu bangkok...eh kayaknya ada ding jambu biasa dari mexico, tapi jelek2 ih (dan warnanya kuning kagak niat--kecepetan dipetik kali ya)

    rita bellnad said...

    *drowlinggggggggg...* bener deh aku nyidam itu jambu. kangeeen banget ma jambu hiks...

    Lia said...

    kekekekeke.... kaciaaaan deh Mbak-mbakku inih, pada jauh dari "jambu yang sebenar-benarnya" :)) alah, kalo jambu bangkok mah dirujak ajah.

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...