A Shot of Me

Monday, January 20, 2014

Sate Padang (Slipi Raya wannabe)

Sate Padang bukan sate yang ngetop di Surabaya apalagi jika dicompare dengan sate madura. Ngga banyak yang jual sate padang bahkan bisa dibilang jarang sekali tidak seperti di Jakarta yang banyak bertebaran penjual sate padang. Pertama saya makan sate padang di warung kaki lima dekat Pasar Turi Lama, surprise dengan rasanya. Sausnya mirip bubur, spicy sekali, dengan sate berupa potongan daging & lidah sapi yang kaya rempah dan disajikan bersama ketupat. Doyannnn banget...! Setelah itu mulailah petualangan mencari sate padang dimulai. Saya ketagihan, dari semua penjual sate padang di Sby yang tidak banyak itu saya hampir uda coba semua. Kalo ke Jkt bahkan saya bisa setiap hari makan sate padang hehehe... karena saya seringnya nginep di kawasan slipi/petamburan yang gak jauh dari Tanah Abang. Favorit saya sate padang di RM Sederhana baik Sby maupun Jkt. Khusus di Jkt saya suka di resto padang Slipi Raya yang deket hotel santika slipi. Di nota yang kita dapat dari kasir tertulis RM Sederhana Slipi Raya, sempet saya bertanya kok namanya ada embel2 Sederhana juga (gak jauh dari resto ini juga ada franchise RM Sederhana yg bertebar dimana2). Dijelaskan oleh abang kasir dan para waitress bahwa dulunya memang ini RM Sederhana, kadang2 orang nyebut RM Sederhana Lama sampai akhirnya pecah kongsi ada yg menjadi franchise RM Sederhana Slipi tetapi pengelola resto lama ini mengalah dan menghapus nama Sederhana dari papannya, menjadi resto Slipi Raya :(
Well.... kok jadi crita2an tentang RM Sederhana yaa... hihihihi... Back to Sate Padang yessss....
Jadiii... karena ketagihan ama sate padang saya bereksperimen sendiri di dapur. Dulu saya uda perna bikin resep sate padang yang sempat saya share ke temen2 dan saya latbarkan di FoodMonster. Resep itu saya buat ketika belum kenal sate padang versi RM Sederhana Slipi Raya. Setelah mengenal RM Sederhana Slipi Raya dengan terpaksa saya utak-atik lagi sedikit komposisinya karena saya memuja sate padang RM Sederhana Slipi Raya :))


SATE PADANG
By: Alya's Kitchen
Bahan:
600 gr lidah sapi
Tepung beras secukupnya
Tusuk sate secukupnya
Minyak untuk menumis
Bumbu halus:
6 buah cabe merah
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 sdt ketumbar butiran sangrai sebentar
2/3 sdt jintan sangrai sangrai sebentar
5 cm kunyit
3/4 sdt merica butiran sangrai sebentar
3 cm lengkuas muda
1 sdt garam/secukupnya
Rempah :
1 btg sereh geprak
3 cm jahe geprak
5 lbr daun jeruk
1 lbr daun kunyit, sobek2 dan simpulkan
Pelengkap:
Ketupat, bawang goreng
Cara:
Didihkan air, masukkan lidah, kecilkan api dan tutup rapat. Rebus setengah jam.
Tiriskan lidah, buang airnya. Kupas kulit lidah, potong dadu atau sesuai selera.
Tumis bumbu halus dan rempah dengan api kecil hingga matang dan menyusut. Campurkan ke potongan lidah, diamkan kuarang lebih 30 menit.
Didihkan 3 gelas air, masukkan campuran lidah dan bumbu. Rebus dengan api kecil dan tertutup rapat hingga empuk.
Buka tutupnya, lanjutkan memasak dengan api medium selama 15-20 menit, matikan api & dinginkan.
Tiriskan irisan lidah, sisihkan kaldu perebusnya. Susun 4 potong lidah di setiap tusuk sate.
Rebus kembali kaldu sambil dikentalkan dengan tepung beras.
Bakar sate dengan arang, sajikan dengan ketupat dan disiram saus kaldu yang masih panas dan taburan bawang goreng.

2 comments:

** Dapur Ikobana ** said...

Belom nyoba sate yg asli ranah minang dong mbak ..... bedaaaa sama yang RM sederhana..... lebih spicy, kuahnya lebih kental dan dagingnya mantappsssss

Lia said...

Uniii... mau mau mauuuu bangeeettt... copas dongggg :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...