A Shot of Me

Friday, March 10, 2006

Mi Rebus Pedas

Mi rebus banyak versinya, bisa dibilang semua orang punya resep sendiri. Bikinnya cepet, super gampang pulak.
Mi Rebus Pedas ini salah satunya, jangan ragu memodifikasi dengan menambahkan apa aja yang kliatan dan bisa diceburin :))
Paduan aneka saus membuat kuahnya pekat, kental dan sedap. Tingkat kepedasan bisa diatur pada saus sambal dan irisan cabe rawitnya.
Ofkors cocok disajikan saat cuaca dingin, sluurpp....



MI REBUS PEDAS
Bahan:

200 gr mi telur kering yang udah diseduh dan ditiriskan
5 butir bawang merah, iris halus
3 siung bawang putih, iris halus
3 sdm minyak sayur
600 ml air kaldu
Garam seperlunya
2 butir telur
1 ikat kecil sawi/caisim, bersihkan & potong2
Ayam goreng suwir
Seasonings, aduk rata:
1 sdm saus teriyaki *)
2 sdt saus cabe
2 sdt kecap manis
3 sdt saus tomat
¼ sdt merica bubuk
2 sdt kecap asin
1 sdt saus tiram
Cabe rawit secukupnya, iris halus
50 ml air matang
Pelengkap:
Bawang merah dan putih goreng
Acar mentimun
Cara:
  • Panasin minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampe wangi dan kekuningan setengah kering.

  • Tuangi campuran seasonings, biarkan hingga berbuih, tambahkan air kaldu dan didihkan dengan api kecil.

  • Pecahkan telur diatasnya, masukkan ayam suwir dan garam secukupnya, diamkan hingga telur setengah matang.

  • Masukkan caisim dan mi telur, besarin api ke medium, aduk2 sebentar sampe semuanya matang.

  • Matikan api, tuang ke mangkuk saji. Taburi bawang merah & putih goreng, sajikan dengan acar mentimun.

  • Note:
    Kalo suka banyak kuahnya atus sendiri jumlah kaldunya ya...
    Gue pake saus teriyaki racikan sendiri, kalo mo pake yang udah jadi monggo ajah.

    *) Homemade Teriyaki Sauce
    Bahan:
    100 ml kecap asin >> pilih yang light, kalo gak ada boleh kecap asin biasa.
    2 sdm gula palem >> ato sesue slera.
    1 sdt jahe parut
    1 siung bawang putih, parut
    1 sdm saus tomat >>bisa diganti cuka dikiit, tapi gue prefer saus tomat, lebih tasty gituh.
    100 ml air matang
    Cara:
    Campur semua bahan jadi satu, panasin dengan api keciiil (simmer) sampe menyusut setengahnya dan pekat, matikan api.
    Saring & simpan di wadah/botol kaca, simpen di kulkas.
    Note:
    Saus ini bisa dipake untuk aneka tumisan mopun marinate.

    2 comments:

    rinso said...

    Li coba lihat deh ingredient Saori, ngeri euy pake pemanis buatan.

    Lia said...

    iyo Rin, saorinya udah minggir, genti pake homemade teriyaki sauce

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...