A Shot of Me

Tuesday, January 03, 2006

Kari Rajungan

Kari Rajungan, nah ini nih resep keluarga dari Abah. Mantep.
Apalagi kalo ditambah kucuran air jeruk huaaahhh......... *drooling*
Sekalian kalo ada yang ngga tau rajungan, nah kayak gini nih tampangnya. Ciri khasnya adalah tempurungnya bermotif, beda dengan kepiting yang polosan ajah. Kondisi mentahnya rajungan punya macem2 warna, ada yang ijo, biru dll tapi kalo mateng tetep wae orens kemerahan.


KARI RAJUNGAN
Bahan:

5 ekor rajungan (brapa kilo yah... pokoke yang rada gede lah)
1 liter air
800 ml santan (kekentalan sesue slera ajah) >> kalo suka banyak kuah bisa ditambah sendiri
Garam & gula pasir secukupnya
Minyak sayur untuk menumis
5 tangkai daun bawang, potong2 2cm
Rempah:
1 batang serai, geprak
4 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas (diameter 3 cm), geprak
6 cm kayu manis
5 butir cengkeh sangrai
Bumbu halus:
2 buah cabe merah
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar sangrai
1/3 sdt jintan sangrai
3 cm jahe
3 cm kunyit
3 butir kemiri
Pelengkap:
Nasi hangat, krupuk, sambal dan irisan jeruk nipis ato limau
Cara:
Didihkan air, masukin rajungan yang udah dibersihkan. Didihkan kembali 5 menit, tiriskan & buang airnya. >> Cara lain, bisa dikukus 10 menit.
Panasin minyak, tumis bumbu halus dan rempah2 sampe wangiii... dan pekat.
Satukan santan, rajungan, garam, gula dan bumbu tumis, rebus dengan api kecil sampe mendidih sambil sering diaduk biar ngga pecah.
Didihkan lembut selama 15 menit ato sampe meresap, taburi daun bawang, aduk bentar lalu matikan api.
Sajikan hangat dengan pelengkap.
Tips:
Kalo versi ibuku, dimasak minimal 8 jam sebelum disajikan. Kalo disajikan malam brarti masaknya pagi, kalo disajikan pagi maka dimasak semalamnya, gak lupa dipanasin dulu sebelum disajikan. Uh sedeeepp....

6 comments:

Anonymous said...

Ai Lia , met kenalan ...... resepnya banyak amat dah gitu foto2nya bikin ngiler ...... selamet nyobain resp2 dech , ntar tak cobain kalo bahan2nya ada disini :P

digits
http://www.digitsplace.com

Andaliman said...

mbak Li, emang harys pk jintan dan kayu manis yah?
seingetku rasa2 kari kepiting yg di sidoarjo gak pk dua bahan itu, mohon pencerahan

Lia said...

bole pake bole enggak Pep, kalo di keluargaku bikin kari bumbunya kudu kumplit segubrak. itu bumbu versi keluarganya Abah (meduro).

Andaliman said...

Makasih atas pencerahannya dan aku bikin versi kare udang galah :D

smiling sunshine girl said...

mbak lia... resep2nya dahsyat!
aku suka rajungannya... enaaaaaaaaaaaaaaak banget!

aku bisa bikin dewe loh!

mau nanya... kalo rajungan diganti cumi bisa ndak ya?

Lia said...

aloooww smiling sunshine *cieee namanya je* bisa, bisa banget diganti cumi maupun udang. makasih ya uda nyoba :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...