A Shot of Me

Tuesday, March 10, 2009

Cakalang Tumis Tomat Pedas

Ikan cakalang, tongkol dan tuna adalah satu kerabat. Daku & hubby sangat menggemari masakan berbahan ikan tersebut. Yang jadi favorit kami, ikan cakalang/tongkol/tuna dimasak dalam bentuk tumisan pedas dengan banyak tomat. Kadang aku bikin agak berkuah dan kadang kering, sama2 enak.
Aku memakai ikan segar, bukan dalam bentuk pindang atau kalengan karena terasa agak amis di lidahku. Dan kalau memungkinkan gunakan minyak kelapa (VCO maupun klentik/homemade), aromanya wangi gurih dan rasanya khas sekali. Tapi kalo ngga ada pake minyak sayur biasa boleh2 aja kok :)



CAKALANG TUMIS TOMAT PEDAS
By: Lia, Dapurgue
Bahan:
300 gr daging ikan cakalang/tongkol/tuna mentah
4 siung bawang putih, iris
8 butir bawang merah, iris
2 batang sereh, geprak atau suwir2 memanjang tanpa putus dari pangkalnya
3 cm lengkuas, belah & geprak
Cabe rawit secukupnya
250 gr tomat merah, iris kasar
1 sdt garam /secukupnya
1.5 sdt gula pasir /secukupnya
4 sdm minyak kelapa murni *aku pake VCO*
100 ml kaldu ikan
Cara:
Tempatkan ikan di mangkuk tahan panas, kukus 15 menit.
Suwir2 daging ikan, sisihkan kaldunya.
Panaskan minyak kelapa, tumis sereh, lengkuas, bawang putih dan bawang merah hingga layu
Masukkan ikan dan cabe rawit, aduk2 rata.
Tuangi kaldu ikan, tambahkan tomat, garam dan gula pasir. Tutup rapat, masak dengan api kecil selama 10 menit, matikan api & sajikan.
Bila suka agak kering, buka tutupnya dan lanjutkan memasak dengan api medium hingga kuah mengering.
Note:
Rempah & herbs bisa divariasikan sesuai selera, misal dengan tambahan daun jeruk, jahe geprak, kemangi, duan bawang dll.
Takaran tomat diatas adalah mengikuti seleraku & hubby yg doyan tomat. Kalo kebanyakan bisa dikurangi sesuai selera.

2 comments:

Indonesia-Eats said...

suwe2 dadi marketinge vico mengko :D
bagiiii

Lia said...

hihihihihiiiyyy.... iyo ki, menggalakkan pemakean vico di negeri sendiri ben gak kalah ngetop dibanding voo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...