A Shot of Me

Thursday, January 02, 2014

Mussels & Potato Salad

Lahir di Surabaya membuat saya familiar dengan aneka seafood. Ikan, udang, cumi hingga aneka moluska laut yang banyak sekali jenisnya sering tersedia di pasar. Saya sangat menyukai beragam jenis kerang dan moluska2 bercangkang lainnya seperti lorjuk, tiram, simping, kupang (mussels). Yang disebut terakhir bahkan menjadi makanan khas Surabaya yaitu Lontong Kupang. Kalo lagi musim nih, kupang jenis besar2 banyak tersedia di setiap pasar dan yang paling menyenangkan kita ngga perlu repot2 mengupas cangkangnya karena kupang uda dijual tanpa kulit. Hepiii banget kalo uda nemuin kupang besar yang gemuk2 warna orens, siap ditumis kecap, dibikin sate kecap atau digoreng tepung. Rasa kupang gurih dan lembut, tidak liat seperti kerang juga cocok untuk dijadikan salad. Ditumis sebentar dengan bawang, paprika dan kentang lalu dicampur dengan sayuran segar. Mau coba? Yuukkk...





MUSSELS & POTATO SALAD
By: Alya's Kitchen
Bahan:
1 genggam mussels (kupang) kukus *
200 gr kentang kecil, kukus dan kupas
1/4 buah paprika merah, iris2
2 siung bawang putih, cincang
4 butir bawang merah, cincang
minyak untuk menumis
merica bubuk, garam dan gula secukupnya
3 sdm air/kaldu
Sayuran segar:
Iceberg lettuce, iris kasar **
Timun, iris tipis atau diserut
Cara:
Panaskan minyak, tumis bawang merah dan putih hingga layu
Masukkan paprika, tumis satu menit
Masukkan tiram, air/kaldu, garam gula dan merica, tumis 2 menit
Tambahkan kentang, teruskan menumis 3 menit lagi.
Tata sayuran di piring, siram dengan tumisan.
Sajikan segera.
Note:
*mussels/kupang bercangkang dicuci bersih, kukus 5 menit dengan api besar diatas air yang telah mendidih. setelah dingin keluarkan dari cangkangnya dan siap diolah. Kalo di Sby banyak dijual di pasar sudah tanpa kulit.
**iceberg lettuce atau selada bokor, utuhnya berbentuk bulat seperti kubis, renyah dan sering jadi pelengkap isian burger atau coleslaw. bisa diganti selada biasa.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...