A Shot of Me

Wednesday, September 30, 2015

Homemade Nutella



Siappppaaaa siiiiyyy yang ga suka Nutella? Emangnya ada yang ga suka? Beneran? Sini deh kalo ga suka... beliin nutellanya buat saya aja wkwkwkwkkk....

Suka banget ama nutella, tapi oh tapi buat saya yang bawel ini nutella terlalu manis, terlalu milky. Saya demen rasa cokelat yang dark, bold, yang ga terlalu manis, dan kacangnya juga saya jauh lebih suka mente dan almond daripada hazelnut. Beneran bawel kaaaann... noh sana bikin sendiri giiihhh :P

Karena nutella lumayan mahal buat sering-sering digadoin begitu saja, ditambah kebawelan saya diatas maka saya pun lebih suka bikin nutella sendiri. Saya pake cokelat bittersweet Cadbury Old Gold Dark Chocolate 70% Cocoa (bawaan wajib kalo pulang dari tugas keluar, ato nitip temen yang lagi ke tugas keluar sambil bersopansantun kalo gak berat2in bagasi hehehehh..) tapi karena cokelat ini belum masuk Indonesia jadi kalo pas gak punya simpenan saya ganti deh dengan cokelat lain. Buat penggantinya biasa saya pakai dark cooking chocolate jenis couverture dengan kadar cocoa minimal 54% (misal: Tulip EasyMelt), meski masi rada kemanisan untuk saya but it's ok lah. Lain waktu saya pake Lindt 99% uda gausa dibayangin gimana paitnya, ini memang mode pelit on, hanya bisa dimakan ama saya aja krn yg lain ga doyan :D

Hasil awal dari homemade nutella ini konsistensinya cenderung runny tapi tar 1-2-3 hari akan semakin mengental dengan sendirinya hingga mencapai konsistensi spreadable. Aduhhhh... kalo saya sukanya ga nunggu sampe kental/olesable, begitu jadi langsuuung dicolekin sambil merem :P
Oiya, mo pake cokelat lainnya, silahkan saja yaaa... kembali ke selera masing2 saja :) Pake milk chocolate aneka merk favorit yang sering mejeng deket kasir supermarket is okay, pake cokelat untuk baking juga tak masalah. Yuk cobaiiin...

Homemade Nutella
By: Alya's Kitchen
Bahan:
200 gr (1 pak) Cadbury Old Gold Dark Chocolate 70% Cocoa, cincang >>> Bisa diganti coklat lain sesuai selera
75-100 gr mente /almond sangrai
1 sdm minyak sayur (saya pake coconut oil merk Barco, bisa diganti lainnya)
Cara 1:
Blender halus almond/mente menggunakan dry mill dengan cara stop and go atau pulse mode hingga membentuk pasta
Tambahkan minyak dan cokelat cincang, lanjutkan memproses dengan stop and go /pulse hingga bercampur rata, ubah setting blender ke mode standar, proses hingga smooth
Matikan blender, tuang "nutella" ke toples, tutup rapat.
Cara 2:
Blender almond/mente menggunakan dry mill hingga asal halus
Lelehkan cokelat dengan cara ditim, tuang ke blender berisi kacang, tambahkan minyak & proses kembali hingga halus.
Tuang ke toples, dan tutup rapat.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...