A Shot of Me

Wednesday, March 13, 2013

(leftover) Croissants 1: Bread Pudding

Pada suka kan dengan croissant yang emuk sekaligus renyah dengan semerbak butter yang wangi? Dimakan kosongan atau dengan isian coklat/keju maupun jadi sandwich, selalu enak. Nah kalo bosen dengan gaya makan croissant yang begitu, ato pas lagi ada sisa kelebihan croissant, bisa banget loh disulap jadi Bread Pudding :)
Sukaaa banget dengan bread pudding yang menggunakan croissant sebagai bahan dasarnya. Teksturnya ringan dengan kelembaban yang lebih cocok disebut agak basah tapi tidak mengaburkan kerangka tekstur (tidak gooey), tidak eneg, dengan selipan coklat dan kismis yang mengimbangi rasa ringannya. Bikinnya sangat mudah dan cepat ;)
Karena pengen rasa yang ringan, playful tidak terlalu "serius", resep ini hanya pake susu cair tanpa penambahan krim, juga tidak pakai kayumanis dan telur juga hanya sedikit. Sesuaikan tambahan bahan dan takarannya jika ingin rasa yang lebih rich yah :)

CROISSANT BREAD PUDDING 
By: Alya's Kitchen
Bahan:

4-5 buah croissant ukuran standard bakery
Butter secukupnya untuk olesan
400 ml susu cair
2 butir telur
1 sdt vanilla essence
50 gr gula pasir
2-3 sdm kismis
100 gr cooking chocolate, cincang kasar
Cara:
Hangatkan susu (tidak sampai mendidih), matikan api dan masukkan kismis, diamkan hingga dingin
Telur, gula dan vanilla essence dikocok lepas dengan garpu hingga gula larut, tuangi campuran susu+kismis secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
Iris2 croisant setebal 2cm, olesi setiap permukaannya dengan butter (bolak-balik), Tata setengah bagian croissant di dasar pinggan tahan panas, taburi coklat cincang.
Tuangi setengah bagian campuran susu-telur.
Tata sisa croissant diatasnya, tuang sisa adonan susu-telur
Panggang sampai permukaannya kecoklatan, angkat. Bisa disajikan hangat maupun dingin dari kulkas.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...