A Shot of Me

Monday, January 12, 2009

Spiced Marble Cupcake

Herannn... kok awal taun ini mood baking banget yak, jadi rajin baking meski bukan untuk orderan. Mengawali hari pertama tahun baru ajah jam 12 malem lebih dikit daku baking juga. Padahal mood makan kuweh masi belon balik kayak dulu.
Cupcake ini metodenya kubikin kombinasi sponge & buttercake. Butter dikocok dulu, trus campuran gula & telur dikocok terpisah sampe ngembang. Hasil teksturnya menurutku lebih ringan daripada metode buttercake biasa.
Bikin motif marble-nya bukan dituang dikit2 berselingan di cetakan, tapi dua warna adonan langsung diaduk acak sehingga marble terbentuk di dalam baskom.
Rasanya? Coklat, moka, bumbu spekuk, hmmm.... pasti enaakkk terutama bagi pecinta ketiganya :) Kalo ngga demen spice tinggal skip aja ya.


SPICED MARBLE CUPCAKE
By: Lia, Dapurgue
Bahan:
175 gr butter
3 sdm plain yoghurt /cream cheese
100 ml susu kental manis
3 butir telur
120 gr gula pasir
1.5 sdt emulsifier
1 sdt vanilla essence
Ayak jadi satu:
175 gr terigu
1 sdt baking powder
Campuran Moka:
2 sdt mocca pasta
1 sdt bumbu spekuk
50 gr dark chocolate leleh
Hiasan:
Ganache
Coklat chips
Cara:
Satukan mentega, plain yoghurt /cream cheese dan susu kental manis, kocok full speed hingga mengembang dan ringan, sisihkan.
Kocok telur, gula, vanilla dan emulsifier hingga kental berjejak, matikan mixer.
Masukkan campuran terigu ke dalam kocokan mentega secara bertahap berselingan dengan kocokan telur hingga semua tercampur rata.
Sisihkan setengah adonan, campur dengan campuran moka hingga rata.
Masukkan adonan putih ke dalam adonan moka, aduk acak ajah sebentar jangan sampai menyatu, sekedar untuk membentuk marble.
Tuang ke cetakan cupcake, panggang hingga matang.
Setelah dingin hias dengan ganache dan coklat chips.
Note:
Option topping, semprotan ganache atau krim dengan taburan coklat bubuk/bumbu spekuk bubuk.

3 comments:

indah said...

apik mbak fotonya ^__^
cakenya juga enak tuh ^__^

chenmarlin said...

bikin teh dulu ah.

Anonymous said...

Liyah...pasti cake nya enak deh...
Mo bikin juga ach...
TFS yaa...Nanti kalau dah jadi tak kasih laporannya ya...

Ika-jurong

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...