A Shot of Me

Thursday, September 12, 2013

Cauliflower with Ground Beef Teriyaki

Saya suka sekali daging cincang, dan sering menyimpan daging cincang di friser untuk keperluan sewaktu2. Saya suka bikin botok daging (mirip gadon daging), saus bolognese untuk aneka pasta, kroket atau biterballen, schotel, burger patty, galantin dan aneka olahan daging cincang lainnya.

Untuk keperluan daging cincang, saya hampir ga pernah beli dari supermarket. Bagi saya daging cincang terbaik adalah yang fresh from gilingan sendiri :D rasanya bener deh beda dengan yang uda gilingan di supermarket, meski daging cincang buatan di rumah lebih kasar daripada gilingan di supermarket. Dengan mencincang sendiri saya bisa memilih daging yang bagus dan juga kualitas kesegaran daging yang baik. Untuk membuat daging cincang, saya pakai daging has dalam atau bagian paha belakang. Belanja pagi abis subuh nyampe rumah tanpa dicuci lebih dahulu langsung digiling, sebagian dibagi menjadi beberapa batch untuk disimpan di friser, sebagian lain saya tumis sebelum masuk friser untuk memudahkan saya kalo bikin sajian berbahan daging cincang tumis. Daging yang telah dicuci (baca: kena air) lebih cepat menurun kualitasnya daripada daging yang belum tersentuh air sehingga saya ngga mau mencuci daging untuk keperluan penyimpanan. Tampak banget kalo saat thawing dari friser, daging yang uda dicuci akan nampak lebih banyak cairan yang tergenang daripada daging yang tidak dicuci. Cairan ini adalah sari daging yang luruh karena daging lebih cepat layu. Daging tanpa dicuci ini juga saya ikuti dari para chef yang ada di tipi channel AFC.

Eeeehh... kepanjangan ngobrolin daging. Saya mo masak apa ya hari ini... Hmm, saya masi punya satu bunga kol besar, paprika kuning dan merah, stok sayuran lainnya uda pada abis. Saya pake bunga kol setengah kuntum aja deh, kayaknya diblansir dan disiram daging saus teriyaki bakalan enak nih. Okeeii...mari kita selesaikan hehehehehh...


CAULIFLOWER with GROUND BEEF TERIYAKI
By: Alya's Kitchen
Bahan:
1 buah bunga kol ukuran small-medium, bersihkan dan potong per kuntum
Air untuk merebus
125 gr daging cincang
3 sdm minyak sayur
1 bawang bombay rada kecil, iris kasar
1 buah paprika, iris kasar
3 siung bawang putih, geprak dan cincang
1 cm jahe, geprak dan cincang halus
2.5 sdm kecap manis
2 sdt kecap asin
75 ml air matang
1/3 sdt merica bubuk (bisa diganti lada hitam tumbuk kasar)
1/2 sdt minyak wijen
Cara:
Didihkan air, masukkan potongan bunga kol, masak sesaat lalu tiriskan dan siram dengan air dingin. Tiriskan lagi lalu tata di piring. Sisihkan. (tingkat kematangan sesuai selera ya..)
Panaskan daging cincang di wajan tanpa minyak dengan api kecil hingga berubah warna, jangan sampai mengering, matikan api dan sisihkan.
Panaskan minyak sayur, tumis bawang putih dan jahe hingga wangi, masukkan bawang bombay, kecap manis, kecap asin, setelah berbuih masukkan tumisan daging cincang berikut kaldunya. Tuangi air, masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga menyusut dan mengental.
Tambahkan minyak wijen, merica bubuk dan paprika, masak sebentar, angkat.
Siramkan saus daging keatas permukaan bunga kol di piring. Sajikan segera.
Note:
Bunga kol bisa diganti aneka sayuran lain seperti brokoli, kailan, buncis dll

3 comments:

Anonymous said...

mbak, kalau mencincang sendiri dirumah gitu make alat apa? thx

koekoeh gesang said...

wah... lexat sekali!!!!

:) Blogmu bagus!
Kalau ada waktu, mampir ke blog saya ya :-)

Lia said...

untuk mencincang daging keperluan sehari2 saya pake chopper aja mb.. kalo perlunya banyak saya gilingin ke pasar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...