A Shot of Me

Tuesday, September 09, 2008

Tempe Menjes

Pasti uda pada tau, dan pasti ada yg ngga tau juga :D
Buat yg ngga tau, Tempe Menjes ini ampas tahu yg difermentasikan spt membuat tempe biasa, bentuknya balok kayak tempe biasa juga, tapi krn terbuat dari ampas tahu jadi teksturnya lembut empuk njes njess gituh kalo digigit. Jangan tanya nilai gizinya, pasti minimalis lah wong ampas. Biasanya digoreng dalam balutan tepung berbumbu rempeyek (kunyit, bawangputih, daunjeruk, kemiri, ketumbar) ato bisa juga digoreng berbalut tepung berbumbu mendoan (bawang putih, kencur, ketumbar). Yang pasti harus dibalut tepung karena menjes walo padat tapi spongy, sangat menyerap minyak.


Rasa menjes tawar setengah hambar, smokey-nutty khas tempe kedelai pada menjes terlalu semiliiiir sekali sebagai tempe. Tapi aroma & rasa jamur ragi tempe tetep ada. Jadi kalo ditanya Tempe Menjes enaknya dimana, jawabnya ya enak di tepungnya hahahaha....
Kalo di Sby sebagaimana lazimnya aneka gorengan gurih, Tempe Menjes nggak afdol kalo ngga dijodohin ama saus petis nyamnyamnyammm.... jadi yg enak selain tepungnya tentu aja petisnya. Menjesnya sendiri gimana? Yah, enak buat dikunyah2 krn empuk nggak nglawan.

Tempe Menjes Goreng
(resep umum banget, bukan resep gue)
Bahan:
Tempe Menjes satu balok
2 siung bawang putih
0.75 + 0.5 sdt garam
2 sdt ketumbar sangrai
3-4 lembar daun jeruk
5 butir kemiri
air dan tepung terigu secukupnya
minyak goreng secukupnya
Cara:
Iris tempe menjes ukuran terserah ketebalan 3mm.
Larutkan 0.5 sdt garam dengan air secukupnya, masukkan bbrp potongan menjes, bolak-balik rata, tiriskan. Lakukan sampai semua potongan menjes tergarami.
Haluskan semua bumbu, larutkan dengan air dan campur dengan tepung terigu membentuk adonan kental seperti adonan pisang goreng.
Siapin minyak panas, celup potongan menjes 1-1, goreng sampai matang.
Sajikan dengan cabe rawit ato sambal petis ato sambal kecap.

8 comments:

dian said...

kalo di pekalongan ini namanya bongkrek, Lia... :D
doyan banget jg niiih.. suka dibikin lodeh kalo di rumah :D

Lia said...

bisa dilodeh toh mbak, asik nambah2 koleksi resep menjes. abis taunmya digoreng aja hihihi.... maturnuwun yo mbak

Mesin Otomatis Susu Kedelai said...

Gimana ya caranya bikin tempe menjes karena setiap hari saya punya ampas kedelai hasil dari jualan susu kedelai.

Soalnya setiap hari ampas ini saya buang... kalo bisa dimanfaatkan kan lebih menguntungkan..

Trims bro.
http://sarikedelai.blogspot.com

Prelude, Interlude, Coda said...

tempe menjes sama ga ma oncom ??? kayana ko sama yah....

Anonymous said...

hai mbak,
mo nanya..kalo tempe menjes kacang khas malang, bahannya dari apa ya?
thx :)

menjes's fans :)

Lia said...

@prelude, beda sekali dg oncom krn menggunakan jamur yg berbeda sehingga warna dan rasanya juga beda

@anonymous, kalo menjes kacang mestinya dari kacang juga :) tapi kalo tempe kacang yg di malang masih nampak bijinya berbutir2 agak utuh ya.. kalo menjes sby bener2 halus krn dari ampas tahu/sari kedelai

muji said...

kalau di wonosobo namanya tempe gembus kemul

Paimo said...

Tempe menjes (Malang) bahannya bungkil kacang.
Kalau yang memekai bungkil tahu adalah tempe gembus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...