A Shot of Me

Tuesday, February 01, 2005

The Heritages

Dari keluarga abah, almarhum kakek berprofesi jual beli sapi potong sementara almarhumah nenek berprofesi jualan daging sapi. Jadi abah sejak kecil sangat terbiasa dengan menu daging2an esp. sapi more than sayuran & poultry. Kebiasaan abah mengkonsusmsi red meat mau gak mau mempengaruhi gaya masak ibu. Red meat cukup dominan dalam menu kami sehari2. Namun belakangan ini -dengan alasan kesehatan- kami mulai mengurangi konsumsi red meat & memperbanyak sayur, buah & daging putih. Anyway, berikut ini heritage recipes yang semuanya merupakan courtesy of my mom ;)

**** GALANTINE STEAK
Sajian yang terbuat dari daging cincang ini sering muncul di acara pesta dengan semacam saus asem manis. Tapi penghuni rumah gue lebih suka dengan saus coklat yang manis & spicy.
Bahan:
300 gr daging giling (pilih daging yang bagus)
5 sdm tepung roti
1 sdm susu bubuk
50 cc air es
1 butir telur
1/2 sdt lada
1/2 sdt pala
1 sdt beef stock powder /masako sapi
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
3 sdm saus tomat
2 sdm bawang putih goreng, remas
4 sdm bawang merah goreng, remas
3 sdm minyak goreng
Saus:
1 bawang bombay, iris kasar
2 sdm kecap manis
2 sdm saus tomat
1/4 sdt lada
1/4 sdt pala
1/2 sdt beef stock powder /masako
150 cc air
1 sdt maizena
2 sdm mentega
Pelengkap:
Kentang goreng ato kripik kentang
Mixed vegetables, diblansir & sauted dengan sedikit mentega
Daun selada
Irisan tomat
Cara:
Blender semua bahan jadi satu dengan food processor sampe halus. Bungkus daun pisang sambil digulung kayak lontong diameter 5 cm.
Kukus 30 menit, buka dan biarkan sampai dingin. Goreng sampai permukaannya kecoklatan.
Saus:
Aduk jadi satu: air, kecap manis, saus tomat, lada, pala, beef stock, maizena.
Panaskan mentega, tumis bawang bombay sampe agak layu. Tuangi campuran saus. Didihkan sampe matang dan kental. Angkat.
Penyajian:
Iris galantine steak agak menyerong setebal 1 cm. Letakkan 2-3 irisan diatas piring, siram dengan saus, susun pelengkap di sampingnya. Sajikan segera.
** Tips:
- Untuk tekstur yang lebih "gourmet" dan "daging banget", ganti daging giling dengan daging cincang kasar & blendernya ga usah lama2 biar hasilnya bertekstur rada kasar.
- Kalo mo ga ribet, bentuk bundar pipih kek burger, goreng dengan sedikit minyak/margarin di teflon sambil dibolak-balik sampe mateng (masukin adonan ke friser dulu biar gampang ngebentuknya), jadi burger steak namanya :D


**** LAPIS DAGING (aka BISTIK JAWA)
Basicly ngga beda jauh dengan galantine steak, hanya saja irisan daging dimasak jadi satu bersama sausnya sehingga bumbu meresap sempurna sampe serat daging
Bahan:
400 gr daging has dalam
600 ml air
1 buah bawang bombay rada gede, iris kasar
300 ml air
1 sdt beef stock powder
2 sdt gula pasir
1 sdt garam /secukupnya
3 sdm kecap manis
1/2 sdt merica bubuk /secukupnya
1 sdt pala bubuk
Minyak sayur untuk menumis
Bumbu halus:
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri, goreng
Pelengkap:
500 gr kentang (jadiin french fries, mashed potatoes mopun chips tserah deh)
400 gr mixed vegetable, blansir
Cara:
Didihkan air, masukkan daging & rebus sampe setengah matang. Tiriskan daging, iris2 setebal +/- 1 cm.
Panasin minyak, tumis bumbu halus sampe wangi & matang, tuangi kecap manis. Biarkan berbuih, masukin daging. Aduk rata, tuangi 400 ml kaldu perebus daging.
Bumbui dengan beef stock, gula, garam, mrica & pala. Masak dengan api kecil dan tertutup rapat selama 10 menit.
Masukin bawang bombay, tutup lagi & masak sampe kuah mengental. Angkat.
Penyajian:
Letakkan 2-3 potong irisan daging di piring saji, siram sedikit kuah. Beri beberapa irisan bawang bombay diatasnya. Letakkan sayuran & kentang di tepinya.
** Tips:
- Saat memblansir sayuran, tambahkan sedikit garam & gula ke air mendidih, baru masukin sayuran. Setelah ditiriskan, langsung siram air es biar tetep crunchy & warnanya segar.
- Kalo mo rada gurih, setelah ditirisin gausah disiram air es tapi langsung aduk dengan 1-2 sdm mentega. Perciki sedikit air jeruk & taburi peterseli cincang.
- Daging bisa diganti lidah yang diseduh air mendidih & dikerok kulitnya trus diiris 1cm. Cuman masaknya jadi rada lama. Kalo mo cepet pake pressure cooker tapi bawang bombaynya jangan diikutin yah biar ga overcooked. Kurangi takaran air, masukin bersama irisan lidah & semua bumbunya. Bawang bombay-nya ditumis terpisah aja sampe setengah matang, baru dimasukin ke bistik kalo udah diangkat dari pressure cooker.
- Kalo mo warna yang lebih gelap, ganti gula pasir dengan menambah takaran kecap 1-2 sdm.


**** DENDENG URAP KELAPA
Dendeng modifikasi kreasi ibu, berbalut kelapa yang menambah gurih dan aroma lebih sedap
Bahan:
250 gr daging has dalam, iris tipis melebar, memarkan
¼ butir kelapa agak muda, parut memanjang
1-2 sdm maizena
Bumbu halus:
2 sdt ketumbar sangrai
½ sdt jintan sangrai
4 siung bawang putih
2-3 sdm air matang
Garam & gula pasir secukupnya
Cara:
Campur bumbu halus dengan kelapa parut dan maizena hingga rata, masukkan potongan daging.
Aduk daging dan bumbu sampe rata, lumuri tiap permukaan daging dengan adonan bumbu sambil ditekan supaya melekat.
Letakkan di loyang aluminium, jemur sambil sesekali dibolak-balik hingga cukup kering.
Goreng dengan api kecil sambil dibolak-balik hingga kecoklatan, tiriskan dan sajikan.

2 comments:

gondezh said...

gimana si cara mbuat kentang goreng ala french fries yang enak dan renyag. thx

sausan said...

mba, makasih ya resepnya aku mau coba resep dendeng lagi nyari yang enak pas

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...