A Shot of Me

Thursday, March 24, 2005

Banana Fiesta 1.0 Edition

Hehehe... kenapa ada 1.0 Edition yah...? Soale gue punya banyak resep kue berbahan pisang maka penulisannya gue bikin beberapa serial. Kali ini yang gue tampilin dari jenis gorengan. Kek biasa, ide2nya dari hidangan yang udah ada cuman gue modify sana sini untuk menghasilkan penampilan baru dan rasa yang unik :)

Mini Banana Wraps
Idenya dari pisang molen, dibikin single bitsize dengan kulit lebih tipis & renyah. Fillingnya paduan pisang, kismis & kacang. Enak disajikan saat ngumpul nonton tipi bareng, tapi awass.... cepet ludesnya hehehe...
Bahan kulit:
125 gr terigu protein rendah
25 gr maizena
2 sdm icing sugar
¼ sdt baking powder
Sejumput garam
3 sdm penuh margarin
Air es secukupnya
1 butir putih telur untuk olesan
Isi:
Pisang tanduk, iris dadu
Kismis
Mente sangrai, cincang kasar
Cara:
Buat kulit: Uleni semua bahan kering dengan margarin sambil dituangi air es dikit2 sampe jadi adonan yang lembut & kalis.
Gilas dengan penggiling pasta dari ukuran terbesar sampe paling tipis, potong2 ukuran 4x4cm.
Ambil selembar kulit, olesi permukaannya dengan putih telur. Letakkan di salah satu ujungnya: sepotong pisang, 1-2 butir kismis dan mente cincang. Gulung diagonal dan rapatkan ujung2nya hingga terbungkus penuh. Lakukan sampai potongan kulit habis.
Panaskan minyak, deep fry sampai golden brown & renyah, tiriskan & angin2kan sampe dingin.
Simpan di wadah kedap udara, siap disajikan.


Chocobana Rolls
Dapet ide gabungan dari apple strudle & springroll. Apel diganti pisang, dipadu coklat, kacang & sultana lalu dibungkus & digoreng ala springroll. Taburi icing sugar & bubuk kayu manis, sajikan dengan es krim vanilla, hmmm... wat a tempting dessert!
Bahan:
Kulit lumpia
Minyak goreng secukupnya
Isi:
4 buah pisang tanduk, potong dadu
3 sdm penuh sultana
75 gr almond/mente sangrai, cincang kasar
75 gr chocolate chips
1 sdm madu
1 sdm gula pasir
1 sdm air jeruk nipis
2 sdm mentega
5 sdm air panas
Cara:
Buat isian, satukan dalam wajan: madu, gula pasir, air jeruk nipis & air panas.
Panaskan dengan api kecil sambil diaduk sampe gula larut, masukkan mentega, pisang & sultana.
Masak sampe kental & menyusut, matikan api lalu masukin mente, aduk rata. Setelah dingin masukin coklat chips, aduk rata lagi.
Bentangkan selembar kulit lumpia, beri 2 sdm penuh adonan isi, lipat & gulung kek bikin lumpia. Kerjakan sampe adonan isi abis.
Deep fry dengan api sedang sampe kulitnya golden brown & renyah. Sajikan hangat.


Pisang Goreng Klasik
Saking populernya, kue ini guampuang buangeth ditemuin dimana ajah mulei warung kopi di pinggir jalan sampe di hotel bintang lima (kalo di indo seh hehehe...). Ga smua pisang enak dibikin pisgor. Yang paling enak adalah pisang kepok, pisang tanduk & pisang barangan.
Bahan:
1 sisir pisang kepok yang tua (isinya 14-20 buah kali ye)
Minyak goreng secukupnya
Coating:
150 gr terigu protein rendah
50 gr gula pasir
¼ sdt garam
¼ sdt baking powder(untuk tekstur fluffy & renyah)
Air kelapa secukupnya (kalo gaada pake aer biasa juga gpp)
Cara:
Buat coatingnya, aduk terigu dengan gula, garam & baking soda. Tuangi aer klapa dikit2 sambil diaduk sampe kental & licin.
Kupas pisang, masing2 dibelah dua tapi gak sampe putus.
Panasin minyak untuk deep fry. Lebarkan belahan pisang membentuk huruf V, celup coating & segera deep fry sampe golden brown.
Tiriskan and transfer to paper towel sampe minyaknya terserap. Sajikan hangat.

Variasi Penyajian Pisgor Klasik:
1. Pisgor Vanilla
Pada adonan coating, tambahkan vanilla extract secukupnya dan kurangi takaran gula 1 sdm. Untuk penyajiannya, taburi dengan icing sugar yang telah dicampur rata dengan susu bubuk & vanilla powder.
2. Saus Coklat
Cincang dark cooking chocolate. Panasin heavy cream sampe cukup panas (ga usah mendidih), matikan api then masukin coklat cincang sambil diaduk sampe coklat leleh. Diamkan sampe dingin sambil sering diaduk biar teksturnya cantik. Siramkan ke permukaan pisang goreng.
3. Saus Vanilla
Kocok kuning telur & gula pasir sampe pucat. Rebus heavy cream dengan api kecil sampe mendidih lembut. Angkat dari api, perlahan tuangkan ke dalam kocokan telur sambil terus dimikser dengan kecepatan tinggi sampe rata, tambahkan vanilla extract. Turunkan kecepatan jadi paling rendah, mikser terus sampe dingin (bole ngadep fan biar cepet adem).
4. Pisgor dan Es Krim
Sajikan pake dessert plate dengan 2 scoop es krim vanilla/coklat disampingnya
5. Pisgor Kayumanis
Pada adonan coating, tambahkan ½ sdt kayumanis bubuk dan kurangi takaran gula 1 sdm. Untuk penyajiannya, taburi dengan icing sugar yang telah dicampur rata dengan susu bubuk & kayumanis bubuk.

1 comment:

Anonymous said...

All,
saya mau tanya dong cara nya supaya bisa garing pisang gorengnya, apakah menggorengnya dengan minyak yang banyak sehingga pisangnya terendam semua ketika menggoreng, apakah cuma di aduk aja tanpa perlu di diamkan adonan terigu sudah bisa dipakai?

Thx
Ahmad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...